Sukses

4 Orang Ini Pilih Menikahi Diri Sendiri, Salah Satunya Beralasan karena Banyak Trauma

Empat orang di bawah ini memilih untuk menikahi diri sendiri atau sologami dengan berbagai alasan. Salah satunya

Liputan6.com, Jakarta - Kisah seorang wanita menikahi diri sendiri dan bercerai sehari kemudian viral di media sosial. 

Sofi Maure yang dikenal sebagai influencer Argentina pertama kali mengumumkan pernikahannya dengan diri sendiri pada Februari 2023. Namun, sehari setelahnya, perempuan 25 tahun itu menyatakan menceraikan dirinya sendiri. Alasannya, dia tak tahan dengan pernikahan aneh yang dijalaninya. 

Dikutip dari The National News, Rabu (15/3/2023), pernikahan dengan diri sendiri dikenal dengan sebutan sologami. Meski istilah tersebut populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama di Barat, praktiknya sendiri bukanlah hal baru.

Pada tahun 2003, sebuah episode Sex and the City berjudul A Woman's Right to Shoes menunjukkan tokoh utamanya Carrie Bradshaw yang diperankan oleh Sarah Jessica Parker, mengatur pernikahan dengan diri sendiri setelah diejek oleh temannya yang sudah menikah.

Tahun 2010, serial musikal Glee juga menampilkan adegan pernikahan dengan diri sendiri yang dilakukan oleh Sue Sylvester, karakter yang diperankan oleh Jane Lynch.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sejumlah kisah orang yang juga menikahi diri sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kshama Bindu

Wanita asal India berusia 24 tahun bernama Kshama Bindu menikahi dirinya sendiri pada 8 Juni 2022. Peristiwa ini disebut sologami pertama di India. 

Bindu mengaku, dia mendapatkan ide sologami tiga bulan sebelum melangsungkannya, tepatnya setelah menonton serial Netflix, Anne With An E, kisah gadis yatim piatu yang mengalami pelecehan sebagai seorang anak.

Ia mengaku banyak orang menatapnya sinis atas pilihannya tersebut. 

3 dari 5 halaman

2. Danni

Danni, seorang wanita di Amerika Serikat menghabiskan dana hingga US$ 4.000 atau sekitar Rp61,9 juta untuk menggelar pesta pernikahan dengan dirinya sendiri. 

Keputusan tersebut diambilnya lantaran ia merasa telah mengalami banyak trauma dan memilih untuk memperbaiki dirinya sendiri. 

Dengan mengucap janji nikah di depan cermin, ia ingin menunjukkan betapa ia sangat mencintai dirinya sendiri. 

4 dari 5 halaman

3. Ru

Seorang pria bernama Ru memutuskan untuk menikahi dirinya sendiri di Kapel Little Vegas, Las Vegas. Tempat itu biasanya digunakan untuk menggelar pernikahan sesama jenis. 

Ia memutuskan melakukan sologami karena menilai bahwa hal ini bisa menjadi langkah pertamanya untuk memperlakukan dirinya sendiri secara lebih baik. 

 

5 dari 5 halaman

4. Kanishka Soni

Kanishka Soni, yang dikenal sebagai seorang aktris, menjadi wanita kedua di India setelah Kshama Bindu yang melakukan sologami. 

Dalam unggahan di akun Instagram-nya, ia mengaku bahwa ia telah menikahi dirinya sendiri dan tidak membutuhkan laki-laki dalam hidupnya untuk menjadi bahagia. 

Ia juga menulis bahwa ia lebih memilih untuk hidup sendiri dan mencintai hidupnya sendiri daripada harus mencari kebahagiaan lain di luar sana. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.