Sukses

24 Mal Terbesar di Asia, dari Iran Sampai China

Mal-mal untuk belanja terbesar di dunia didominasi dari negara-negara di Asia. Luas dari mal-mal ini bisa mencapai ratusan ribu meter persegi (m2) bahkan yang terbesar menyentuh hampir 2 juta meter persegi.

Liputan6.com, Jakarta - Asia adalah surga belanja dan merupakan rumah bagi beberapa pusat perbelanjaan terbesar dan termewah di dunia.

Mal bukan lagi hanya tempat untuk membeli kebutuhan pribadi.

Mal telah menjadi pusat gaya hidup dalam berbelanja dan tempat bagi banyak orang menghabiskan waktu untuk mencari hiburan bersama keluarga atau teman.

Mal pun kerap dijadikan sebagai tempat belanja dan hiburan.

Beberapa negara memiliki mal yang mewah nan luas dilengkapi berbagai fasilitas dan beragam wahana pendukung lainnya sebagai daya tarik wisata.

Jadi, jika kamu ingin memanjakan diri dengan liburan konsumen, bisa lihat referensi mal besar di Asia ini, mulai dari China hingga Iran.

Berikut adalah 10 daftar mal terbesar di Asia, tak ada Indonesia di dalamnya, dilansir dari WorldAtlas, Minggu (29/1/2023):

1. Iran Mall, Iran

Iran Mall di ibu kota Iran, Teheran, menjadi pusat perbelanjaan terbesar tidak hanya di Asia, tetapi juga di dunia.

Dengan ukuran 1.950.000 meter persegi, mal ini terletak di barat laut Teheran. Di dalamnya pengunjung akan menemukan beragam fasilitas, mulai dari kolam renang dan arena seluncur es hingga hotel, bahkan lapangan tenis.

Iran Mall juga merupakan tempat yang ideal untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda kota sebab mereka dapat mencapai jalan setapak di atas gedung. Jadi, bila kamu sedang berbelanja serius atau ingin mencari sesuatu yang lebih santai, mal besar ini mungkin adalah tempat yang pas untuk menemukannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. IOI City Mall, Malaysia

Terletak di jantung Putrajaya, Malaysia, IOI City Mall adalah pusat perbelanjaan terbesar kedua di seluruh Asia.

Destinasi mewah ini memiliki 650 toko yang membentang lebih dari 821.000 meter persegi.

Mal ini juga menyediakan berbagai toko dengan merek internasional dan lokal.

Selain itu, ada dua arena seluncur es kelas atas dengan permukaan es bergaya Olimpiade yang dibuka untuk pengunjung setiap hari.

3. New South China Mall, China

Mal yang berlokasi di Dongguan, China, ini memiliki ukuran sebesar 659.612 meter persegi.

New South China Mall merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Asia. Terlepas dari besarnya, mal ini tidak menghasilkan banyak bisnis dan lebih dikenal sebagai "Ghost Mall" atau "Mal Hantu".

Sebab, malnya memang memiliki banyak atraksi seperti roller coaster dan wahana lainnya, tetapi sebagian besar tetap tidak terpakai. Banyak etalase toko kosong yang berserakan di lorong.

4. The Isfahan City Center, Iran

The Isfahan City Center adalah pusat perbelanjaan terbesar keempat di Asia.

Mal ini dibuka pada 2012 dan membentang seluas 650.000 meter persegi. Mal ini mencakup museum, taman hiburan dalam ruangan dengan roller coaster dan, serta bintang lima hotel.

Tidak heran mal yang menarik ini adalah salah satu yang paling luas di Asia sebab memiliki sesuatu yang bisa ditawarkan untuk semua orang.

Jadi, pengunjung yang datang ke The Isfahan City Center bisa berbelanja sampai puas, bermain di wahana, atau melihat beberapa budaya di museum.

3 dari 4 halaman

5. The SM Mall Of Asia, Filipina

Berlokasi di Manila, Filipina, The SM Mall of Asia adalah salah satu tujuan utama bagi penduduk lokal dan turis.

Mal ini merupakan mal terbesar kelima di seluruh Asia. Dibuka sejak 2006, mal seluas 589.891 meter persegi ini menyambut 200 ribu pengunjung setiap harinya.

Alhasil, The SM Mall of Asia dijadikan salah satu pusat perbelanjaan tersibuk di dunia.

Saat ini, pengunjung sering datang untuk melihat Teater Bioskop IMAX, menjelajahi Museum Galeón, berseluncur di arena seluncur es, atau menginap di salah satu dari lima hotelnya.

6. SM Tianjin, China

SM Tianjin memberikan pengalaman belanja unik sembari merangkul sejarah dan budaya Tiongkok.

Meliputi luas 565.000 meter persegi, mal ini menawarkan berbagai toko yang sesuai dengan kebutuhan setiap pembelanja berkat gerainya yang sebanyak lebih dari 2.500.

SM Tianjin secara unik terdiri dari lima bangunan tematik berdasarkan elemen kunci China, yakni Tanah, Api, Air, Logam, dan Kayu.

Pusat perbelanjaan yang luas ini dibuka di Area Ekonomi Bandara Tianjin pada 2016 dan sekarang dikenal luas sebagai salah satu pusat ritel terbesar di Asia.

7. The Golden Resources Mall, China

Selesai konstruksi pada 2004, The Golden Resources Mall di Beijing, China, adalah pusat perbelanjaan terbesar ketujuh di Asia.

Mencakup 557.419 meter persegi dengan enam lantai dan menampilkan gerbang masuk setinggi 62 meter, mal ini sangat menarik karena ukurannya.

The Golden Resources Mall dekat dengan jalur kereta bawah tanah, semakin banyak pengunjung pun dapat dengan mudah mengakses ke mal ini.

