Sukses

14 Maret 1972: Pesawat Sterling Airways Tabrak Pegunungan di Dubai, 112 Orang Meninggal Dunia

Pada 14 Maret 1972, Sterling Airways Penerbangan 296 menabrak pegunungan di Dubai. Insiden itu menewaskan 112 orang.

Liputan6.com, Dubai - Sterling Airways dengan nomor penerbangan 296 menabrak punggung gunung saat mendekati Dubai dekat Kalba, Uni Emirat Arab pada 14 Maret 1972. Semua 112 penumpang dan awak di dalamnya tewas dalam kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan pilot.

Penerbangan nomor 296 saat itu membawa sekelompok turis Eropa pulang dari Sri Lanka, dilansir dari Simple Flying, Senin (13/3/2023). Pesawat berangkat dari Kolombo dan dijadwalkan untuk berhenti di Bombay, Dubai, dan Ankara dalam perjalanan ke Kopenhagen.

Pada pukul 17.42 UTC, penerbangan menghubungi Dubai Approach dan diberitahu untuk mengharapkan izin turun pada 17.55 waktu setempat. Para kru meminta turun lebih awal pada pukul 17.49 waktu setempat, karena mereka yakin mereka hanya berjarak 152 km laut dari bandara.

Pemandu lalu lintas udara mengizinkan penerbangan untuk turun ke ketinggian 1.219 m dan memberi tahu mereka bahwa landasan pacu 30 atau 12 tersedia untuk pendaratan. Kru mengkonfirmasi dan meminta pendekatan langsung ke landasan pacu 30.

Pukul 17.56 waktu setempat, kru melaporkan melewati FL135. Pemandu lalu lintas udara kemudian membersihkan hingga 609 m dan menyarankan mereka untuk "melaporkan 609 m kaki atau bidang yang terlihat". Saat itu, Dubai belum memiliki fasilitas radar, sehingga hanya mengandalkan pesawat yang melaporkan posisinya.

Setelah itu, para kru mulai mengalami masalah komunikasi. Mereka beralih ke radio cadangan, tetapi melaporkan bahwa transmisinya sangat lemah. Itu sangat lemah sehingga transmisi selanjutnya tidak direkam oleh perekam suara kokpit.

Pada 22.02, pemandu lalu lintas udara memberi tahu pesawat, "296, Dubai, Anda menghilang, tolong ucapkan lagi." Pada pukul 22.04, kru menjawab dan menyatakan bahwa VOR tidak berfungsi - mungkin memberi mereka masalah dengan pendekatan yang direncanakan.

Tentu saja, tanpa sepengetahuan kru atau ATC saat itu, kesulitan radio dan alat bantu navigasi VOR ini kemungkinan besar disebabkan oleh jarak pesawat dari bandara, dan pegunungan di sekitarnya.

Tidak ada komunikasi lebih lanjut. Pesawat kemudian menabrak pegunungan di ketinggian 487 meter, menewaskan 106 penumpang dan enam awak. Pegunungan itu berada di dekat kota Kalba di Emirat Sharjah. Pesawat itu jatuh sekitar 80 km dari Bandara Dubai.

Pemandu lalu lintas udara segera mengumumkan keadaan darurat pada pukul 22.40, dan pencarian dimulai. Puing-puing pesawat ditemukan keesokan paginya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Investigasi Kecelakaan Pesawat Sterling Airways Penerbangan 296

Hasil investigasi untuk kecelakaan Sterling Airways Penerbangan 296 disimpulkan bahwa kecelakaan itu adalah penerbangan terkendali ke daerah pegunungan. Tidak ada kelainan yang ditemukan pada pesawat dan merupakan kasus yang disayangkan karena tidak menyadari lokasinya yang benar.

Saat itu, fasilitas radar belum dipasang di bandara Dubai. Pemandu lalu lintas udara mengandalkan laporan pilot yang melewati titik arah atau melakukan kontak visual ke tanah. Kecelakaan itu kemungkinan besar dapat dihindari jika jangkauan radar tersedia.

Tidak diketahui secara pasti mengapa pilot salah posisi. Laporan investigasi memberikan dua faktor yang paling mungkin berkontribusi:

  • Awak disesatkan oleh informasi yang salah tentang rencana penerbangan yang sudah ketinggalan zaman atau karena salah membaca radar cuaca di dalam pesawat. Awak penerbangan sebelumnya yang terbang ke Dubai menunjukkan bahwa pantai tidak terlihat jelas di radar meteorologi karena badai petir di daerah tersebut.
  • Para kru akan melihat cahaya dari kota Fujayrah, Ghurayfah atau Kalba dan bisa saja mengira itu adalah Dubai.
3 dari 4 halaman

Pria Ini Nekat Bawa Bahan Peledak di Koper Sebelum ke Pesawat

Baru-baru ini, seorang pria asal Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) ditangkap agen federal pekan ini. Gara-garanya, ia diduga mencoba membawa bahan peledak di dalam kopernya pada penerbangan dari Bandara Internasional Lehigh Valley ke Florida.

Menurut dokumen pengadilan, alarm mengingatkan bahwa bagasi milik Marc Muffley berisi bahan peledak. Transportation Security Administration Agent atau Agen Administrasi Keamanan Transportasi membuat pengumuman untuk Muffley melalui sistem interkom bandara dan memintanya melapor ke meja keamanan bandara, kata jaksa penuntut, tetapi dia tidak muncul.

Segera setelah itu, kamera keamanan diduga menangkap keberadaan Muffley meninggalkan bandara. Ia sebelumnya melakukan proses check-in bagasi untuk penerbangan Flight 201 menuju Bandara Internasional Orlando Sanford.

Biro Penyelidik Federal (FBI) kemudian menghubungi kepala detektif Carbon County yang mengatakan ia mengenal Muffley secara pribadi, menurut dokumen pengadilan, dan mengonfirmasi bahwa alamat Muffley cocok dengan yang ada di SIM-nya.

"FBI menangkap Marc Muffley, 40, tanpa insiden di sebuah kediaman di Lansford, Pennsylvania, Senin malam," kata seorang juru bicara FBI dalam sebuah pernyataan kepada CNN yang dikutip Kamis (2/3/2023).

Muffley tetap ditahan dan akan disidang pertama pada Kamis, kata juru bicara FBI itu.

Baca selebihnya di sini...

4 dari 4 halaman

9 Tahun Pesawat MH370 Hilang, Ini 4 Tragedi Pesawat Raib yang Nasibnya Masih Misteri

Kasus hilangnya Malaysia Airlines MH370 menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar di dunia.

Burung besi tersebut hilang kontak pada 8 Maret 2014. Kala itu pesawat berangkat dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Beijing, Tiongkok namun tak pernah sampai di tujuan.

Misi pencarian yang melibatkan Ocean Infinity selama dua tahun, menelan biaya 135,36 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar 2 triliun rupiah, dilansir dari CNN, Rabu (8/3/2023). Namun, pencarian tidak membuahkan hasil kemudian dihentikan pada Januari 2017.

Hingga sembilan tahun kemudian, belum ditemukan jejak keberadaan pesawat MH370.

Seperti MH370 yang nasib keberadaannya belum juga diketahui, tragedi pesawat hilang yang hingga kini belum ditemukan adalah pesawat besar bermesin baling-baling yang disewa oleh militer AS, Flying Tiger Line.

Pesawat itu hilang pada 16 Maret 1962, di atas Samudra Pasifik Barat. Pesawat itu juga mengangkut 93 tentara AS dan tiga Vietnam Selatan dari Pangkalan Angkatan Udara Travis, California ke Saigon, Vietnam.

Baca selebihnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.