Sukses

Tragedi Kecelakaan Bus di Kanada Saat Malam Natal, 4 Penumpang Tewas-50 Orang Lebih Terluka

Kecelakaan bus antarkota di Provinsi British Columbia, Kanada yang terjadi di dekat Kota Merritt, saat suhu turun menjadi -3,9 derajat Celcius pada hari Sabtu.

Liputan6.com, British Columbia - Empat orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam kecelakaan bus yang serius di jalan raya di Interior Selatan BC pada Malam Natal.

Kelowna RCMP mengkonfirmasi korban jiwa dalam kecelakaan bus itu melalui sebuah pernyataan hari Minggu 25 Desember 2022, mengatakan petugas dipanggil ke Highway 97C timur Merritt dekat pintu keluar Danau Loon sekitar pukul 6 sore.

"Empat orang dipastikan meninggal dan beberapa orang mengalami luka-luka," kata Mounties dalam pernyataan mereka seperti dikutip dari bc.ctvnews.ca, Senin (26/12/2022).

"Sementara penyelidikan sedang berlangsung, diyakini bahwa kondisi jalan yang sangat dingin menyebabkan terguling."

Para pejabat mengatakan kecelakaan bus penumpang memicu tanggapan "Kode Oranye" di Otoritas Kesehatan Dalam Negeri Kanada.

Kode Oranye diaktifkan setelah bencana atau peristiwa korban massal.

Interior Health (otoritas kesehatan regional British Columbia/B.C) awalnya mengatakan Sabtu malam bahwa 53 pasien dibawa ke rumah sakit di Merritt, Kelowna dan Penticton.

Dalam pembaruan pada Minggu, otoritas kesehatan mengatakan 52 pasien telah dipindahkan ke empat rumah sakit.

Pada pukul 9:30 pagi, delapan pasien masih berada di rumah sakit di Penticton, Kelowna dan Kamloops, kata Interior Health. Dua dalam kondisi serius dan dua mengalami luka yang tidak mengancam jiwa.

"Meskipun jumlah pasien yang tersisa di rumah sakit rendah, ini adalah insiden yang mengubah hidup semua yang terlibat, mulai dari luka fisik awal hingga dampak emosional dan spiritual dari insiden seperti ini," kata otoritas kesehatan. "Doa kami bersama keluarga dan pasien, serta banyak responden pertama di tempat kejadian, yang terkena dampak insiden tragis ini."

"Terima kasih kami yang sebesar-besarnya kepada banyak staf Kesehatan Dalam Negeri dan dokter yang sudah bekerja atau yang datang ke rumah sakit untuk membantu merawat sejumlah besar pasien yang membutuhkan perawatan segera."

Menurut laporan BBC, kecelakaan bus antarkota di Provinsi British Columbia, Kanada yang terjadi di dekat Kota Merritt, saat suhu turun menjadi -3,9 derajat Celcius pada hari Sabtu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perusahaan Bus Kooperatif

John Stepovy, direktur Ebus mengkonfirmasi kepada CTV News bahwa kecelakaan itu melibatkan salah satu bus perusahaannya dan ada 52 penumpang plus seorang sopir bus laki-laki di dalamnya.

"Kami akan melakukan semua yang kami bisa dan kami di sini untuk menjawab pertanyaan dan membantu," kata Stepovy melalui telepon. "Kami akan melakukan apa pun yang kami bisa untuk membawa (penumpang) kembali ke rumah dan terhubung kembali dengan orang yang mereka cintai."

Stepovy mengatakan layanan Hari Natal telah ditangguhkan karena "kondisi yang memburuk" dan perusahaan bekerja sama dengan investigasi RCMP atas kecelakaan tersebut.

Dia tidak mengatakan apa yang menyebabkan kecelakaan itu, tetapi terlepas dari kondisinya, jalan raya terbuka pada saat kecelakaan itu terjadi.

Gambar dari tempat kejadian tampak menunjukkan salju atau es di jalan raya pada Sabtu malam.

 

3 dari 4 halaman

Ambulans Bencana

Troy Clifford, presiden Ambulans Paramedis B.C. mengatakan sejumlah "signifikan" kendaraan ambulans menanggapi insiden tersebut.

"Kebanyakan dari mereka datang dari Kelowna atau daerah Okanagan Tengah, Kelowna Barat, Peachland, hingga Penticton," kata Clifford. "Kemudian di sisi lain dari Merritt, Danau Logan."

Dia mengatakan "ambulans bencana" juga hadir di tempat kejadian.

"Kami memiliki apa yang disebut kendaraan pendukung insiden korban massal, jadi itu adalah ambulans yang memiliki banyak tandu," imbuh Clifford. "Kami menempatkan mereka secara strategis di sekitar provinsi untuk kejadian malang seperti ini yang terjadi."

Polisi Kanada mengatakan kecelakaan itu memaksa penutupan jalan raya 97C, Okanagan Connector, di kedua arah dekat Merritt. Jalan dibuka kembali pagi Natal.

Interior Health men-tweet bahwa jalur informasi telah disiapkan bagi keluarga untuk mengetahui rumah sakit mana yang telah dikirim ke orang yang mereka cintai.

 

4 dari 4 halaman

Dukacita

Premier David Eby, Menteri Keamanan Publik Mike Farnworth, Menteri Kesehatan Adrian Dix dan Menteri Perhubungan Rob Fleming merilis pernyataan bersama yang mengatakan mereka "terkejut dan sedih" mengetahui kecelakaan itu.

"Pikiran kami bersama mereka yang terkena dampak kecelakaan itu, orang yang mereka cintai, dan para responden pertama serta petugas kesehatan memberikan segalanya untuk merawat orang dan menjaga mereka tetap aman," kata pernyataan itu.

Menurut laporan BBC, Premier David Eby mengatakan dia "terkejut dan sedih" mendengar insiden "serius".

Sebelumnya, pernyataan cuaca khusus yang dikeluarkan pada hari Sabtu pukul 16:24 (12:24 GMT) memperingatkan kondisi perjalanan yang "menantang" di Okanagan Connector karena salju tebal, butiran es, dan hujan yang membekukan.

Semua layanan kereta api antara dua kota terbesar Kanada, Toronto dan Montreal, telah dibatalkan untuk Hari Natal setelah kereta tergelincir dalam kondisi cuaca buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.