Sukses

10 Negara dengan Kasus Perselingkuhan Paling Tinggi di Dunia, Indonesia di Posisi Berapa?

Thailand menjadi negara dengan tingkat perselingkuhan paling tinggi di dunia. Bagaimana dengan Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Perselingkuhan merupakan salah satu masalah terbesar dalam sebuah hubungan.  

Menurut Kelly Campbell, Ph.D., Profesor Psikologi di California State University, San Bernardino, ada banyak alasan orang berselingkuh. 

Menurut Campbell, alasannya biasanya terbagi dalam tiga kategori, yakni individu, hubungan, dan situasional.

"Ungkapan 'sekali selingkuh, selalu selingkuh' mengacu pada alasan individu untuk selingkuh, kualitas tentang orang yang membuatnya lebih rentan untuk melakukan perselingkuhan," tulisnya dalam sebuah artikel untuk Psychology Today. Aspek-aspek seperti ciri-ciri kepribadian, orientasi agama dan politik, serta gender mungkin semua berperan.

Selingkuh juga bisa dilatarbelakangi perasaan tidak puas. "Para peneliti menemukan bahwa kemitraan yang ditandai dengan ketidakpuasan, seks yang tidak memuaskan, dan konflik yang tinggi berisiko lebih tinggi untuk perselingkuhan," katanya.

Akhirnya, ada alasan situasional. Ini mengacu pada orang-orang yang tidak memiliki kepribadian yang cenderung selingkuh, tapi "sesuatu tentang lingkungan mereka menempatkan mereka pada risiko perselingkuhan." Sesuatu yang tampaknya sederhana seperti pindah pekerjaan atau kota juga berperan.

Pada 2016 silam, produsen alat kontrasepsi ternama, Durex, melakukan survei terhadap ribuan orang dari sejumlah negara tentang kecenderungan orang, baik yang sudah menikah atau belum, berselingkuh. 

Dilansir laman Daily Mail, Senin (20/2/2023), berikut adalah negara dengan tingkat perselingkuhan paling tinggi di dunia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Thailand (56%)

Thailand berada di posisi teratas dengan 56% populasinya mengaku tidak setia terhadap pasangan mereka.

Thailand memiliki banyak bentuk perselingkuhan, termasuk mia noi (istri muda).

Generasi muda juga menikmati gaya hidup di mana pria dan wanita memiliki lebih banyak teman yang mereka habiskan bersama selain pasangan mereka. Walaupun, tidak semua hubungan ini bersifat seksual.

Selain itu, banyak juga aktivitas seksual transaksional terutama bagi kaum laki-laki di tempat-tempat seperti panti pijat, klub dan rumah bordil.

3 dari 6 halaman

2. Denmark (46%)

Negara Skandinavia selalu mendapat nilai tinggi pada peringkat yang menilai kebahagiaan warganya, tetapi tampaknya mereka juga mendapat nilai tinggi dalam hal perselingkuhan.

Lebih dari sepertiga orang yang tinggal di Kopenhagen tidak setia kepada pasangannya. Selain itu, hampir setengah dari mereka yang menikah mengaku pernah berselingkuh.

3. Italia (45%)

Giacomo Casanova merupakan salah satu dari banyak orang yang terkenal dalam sejarah Italia. Ia dikenal sebagai plaboy dunia yang telah berhubungan dengan 120 wanita.  

Negara yang memberi kami pria wanita asli Giacomo Casanova yang terkenal karena meniduri ratusan wanita mengklaim tempat ketiga di peringkat dunia.

Selain itu, ada pula Silvio Berlusconi, taipan media terkenal dari Italia yang banyak tersandung skandal seks. Bahkan, kasusnya itu telah melengserkannya dari posisinya sebagai perdana menteri. 

Meskipun kasus perselingkuhan di Italia telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, negara ini masih memiliki salah satu tingkat perceraian terendah di negara mana pun.

4 dari 6 halaman

4. Jerman (45%)

Beberapa orang mungkin akan terkejut karena tingkat perselingkuhan di Jerman lebih tinggi dari Prancis. 

5. Prancis (43%)

Prancis adalah satu-satunya negara di mana sebagian besar orang percaya bahwa perselingkuhan dapat diterima secara moral. Bahkan, hanya 28 persen orang yang melakukan perselingkuhan mengatakan mereka menyesalinya. 

5 dari 6 halaman

Daftar Negara Lainnya

Berikut adalah negara lainnya yang memiliki tingkat perselingkuhan tertinggi:

6. Norwegia (41%)

7. Belgia (40%)

8. Spanyol (39%)

9. Inggris (36%)

10. Finlandia (36%)

6 dari 6 halaman

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia tidak masuk dalam daftar tersebut, namun menurut survey lain yang dilakukan Just Dating, 40 persen laki-laki dan perempuan di Indonesia mengaku pernah berselingkuh dan mengkhianati pasangannya. 

Atas penilaian tersebut, Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara di Asia dengan kasus perselingkuhan terbanyak. Ini menempatkan Indonesia tepat di bawah Thailand dengan persentase 50 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.