Sukses

Perang Ukraina Picu Kemunculan Bir Hibrida Beras India di Polandia

Dua orang India telah menjadi yang pertama menjual bir hibrida di Polandia yang menggabungkan serpihan padi India dengan hop Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - Dua orang India telah menjadi yang pertama menjual bir hibrida di Polandia yang menggabungkan serpihan padi India dengan hop Eropa. Perang Ukraina membentuk perjalanan mereka.

Setahun yang lalu, Chandra Mohan, seorang India yang tinggal di Polandia, mendapati dirinya dalam krisis ketika dia dibebani dengan 20.000 kg (44.092 lb) serpihan beras yang tidak ingin diambil oleh klien bisnis.

Serpihan beras, yang dipasok oleh sebuah perusahaan yang berbasis di negara bagian Uttar Pradesh, India utara, sedang diimpor oleh seorang pengusaha lokal untuk membuat sereal.

Perang di Ukraina baru saja dimulai. Empat hari sebelum kapal yang membawa konsinyasi jatuh tempo di pelabuhan di Polandia, klien Mohan menjauh karena nilai tukar berfluktuasi.

Klien ingin Kamar Dagang Indo-Polandia, di mana Chandra Mohan adalah kepala hubungan bisnis, untuk menemukan solusi untuk menggunakan pengiriman yang tidak mampu lagi dia beli.

Mohan membeli serpihan dan bersama dengan teman desainernya Sargheve Sukumaran mendapat ide untuk membuat bir, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (22/1/2023).

"Chandran berkata, 'Saya sedang memikirkan bir yang disebut Malayali,'" kenang Sukumaran.

Kedua pria itu berasal dari negara bagian Kerala, India selatan, yang penduduk aslinya disebut Malayalis setelah bahasa ibu mereka, Malayalam.

"Saya juga tertarik untuk menciptakan produk yang berakar pada sejarah kami - dalam tradisi Kerala dan India - tetapi menarik bagi khalayak global," kata Sukumaran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Bir Beras

Kedua pria itu jelas bahwa bir perlu menggunakan serpihan nasi tetapi tidak boleh menjadi "bir beras".

Idenya tidak sepenuhnya baru.

"Sudah ada bir Jepang yang terbuat dari nasi dengan hop Jepang," kata Mohan. Idenya adalah untuk membedakan produk mereka dengan memiliki bir rasa beras dengan hop Eropa.

Mohan dan Sukumaran beralih ke Malayali lain untuk meminta nasihat.

Lijo Phillip telah meluncurkan merek birnya sendiri - Kalikut 1498 - di Polandia sebelum pandemi. Kalikut adalah cara lain untuk mengeja Calicut (sekarang disebut Kozhikode) - sebuah distrik di Kerala.

Dengan bimbingannya, Mohan dan Sukumaran bekerja untuk memproduksi bir mereka sendiri.

"Di Polandia, Anda memiliki banyak bir yang datang dari negara-negara Eropa lainnya, terutama yang baik dari Belgia," kata Sukumaran. Tapi tidak satu pun dari beras bekas ini.

Mohan adalah seorang yang belum pernah mencicipi alkohol sebelumnya, jadi Mr Sukumaran mengambil tugas untuk mencicipi dan menguji produk.

"Kami mencoba beberapa kali dan berhasil pada percobaan ketiga kami dalam mendapatkan keseimbangan yang sempurna," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Tantangan ke Depan

Tantangannya sekarang adalah memproduksi bir dalam skala besar.

Mereka berdua terlibat dalam pengaturan dengan tempat pembuatan bir yang bersikeras untuk mengambil boiler yang disewakan dengan pesanan minimum. Ini berarti mereka harus membawa restoran untuk menyajikan bir mereka.

Tetapi mereka memutuskan nama untuk minuman itu.

Mohan juga memimpin tim ekspatriat yang membantu orang India yang telah melarikan diri dari Ukraina setelah perang.

"Sebagian besar relawan berasal dari Kerala," katanya. "Dan saya menyadari bahwa menjadi Malayali adalah emosi [yang menghubungkan kami]."

Ini menginspirasi para mitra untuk menamai minuman mereka 'bir Malayali'.

Identitas budaya juga menanamkan desain merek mereka.

Sukumaran merancang label di sekitar tutup kepala yang dikenakan oleh seniman yang menampilkan Kathakali - bentuk tarian tradisional dari Kerala. Dia kemudian menggabungkan ini dengan kecintaan negara terhadap film dengan menggunakan kacamata hitam penerbang dan kumis legenda akting Mohanlal.

Untuk mempertahankan bisnis, keduanya menawarkan layanan pembotolan yang dibuat sesuai pesanan untuk perencana pernikahan. Itu menjadi tenar, terutama di antara imigran India yang menikahi warga negara Polandia.

Sekarang, Malayali Spirits - perusahaan yang didirikan olehnya dan Sukumaran - memiliki kontrak dengan distributor untuk toko kelontong India dan Asia untuk memasok 2.400 liter (5.074 liter) bir setiap dua bulan.

Perusahaan mengklaim telah menjual lebih dari 50.000 botol bir sejauh ini dan berencana untuk meningkatkan produksi segera.

"Kami sekarang memiliki beberapa pertanyaan dari negara-negara Eropa lainnya dan AS," kata Mohan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.