Sukses

Kim Jong-un Serukan Peningkatan Rudal Nuklir Korea Utara dalam Jumlah Besar

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyerukan "peningkatan eksponensial" dalam persenjataan senjata nuklir negaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyerukan "peningkatan eksponensial" dalam persenjataan senjata nuklir negaranya sebagai tanggapan atas apa yang dia klaim sebagai ancaman dari Korea Selatan dan Amerika Serikat, media pemerintah Pyongyang melaporkan pada hari Minggu.

Komentar Kim datang ketika Korea Utara dua kali selama akhir pekan menguji apa yang diklaimnya sebagai sistem roket peluncuran ganda yang besar, berkemampuan nuklir, yang dapat menempatkan seluruh Korea Selatan dalam jangkauannya, demikian menurut laporan dari Korean Central News Agency (KCNA), dikutip dari CNN International, Minggu (1/1/2023).

Berbicara pada Malam Tahun Baru pada hari terakhir sesi pleno enam hari yang meninjau tahun 2022, Kim mengatakan Korea Selatan telah menjadi "musuh yang tidak diragukan lagi" dan sekutu utamanya, AS, telah meningkatkan tekanan pada Korea Utara ke tingkat "maksimum" selama setahun terakhir dengan sering mengerahkan aset militernya ke Semenanjung Korea.

Sebagai tanggapan, Kim mengatakan pada tahun mendatang bahwa Pyonyang harus memproduksi senjata nuklir taktis secara massal sambil mengembangkan rudal balistik antarbenua (ICBM) baru yang akan memberi Korea Utara "kemampuan serangan balasan cepat," demikian menurut laporan KCNA.

Komentar Kim datang pada akhir tahun yang membuat rezimnya menguji lebih banyak rudal daripada kapan pun dalam sejarah Korea Utara, termasuk ICBM yang secara teori dapat menyerang daratan AS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Uji Coba Rudal Jelang Tahun Baru

Pada hari Sabtu, dalam hari ke-37 uji coba rudalnya pada tahun 2022, Korea Utara menembakkan setidaknya tiga rudal balistik jarak pendek dari sebuah situs di selatan Pyongyang, demikian menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Itu mengikuti minggu pagi itu dengan tes lain. Korea Utara mengatakan tes hari Sabtu dan Minggu adalah sistem roket peluncuran ganda (MRL) 600mm. Sebagian besar sistem peluncuran roket ganda yang beroperasi di seluruh dunia berukuran sekitar 300mm.

MRL 600mm pertama kali diperkenalkan tiga tahun lalu, dan produksi telah ditingkatkan sejak akhir Oktober 2022 untuk pengerahan, demikian ungkap Kim dalam pidatonya pada sesi pleno pada hari Sabtu, demikian menurut KCNA. Dia kemudian menambahkan bahwa tambahan 30 dari MRL 600mm akan dikerahkan ke militer secara bersamaan.

Kim mengatakan senjata itu mampu mengatasi bentang alam yang tinggi, dapat menyerang secara berurutan dengan presisi, memiliki seluruh Korea Selatan dalam jangkauan tembaknya dan dapat sarat dengan hulu ledak nuklir taktis, demikian menurut laporan KCNA.

"Secara prospektif, sebagai senjata ofensif utama pasukan militer kami, ia akan menjalankan misi tempurnya sendiri untuk membanjiri musuh," kata Kim.

 

3 dari 3 halaman

Pakar: Korea Utara Memperluas Kemampuan

Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul, mengatakan Pyongyang telah menggunakan tahun lalu untuk menunjukkan kemampuannya melakukan berbagai serangan militer.

"Peluncuran rudal baru-baru ini secara teknis tidak mengesankan. Sebaliknya, tingginya volume tes pada waktu yang tidak biasa dan dari berbagai lokasi menunjukkan bahwa Korea Utara dapat meluncurkan berbagai jenis serangan, kapan saja, dan dari berbagai arah," kata Easley.

Easley juga mencatat bahwa bukan hanya rudal yang digunakan Korea Utara untuk meningkatkan tekanan militer di Selatan. Pekan lalu, Pyongyang menerbangkan lima drone ke wilayah udara Korea Selatan, memaksa Seoul untuk mengacak jet tempur dan helikopter untuk melacak mereka dan kemudian mengirim drone-nya sendiri ke wilayah udara Korea Utara.

Itu semua mengarah pada eskalasi ketegangan, menurut Easley.

"Provokasi semacam itu, termasuk serangan drone, tampak berlebihan untuk pencegahan dan mungkin dimaksudkan untuk menakut-nakuti Korea Selatan agar mengambil kebijakan yang lebih lunak. Tetapi dengan Kim menolak diplomasi dan mengancam akan memproduksi senjata nuklir secara massal, pemerintahan Yoon kemungkinan akan semakin meningkatkan kemampuan dan kesiapan pertahanan Korea Selatan," ungkap Easley.

Ankit Panda, seorang ahli kebijakan nuklir di Carnegie Endowment for International Peace, mengatakan kepada CNN pada pertengahan Desember bahwa Pyongyang telah muncul sebagai kekuatan rudal.

"Gambaran yang lebih besar adalah bahwa Korea Utara benar-benar berubah menjadi operator pasukan rudal skala besar yang terkemuka," ungkap Panda. "Kata uji coba tidak lagi tepat untuk berbicara tentang sebagian besar peluncuran rudal Korea Utara."

"Sebagian besar rudal yang mereka luncurkan tahun ini adalah bagian dari latihan militer. Mereka berlatih untuk perang nuklir. Dan itu, saya pikir, adalah gambaran besar tahun ini," kata Panda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.