Sukses

11 Maret 1978: Pembantaian Massal di Israel, 38 Orang Tewas Termasuk Anak-anak

Pada 11 Maret 1987, terjadi pembantaian di Israel dan menewaskan 38 orang.

Liputan6.com, Tel Aviv - Tepat hari ini pada tahun 1978, militan Palestina membajak sebuah bus di Coastal Highway of Israel dan membunuh penumpang di dalamnya.

Kejadian pembantaian itu menewaskan 38 warga sipil Israel, termasuk 13 anak-anak, sementara 76 lainnya luka-luka, dilansir dari The Jerusalem Post, Jumat (10/3/2023).

Para pelaku pembantaian itu adalah 13 teroris Fatah.

Dua hari sebelum kejadian, para teroris meninggalkan Lebanon selatan dengan kapal menuju Tel Aviv, Israel. Mereka pun sampai di Tel Aviv pada 11 Maret.

Bertekad untuk menjalankan misi mematikan mereka, 11 teroris yang selamat selama perjalanan melanjutkan dan mendarat di pantai di Kibbutz Ma'agan Michael.

Apa yang terjadi selanjutnya merenggut 38 nyawa tak bersalah dan mengarah ke Operasi Litani, operasi The Israel Defense Forces (IDF) skala besar yang bertujuan mendorong operasi Palestine Liberation Organization (PLO) keluar dari Lebanon selatan.

Pembantaian Pembantaian Coastal Road terjadi dalam konteks politik yang lebih luas. Serangan itu dilakukan pada malam rencana keberangkatan Perdana Menteri Menachem Begin ke Amerika Serikat (AS) untuk memajukan proses perdamaian dengan Mesir yang telah dimulai lima bulan sebelumnya dengan kunjungan bersejarah Presiden Mesir Anwar Sadat ke Knesset di Yerusalem.

Seminggu setelah pembantaian, seorang pemimpin Fatah di Lebanon menegaskan bahwa pembantaian tersebut sebenarnya upaya untuk menggagalkan proses perdamaian Israel-Mesir. Namun, upaya untuk menghentikan proses itu gagal. Meski Begin menunda perjalanannya ke Washington, proses perdamaian bergerak maju dan sebuah perjanjian ditandatangani antara negara-negara yang bertikai lebih dari setahun kemudian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kronologi Pembantaian Warga Israel yang Tewaskan 38 Korban Jiwa

Pada pagi 11 Maret 1978, para teroris Fatah mendarat di pantai Israel. Menyadari bahwa mereka tidak mendarat di Tel Aviv seperti yang direncanakan, para teroris dengan acuh tak acuh makan siang di pantai selama hampir satu jam sebelum mendekati seorang fotografer alam asal AS yang kebetulan berada di pantai yang sama hari itu.

Mereka bertanya di mana mereka berada dan ke mana arah ke Tel Aviv, fotografer AS itu berikan jawabannya dengan naif.

Para teroris, khawatir fotografer akan memberi tahu pihak berwenang tentang kehadiran mereka, menembak dan membunuh sang fotografer sebelum berjalan ke jalan raya Tel Aviv-Haifa terdekat.

Setelah melakukan perjalanan singkat ke Coastal Road, para teroris menghentikan dan membajak taksi yang lewat, membunuh penumpangnya, dan mulai berkendara ke selatan menuju tujuan awal mereka, Tel Aviv.

Setelah memulai perjalanan singkat, kelompok teroris menghentikan bus ke utara, membajaknya dan memerintahkan pengemudi untuk berbalik dan menuju ke selatan. Menuju ke jalan raya, teroris Fatah mulai menembak dan melempar granat ke mobil yang lewat, pada satu titik melemparkan mayat dari bus yang disita.

Sepanjang perjalanan 48 km ke Tel Aviv, para teroris berhasil menghentikan bus lain, memerintahkan penumpangnya untuk naik ke bus pertama. Dengan lebih dari 70 sandera di dalamnya dan jejak pembantaian di belakang mereka di sepanjang Coastal Road.

Polisi diberi tahu tentang serangan yang berkembang dan pada saat itu membuntuti bus yang dibajak yang penuh dengan warga sipil Israel. Polisi dengan cepat berusaha untuk membuat penghalang jalan, tetapi bertekad untuk mencapai kota metropolitan Tel Aviv, para teroris membajak bus melewatinya. Amukan maut terus berlanjut terhadap kendaraan apa pun yang cukup sial untuk berada di jalan hari itu.

