Sukses

2 Tahun Natal Online, Diaspora RI di Korea Selatan Kini Gelar Peringatan Tatap Muka

Ibadah dan Perayaan Natal Masyarakat Indonesia di Korsel tahun ini kembali diselenggarakan secara tatap muka, setelah dua tahun dirayakan secara online akibat Pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Seoul - Sekitar 350 masyarakat dan diaspora Indonesia dari lintas gereja yang berada di berbagai wilayah di Korea Selatan (Korsel) menggelar acara "Ibadah dan Perayaan Natal Masyarakat Indonesia di Korea Selatan" pada Minggu, 25 Desember 2022.

Ibadah dan Perayaan Natal Masyarakat Indonesia di Korsel tahun ini kembali diselenggarakan secara tatap muka, setelah dua tahun dirayakan secara online akibat Pandemi COVID-19.

"Dalam semangat kebersamaan Natal, dan didasari semangat persatuan dan kesatuan dalam Bhinneka Tunggal Ika, mari bersama menjadikan hari ini sebagai momentum untuk saling berbagi kasih dan menebar damai. Tidak hanya antar sesama masyarakat Kristiani, tetapi kepada seluruh komponen masyarakat Indonesia di Korea Selatan," ujar Duta Besar Republik Indonesia di Seoul, Gandi Sulistiyanto pada Ibadah dan Perayaan Natal Masyarakat Indonesia di Korea Selatan dalam keterangan tertulisnya.

Acara tersebut diselenggarakan oleh KBRI Seoul bersama Persekutuan Gereja Indonesia di Korea (PGIK) dan Komunitas Keluarga Katolik Korea Dei Gratia.

Ibadah Natal dengan tema "Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain" dilayani oleh Pdt. Robinson Simanungkalit dan dilanjutkan dengan Acara Perayaan Natal yang juga dihadiri oleh Wakil Kepala Perwakilan RI, Zelda Wulan Kartika.

Masyarakat lintas agama juga tampak hadir memeriahkan Perayaan Natal yang sarat dengan kebhinekaan.

Wakil dari masing-masing Gereja Indonesia di Korsel dan KBRI Seoul turut memeriahkan acara dengan berbagai persembahan lagu, tarian, serta pembacaan puisi. Perayaan semakin menarik dengan pembagian doorprize bagi peserta terpilih.

Seluruh keluarga besar KBRI Seoul mengucapkan Selamat Merayakan Hari Natal 2022 dan menyambut Tahun Baru 2023.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meriahnya Perayaan Natal WNI di Jerman, Angkat Tema Keberagaman

Sementara itu, KJRI Frankfurt bekerja sama dengan berbagai organisasi kemasyarakatan di wilayah kerja KJRI Frankfurt telah menyelenggarakan Perayaan Natal Bersama. Acara tersebut diikuti sekitar 100 orang peserta yang hadir baik secara daring dan juga luring di KJRI Frankfurt pada Senin 19 Desember.

Dilansir dari laman Kemlu, Jumat (23/12/2022), Konsul Jenderal RI Frankfurt Acep Somantri dalam sambutannya mengungkapkan harapan agar Perayaan Natal Bersama tahun ini semakin mengukuhkan kebersamaan rakyat Indonesia di tengah perbedaan yang ada, khususnya dalam menghadapi berbagai tantangan dalam hidup.

Kebhinnekaan merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan kekuatan untuk saling bahu membahu serta bergotong royong demi kehidupan yang lebih baik. Bangsa Indonesia harus selalu berjalan bersama dalam menghadapi berbagai macam tantangan dan kesulitan hidup.​

Perayaan Natal Bersama tahun 2022 mengangkat tema "Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain".

Tema ini mengandung semangat bagi rakyat Indonesia untuk memiliki keberanian dalam menghadapi tantangan dan kesulitan dalam kehidupan saat ini yang terus bergulir dan dalam situasi yang baru dan belum pernah ditemui sebelumnya.

Selengkapnya klik di sini...

3 dari 4 halaman

Rekor Malam Natal Terdingin Melanda Sejumlah Negara Bagian AS

Sedangkan banyak lokasi di AS bagian timur mengalami Malam Natal terdingin dalam beberapa dekade saat ledakan Arktik atau suhu dingin mencapai puncaknya.

Menurut laporan CNN, Sabtu (24//12/2022), dingin yang mengancam jiwa bahkan dilaporkan telah menyebar sampai ke Pantai Teluk dan perbatasan Meksiko, dengan angin dingin di bawah nol derajat Celcius dilaporkan sampai ke Austin dan Atlanta di selatan AS.

Secara keseluruhan, lebih dari 200 juta orang di AS berada di bawah peringatan angin dingin dari perbatasan Kanada ke perbatasan Meksiko dan dari negara bagian Washington ke Florida, dengan angin dingin di bawah nol derajat Celcius diperkirakan terjadi di Tenggara pada hari Jumat. Peringatan cuaca musim dingin lainnya berlaku untuk kondisi badai salju, es, salju, dan banjir.

"Grafis Peringatan National Weather Service menggambarkan salah satu peringatan dan nasihat cuaca musim dingin terbesar yang pernah ada," kata badan itu Kamis.

Khususnya, sebagian Montana, South Dakota, dan Wyoming telah mengalami angin dingin di bawah minus 50 derajat Fahrenheit dalam dua hari terakhir.

Seluruh negara bagian Texas mengalami suhu di bawah titik beku pada Jumat sore, menurut pengamatan cuaca dari seluruh negara bagian.

Banyak yang akan mengalami liburan dingin tidak seperti yang lain: Atlanta, Philadelphia, Pittsburgh dan Tallahassee, Florida, semuanya diperkirakan memiliki suhu tertinggi terdingin yang pernah tercatat pada 24 Desember, menurut Layanan Cuaca Nasional.

Washington DC diperkirakan akan mengalami Malam Natal terdingin kedua, setelah tahun 1989. Di New York, ini akan menjadi Malam Natal terdingin sejak 1906. Chicago memperkirakan suhu akan pulih di atas nol, tetapi masih akan mengalami Malam Natal terdingin sejak 1983.

Sebagian besar Florida akan mengalami puncak kedinginan pada Hari Natal. Ini akan menjadi Hari Natal terdingin sejak 1983 untuk Miami, Tampa, Orlando, dan West Palm Beach.

 

4 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Natal Sederhana Tapi Bermakna

Seiring dengan mencari hadiah yang tepat untuk semua orang spesial dalam hidup Anda, luangkan waktu sejenak untuk berbagi betapa berartinya teman, anggota keluarga, tetangga, rekan kerja, guru, dan orang yang Anda cintai bagi Anda dengan ucapan selamat Natal baik tulisan tangan untuk kartu maupun untuk dikirim via pesan singkat.

Mengisi kartu Natal mungkin terasa lebih merepotkan daripada nilainya, tetapi bayangkan kegembiraan di wajah penerima saat dia benar-benar membaca pesan khusus dari Anda.

Jika Anda khawatir kata-kata Anda tidak akan menyampaikan apa yang sebenarnya ada di hati Anda, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Berikut ini rangkaian ucapan Natal yang sederhana tapi bermakna yang dapat ditulis apa adanya, dipersingkat agar sesuai dengan ukuran kartu ucapan yang lebih kecil atau dirapikan dengan detail yang dipersonalisasi tentang penerima, dikutip dari Today.com, Sabtu (24/12/2022): Klik di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.