Sukses

Eks PM Inggris Boris Johnson Kunjungi Ukraina, Disambut Presiden Volodymyr Zelensky

Kunjungan eks PM Inggris Boris Johnson ke Ukraina berlangsung atas undangan Presiden Volodymyr Zelensky.

Liputan6.com, Kyiv - Mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson melawat ke Ukraina. Ia dilaporkan mengunjungi pinggiran ibu kota Kyiv pada Minggu (22/1/2023), sebelum diterima oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Anggota parlemen Konservatif itu mengatakan adalah "keistimewaan" mengunjungi Ukraina atas undangan Presiden Zelensky.

"Saya menyambut Boris Johnson, sahabat sejati Ukraina, ke Kyiv. Terima kasih Boris atas dukungan Anda!," tulis Zelensky di Telegram seperti dikutip dari BBC, Senin (23/1/2023).

Tidak hanya Kyiv, Johnson juga mengunjungi Kota Bucha dan Borodyanka, yang sempat diduduki pasukan Rusia pada Maret tahun lalu. Setelah pasukan Rusia dipukul mundur, kedua tersebut diketahui mengalami pemusnahan massal, termasuk mayat warga sipil ditemukan di sepanjang jalan di Bucha.

Johnson mengatakan, penderitaan rakyat Ukraina telah berlangsung terlalu lama.

"Satu-satunya cara untuk mengakhiri perang ini adalah Ukraina menang dan menang secepat mungkin," kata Johnson. "Ini adalah momen untuk memperkuat komitmen dan memberikan Ukraina semua perlengkapan yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan."

"Semakin cepat Vladimir Putin kalah, semakin baik bagi Ukraina dan seluruh dunia," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Didukung PM Rishi Sunak

Kunjungan Johnson ke Ukraina dilaporkan mendapat dukungan dari perdana menteri Inggris saat ini Rishi Sunak. Sekretaris pers PM Sunak mengatakan, "(PM Sunak) selalu mendukung semua kolega yang menunjukkan bahwa Inggris berada di belakang Ukraina dan akan terus mendukung mereka."

Saat ini tekanan tengah meningkat pada sekutu Barat, termasuk Jerman, untuk memasok tank ke Ukraina. Belum lama ini, Inggris mengonfirmasi akan mengirimkan tank Challenger 2 ke Ukraina, keputusan yang didukung Johnson.

3 dari 3 halaman

Bukan Kunjungan Pertama

Johnson telah beberapa kali berkunjung ke Ukraina, baik sebagai perdana menteri atau sejak ia meninggalkan Downing Street.

Beberapa hari sebelum kunjungan terbarunya, Johnson ikut serta dalam panel diskusi tentang Ukraina di Forum Ekonomi Dunia di Davos, yang dihadiri oleh Zelensky melalui tautan video.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.