Sukses

PM Inggris Rishi Sunak Didenda Tak Pakai Sabuk Pengaman di Dalam Mobil Viral

PM Inggris Rishi Sunak telah didenda oleh Polisi Lancashire karena tidak mengenakan sabuk pengaman saat duduk di kursi penumpang sebuah mobil yang bergerak.

Liputan6.com, Jakarta - PM Inggris Rishi Sunak telah didenda oleh Polisi Lancashire karena tidak mengenakan sabuk pengaman saat duduk di kursi penumpang sebuah mobil yang bergerak.

Perdana menteri meminta maaf atas "kesalahan singkat" setelah klip itu diposting ke Instagram, demikian seperti dikutip dari the Independent, Sabtu (21/1/2023). Video itu sendiri viral dan menarik komentar masyarakat dunia maya Inggris.

Insiden itu terjadi selama kunjungan PM ke daerah tersebut untuk berbicara tentang pendanaan Levelling Up.

Polisi Lancashire mengatakan: "Anda akan menyadari bahwa sebuah video telah beredar di media sosial yang menunjukkan seseorang gagal mengenakan sabuk pengaman saat menjadi penumpang di dalam mobil yang bergerak di Lancashire.

"Setelah menyelidiki masalah ini, kami hari ini (Jumat, 20 Januari) mengeluarkan seorang pria berusia 42 tahun dari London dengan tawaran hukuman tetap bersyarat."

Seorang juru bicara No 10 mengkonfirmasi Sunak akan membayar denda dan mengatakan dia "sepenuhnya menerima ini adalah kesalahan dan telah meminta maaf".

"Itu adalah kesalahan penilaian, dia menghapusnya untuk waktu yang singkat untuk merekam klip, yang telah Anda lihat, tetapi dia menerima itu adalah kesalahan," tambah juru bicara itu.

Ini adalah kedua kalinya Rishi Sunak melanggar peraturan.

Ia pernah didenda 50 poundsterling karena melanggar undang-undang lockdown COVID-19 Inggris yang memicu skandal Partygate.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Partai Sunak

Partai Buruh yang menaungi Sunak mengkritik video itu, mengatakan bahwa klip itu "menambaj tontonan menyakitkan" dari sang PM.

"Padahal, PM memulai pekan ini dengan harapan orang-orang akan berterimakasih atas pengembalian sebagian uang yang telah dilucuti dari mereka selama 13 tahun oleh Partai Konservatif (oposisi)."

LSM memperingatkan bahaya tidak mengenakan sabuk pengaman, menambahkan: "Tidak peduli siapa Anda, penting untuk mengenakan sabuk pengaman Anda saat berada di dalam mobil."

Denda perdana menteri datang ketika pemerintahnya sendiri telah mempertimbangkan untuk memperketat aturan sabuk pengaman yang dapat membuat pengemudi yang tidak memakainya menerima poin penalti pada SIM mereka.

Sekitar 30 persen orang yang tewas dalam mobil di jalan-jalan Inggris pada tahun 2021 tidak terkendali, angka terbaru menunjukkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.