4 dari 4 halaman

8. Central WestGate, Thailand

Central WestGate hadir di daftar mal terbesar kedelapan di Asia.

Mal ini memiliki luas sebesar 550.278 meter persegi. Mal ini juga punya banyak ruang untuk berbelanja dan tempat makan.

Central WestGate terletak di Nonthaburi tepat di luar Bangkok, Thailand dan dibangun sebagai bagian dari upaya menjadikan Thailand sebagai pusat perbelanjaan regional.

Ada ratusan merek Thailand dan internasional di mal ini dan lebih dari dua ratus restoran. Pembelanja yang lelah tidak akan merasakan kelaparan.

9. CentralWorld, Thailand

Terletak di Bangkok, Thailand, CentralWorld adalah tujuan belanja yang mengesankan karena ukuran luasnya yakni 550.000 meter persegi. 

Dibuka sejak 1990, mal ini mencakup menara perkantoran dan hotel mewah. Awalnya dikenal sebagai World Trade Center, tetapi diberi nama CentralWorld pada 2005.

Mal ini menjadi tuan rumah CentralWorld Square, ruang aktivitas luar ruangan terbesar di kota yang telah menyaksikan pengumpulan banyak orang selama bertahun-tahun untuk perayaan seperti pesta hitung mundur Malam Tahun Baru.

Selain banyaknya toko, CentralWorld punya beragam kafe, restoran, dan teater bioskop kelas atas yang menarik pengunjung ke mal ini sepanjang tahun.

10. ICONSIAM, Thailand

Masih di Bangkok, Thailand, destinasi belanja terbesar lainnya ada di ICONSIAM.

ICONSIAM melengkapi daftar mal terbesar di Asia dengan area mengesankan seluas 525.000 meter persegi.

Lokasi ICONSIAM ini ikonik bagi masyarakat Thailand karena ada di tepian Sungai Chao Phraya, pemandangan yang menghada ke sungai tersebut pun menambah keindahannya.

Pusat perbelanjaan ini buka pada 2018 dan sangat populer di kalangan turis dan penduduk Bangkok. Mal ini bahkan menjadi tuan rumah toko Apple pertama di Thailand.

Tidak hanya pertokoan, ICONSIAM juga menjadi tuan rumah Heritage Museum yang berisi warisan-warisan tradisional Thailand, taman di tepi sungai, dan banyak kafe serta restoran untuk memastikan waktu yang baik bagi semua pengunjung.

11. 1 Utama, Malaysia

Dengan luas sebesar 520.000 meter persegi, pusat perbelanjaan 1 Utama masuk ke daftar kesebelas. Mal ini berada di Petaling Jaya, Malaysia dan dibuka pada 1995.

12. SM City North EDSA, Filipina

Selanjutnya ada mal di Quezon City, Filipina. Mal tersebut memiliki luas sebesar 498.000 meter persegi dan telah dibuka sejak 1985. 

13. Global Harbor, China

Terletak di Shanghai, China, Global Harbor resmi dibuka pada 2013 dan memiliki luas 483.000 meter persegi. 

14. SM Megamall, Filipina

Dibuka sejak 1991, SM Megamall berlokasikan di Mandaluyong, Filipina. SM Megamall mempunyai luas 474.000 meter persegi.

15. SM Seaside City Cebu, Filipina

Masih di Filipina, SM Seaside City Cebu terletak di Cebu City. Mal ini resmi dibuka pada 2015 dan memiliki luas 470.000 meter persegi. 

16. Persian Gulf Complex, Iran

Mal terbesar selanjutnya ada di Shiraz, Iran dengan besar 446.000 meter persegi. Persian Gulf Complex telah dibuka sejak 2011.

17. The Avenues Mall, Kuwait

The Avenues Mall adalah mal terbesar di Kuwait. Berlokasikan di kota Al Rai, mal ini memiliki luas 424.000 meter persegi dan sudah berdiri sejak 2007.

18. Sunway Pyramid, Malaysia

Berlokasikan di Subang Jaya, Malaysia, Sunway Pyramid adalah mal dengan luas 399.000 meter persegi dan dibangun pada 1997. Mal ini dikembangkan oleh Sunway Group, perusahaan multinasional asal Malaysia yang bergerak dalam berbagai bidang, mulai dari properti, kesehatan, konstruksi, dan pendidikan.

19. New Century Global Center, China

Dibuka pada 2013, New Century Global Center yang berlokasikan di Chengdu, China, masuk ke daftar mal terbesar. Mal ini memiliki luas yang hampir sama dengan Sunway Pyramid yang ada di Malaysia yakni 399.000 meter persegi.

20. Dream Mall, Taiwan

Dream Mall terletak di Kaohsiung, Taiwan. Mal ini sudah ada sejak 2007 dan mempunyai luas yang masih sama yakni sekitar 399.000 meter persegi.

21. Siam Paragon, Thailand

Masih dalam luas dan ukuran yang sama yakni 399.000 meter persegi, Siam Paragon bisa kamu datangi di Bangkok, Thailand. Mal ini didirikan pada 2005 dan merupakan tujuan utama banyak turis untuk membeli oleh-oleh.

22. Central Phuket, Thailand

Dengan ukuran yang masih sama, Central Phuket berada di Phuket, Thailand dan telah berdiri sejak 2004.

23. Festival Alabang, Filipina

Festival Alabang terletak di Muntinlupa, Filipina dan sudah ada sejak 1998. 

24. Lotte World Mall, Korea Selatan

Lotte World Mall merupakan kompleks hiburan dan rekreasi di Seoul, Korea Selatan. Lotte World Mall memiliki luas 383.000 meter persegi dan resmi dibuka pada 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.