Pasukan anti-teror tidak dapat bergerak cukup cepat untuk mencapai para teroris. Namun, polisi memasang penghalang jalan yang jauh lebih besar untuk menghentikan bus di Persimpangan Glilot di tepi utara Tel Aviv. Penghalang jalan kedua ini, yang ukurannya jauh lebih besar dan dibantu oleh paku-paku yang disebar petugas di jalan raya, akhirnya berhasil menghentikan aksi teror yang bergulir. Namun, pembantaian itu masih jauh dari selesai.

Unit polisi lalu lintas dan patroli yang tiba di lokasi tidak dilatih secara khusus untuk menangani situasi teroris atau penyanderaan. Saat bus berhenti, baku tembak terjadi antara petugas bersenjata ringan dan teroris yang membawa senapan mesin ringan, granat, dan bahan peledak.

Saat tembakan gencar beterbangan ke segala arah, polisi memecahkan jendela bus dan menginstruksikan penumpang untuk melompat. Tak lama kemudian, bus terbakar. Pada saat penembakan, ledakan, dan api padam, 37 orang Israel dan satu orang AS tewas, termasuk 13 anak-anak, dan 71 lainnya luka-luka dalam serangan teroris paling mematikan dalam sejarah Israel.

3 dari 4 halaman

Pembantaian Massal di Suriah Terekam Kamera, Videonya Tersebar

Bicara soal pembantaian, pernah tersebar sebuah video berdurasi enam menit yang menunjukkan adegan pembantaian di lingkungan Tadamon, Damaskus, oleh pasukan Assad.

Pada akhir April 2022, seorang pembelot Suriah membocorkan video pembantaian Tadamon. Ratusan keluarga Suriah menonton klip itu dan berharap mengetahui apa yang terjadi pada putra mereka yang hilang, dikutip dari DW, Selasa (7/6/2022). 

Keluarga Siyam juga menontonnya. Putra mereka, Waseem Siyam, meninggalkan rumahnya di Damaskus pada pagi hari 14 April 2013. Ia telah diperintahkan oleh pemerintah untuk mengirimkan tepung ke toko roti milik negara di lingkungan selatan Tadamon, Damaskus. Namun, 34 tahun berselang ia tidak pernah kembali dari tugas rutinnya itu.

Selama bertahun-tahun, keluarga Siyam, yang sekarang tinggal di Jerman, percaya bahwa Waseem telah ditangkap di sebuah pos pemeriksaan dan dibawa ke penjara pemerintah. Namun, video yang bocor itu akhirnya mengungkapkan kepada mereka detail mengerikan dari kepergiannya.

Video itu menunjukkan seorang pria dengan kaos putih dan celana jin yang ditutup matanya dan dibawa melalui gang kosong ke lubang yang penuh dengan jasad.

Baca selebihnya di sini...

4 dari 4 halaman

Georgia Kutuk Pembantaian Warga di Bucha Ukraina

Kementerian Luar Negeri Georgia pernah mengecam keras pembunuhan warga sipil di kota Bucha, Ukraina, dekat Kiev.

Kementerian itu mencuit di Twitter, "Kami hancur oleh peristiwa dan kekejaman brutal. Semua yang terlibat dalam kejahatan perang ini harus bertanggung jawab."

Presiden Salome Zourabichvili juga mengatakan "pembantaian Bucha" adalah "kejahatan terhadap kemanusiaan".

Pemerintah Georgia mendapat kecaman dari oposisi karena dukungannya yang suam-suam kuku untuk Ukraina, demikian dikutip dari laman BBC, Senin (4/4/2022).

Pemerintah telah berulang kali menyuarakan dukungan untuk Ukraina, tetapi menolak untuk bergabung dengan sanksi terhadap Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memanggil Duta Besar Ukraina untuk Georgia pekan lalu untuk menjelaskan permasalahan yang terjadi.

Rusia membantah tuduhan Ukraina bahwa mereka telah membantai warga sipil di kota Bucha, yang baru-baru ini direbut kembali oleh pasukan Ukraina dari pasukan Moskow. 

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa rekaman dan foto-foto yang menunjukkan jasad adalah "provokasi lain". 

"Selama penyelesaian ini berada di bawah kendali angkatan bersenjata Rusia, tidak ada satu pun penduduk lokal yang menderita akibat tindakan kekerasan," kata kementerian itu.

Baca selebihnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.