Sukses

Pegunungan di Arab Saudi Mulai Bersalju Jelang Tahun Baru 2023, Turis Berdatangan

Pegunungan Al-Jabal dan Alkan di Provinsi Tabuk di barat laut Arab Saudi diselimuti salju, siap menyambut tahun baru.

Liputan6.com, Tabuk - Pegunungan Al-Jabal dan Alkan di Provinsi Tabuk di barat laut Arab Saudi diselimuti salju, siap menyambut tahun baru. Warga masih menunggu peningkatan hujan salju, yang diperkirakan terjadi dalam beberapa hari mendatang, menurut pengamat cuaca.

Mengutip Arab News, Selasa (27/12/2022), wisatawan menantikan hujan salju yang telah diperkirakan oleh Otoritas Umum Meteorologi.  untuk bersiap dan berkemah di area salju Tabuk sebelum kenaikan tingkat salju. 

Fahd Al-Tarfawi, seorang fotografer Saudi yang tidak melewatkan kesempatan ini, mengatakan kepada Arab News bahwa dia bergegas ke daerah bersalju pada Minggu 25 Desember dan mulai mendokumentasikan hujan salju tersebut. Dia mencatat bahwa dia masih menunggu curah hujan salju yang lebih besar, menggambarkan kondisi saat ini sebagai "awal" yang tidak dapat diabaikan.

Pemandu wisata Ahmed Al-Omrani menjelaskan kepada Arab News bahwa salju mulai turun pada Minggu 25 Desember pagi, namun belum mencapai level biasanya. Dia memastikan, salju mulai menutupi wilayah Alkan yang diselimuti salju pada waktu-waktu tersebut setiap tahun, selain wilayah Jabal Al-Lawz yang terkenal.

Ahmed Al-Omrani mencatat bahwa mengambil foto hanya diperbolehkan di Alkan saat ini, karena operasi pengembangan pariwisata utama NEOM di sana.

Ia menambahkan, Alkan merupakan kawasan wisata par excellence; Ini adalah tanah datar dan rata di mana salju turun lebih dari sekali setahun, oleh karena itu, itu adalah tujuan wisata bagi semua warga Arab Saudi, serta Gulf Cooperation Council (GCC) dan beberapa warga negara Arab yang tertarik dengan Tabuk, terutama selama musim salju.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Orang Eropa Menyukai Karena Iklim Mirip Negaranya

Al-Omrani menyatakan bahwa orang Eropa memilih daerah ini, mengingat kemiripan kondisi cuacanya dengan negara-negara Eropa, Kanada, dan Amerika Serikat, dan dalam konteks yang sama, dia mencatat bahwa karena pekerjaannya sebagai pemandu wisata, kelompok dari Teluk berharap mengunjungi Tabuk dalam cuaca seperti itu setiap tahun, karena terpikat oleh hujan salju dan alam yang menakjubkan.

Dia mengatakan bahwa kelompok-kelompok itu memesan tiket mereka sekitar waktu ini dan pada bulan Januari, untuk menikmati suasana luar biasa yang juga disukai orang Saudi, menambahkan bahwa proyek NEOM yang sukses dan The Line menginspirasi cerita tentang kesuksesan Visi Saudi.

Pengunjung berkemah di sana lebih awal sebelum hujan salju diumumkan oleh laporan meteorologi, dan bersiap satu malam lebih awal untuk menyambut dan memotret hujan salju serta menikmati pengalaman tersebut, tambah Al-Omrani.

Dia mencatat bahwa proyek pariwisata dimulai dengan Trojena melalui mesin es, untuk menghasilkan salju dan menjadikannya area ski selama mungkin; Suhu di sana tidak melebihi 25 derajat Celcius di puncak musim panas.

 

3 dari 4 halaman

Kawasan Alkan yang Juga Jadi Favorit Turis

Kawasan Alkan yang berjarak sekitar setengah jam perjalanan dengan mobil dari Jabal Al-Lawz juga merupakan kawasan yang menjanjikan untuk proyek wisata antara proyek air, darat, dan salju.

Nawal Al-Atwi dari Tabuk mengatakan bahwa kawasan tersebut merupakan kawasan wisata yang menarik, di mana suhu turun di bawah nol di musim dingin dan sedang serta sejuk di musim dingin. Dia menambahkan bahwa di musim dingin, salju turun di pegunungan Al-Lawz dan Alkan, menarik orang dari seluruh Teluk setiap tahun.

Dia mencatat bahwa pemandangan yang menakjubkan memberi wisatawan kesempatan untuk menikmati pengalaman yang luar biasa, dengan fitur Eropa Tabuk dan wilayah yang belum dipetakan untuk orang Saudi; Turis menantikan wisata musim dingin dan musim putih, dengan keluarga berbondong-bondong ke area menawan yang luas ini.

4 dari 4 halaman

Rekor Malam Natal Terdingin Melanda Sejumlah Negara Bagian AS

Sementara itu, banyak lokasi di AS bagian timur mengalami Malam Natal terdingin dalam beberapa dekade saat ledakan Arktik atau suhu dingin mencapai puncaknya.

Menurut laporan CNN, Sabtu (24//12/2022), dingin yang mengancam jiwa bahkan dilaporkan telah menyebar sampai ke Pantai Teluk dan perbatasan Meksiko, dengan angin dingin di bawah nol derajat Celcius dilaporkan sampai ke Austin dan Atlanta di selatan AS.

Secara keseluruhan, lebih dari 200 juta orang di AS berada di bawah peringatan angin dingin dari perbatasan Kanada ke perbatasan Meksiko dan dari negara bagian Washington ke Florida, dengan angin dingin di bawah nol derajat Celcius diperkirakan terjadi di Tenggara pada hari Jumat. Peringatan cuaca musim dingin lainnya berlaku untuk kondisi badai salju, es, salju, dan banjir.

"Grafis Peringatan National Weather Service menggambarkan salah satu peringatan dan nasihat cuaca musim dingin terbesar yang pernah ada," kata badan itu Kamis.

Khususnya, sebagian Montana, South Dakota, dan Wyoming telah mengalami angin dingin di bawah minus 50 derajat Fahrenheit dalam dua hari terakhir.

Seluruh negara bagian Texas mengalami suhu di bawah titik beku pada Jumat sore, menurut pengamatan cuaca dari seluruh negara bagian.

Banyak yang akan mengalami liburan dingin tidak seperti yang lain: Atlanta, Philadelphia, Pittsburgh dan Tallahassee, Florida, semuanya diperkirakan memiliki suhu tertinggi terdingin yang pernah tercatat pada 24 Desember, menurut Layanan Cuaca Nasional.

Washington DC diperkirakan akan mengalami Malam Natal terdingin kedua, setelah tahun 1989. Di New York, ini akan menjadi Malam Natal terdingin sejak 1906. Chicago memperkirakan suhu akan pulih di atas nol, tetapi masih akan mengalami Malam Natal terdingin sejak 1983.

Sebagian besar Florida akan mengalami puncak kedinginan pada Hari Natal. Ini akan menjadi Hari Natal terdingin sejak 1983 untuk Miami, Tampa, Orlando, dan West Palm Beach.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.