Sukses

10 Hal yang Bertahan Lebih Lama dari Masa Jabatan Liz Truss sebagai PM Inggris

Liputan6.com, London - Liz Truss baru saja mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Inggris, setelah 44 hari yang kacau. Dia kehilangan kepercayaan dari para kolega separtainya dan memicu gejolak krisi ekonomi. Dia menjadi perdana menteri terpendek dalam sejarah Inggris, mengalahkan pendahulunya, George Canning yang meninggal pada 1827 setelah 119 hari berkuasa.

Berbicara dari podium di luar Downing Street, Kamis 20 Oktober, PM Truss mengumumkan, dia telah memberi tahu Raja Charless bahwa dia mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif. Alasannya, dia menyadari bahwa dia "tidak dapat mengemban mandat" yang diberikan parlemen Tory kepadanya enam minggu lalu.

Rekor periode singkat Liz Truss sebagai PM Inggris ini telah mendorong banyak pengguna sosial media membuat meme perbandingan dengan kejadian-kejadian yang berlangsung 'lebih lama' dari masa jabatan Liz Truss. Berikut 10 di antaranya:

1. Kontestan Kompetisi dalam Reality Show

Just May, 'sang peniru Geri Halliwell' dalam RuPaul's Drag Race UK Season 4, mengaku, bahkan para kontestan Drag Race bertahan lebih lama di acara hiburan BBC daripada masa kekuasaan PM Truss.

Ratu imitasi itu menulis cuitan di Twitter: "Saya bertahan lebih lama di @dragraceukbbc daripada Liz Truss sebagai PM..."

Sementara itu, bintang reality TV Ekinsu Cülcüloğlu menghabiskan delapan minggu atau 56 hari di Vila ITV2 Love Island pada musim panas ini. Dia dinobatkan sebagai pemenang bersama pacarnya Davide Sanclimenti.

Duo ikonik Jedward juga menulis tweet: "Kami bertahan lebih lama di Xfactor daripada Liz truss sebagai Perdana Menteri!"

2. Pencarian Pengganti Liz Truss Bahkan Lebih Lama dari Masa Jabatannya Sendiri

Bahkan balapan pencarian pengganti dalam kepemimpinan Partai Konservatif berlangsung lebih lama dari jabatan PM Truss.

Setelah pengunduran diri Boris Johnson pada Juli, pemilihan diadakan antara 12 Juli hingga 5 September. Ini berlangsung 10 hari lebih lama dari masa jabatan Truss.

Setelah itu, pencarian pengganti mantan kanselir Rishi Sunak berada di tempat kedua.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Lebih Pendek dari Pernikahan Singkat Kim Kardashian

3. Big Sam

Sam Allardyce atau Big Sam, berada di posisi atas sebagai manajer Inggris yang bertahan lebih lama dari masa Truss berkuasa, selama 67 hari.

Mantan pemain sepak bola profesional itu telah dikritik karena dugaan korupsi dan telah dua kali menjadi subyek investigasi media.

Setelah penyelidikan oleh Daily Telegraph, Big Sam mengundurkan diri sebagai manajer Inggris dalam kesepakatan bersama dengan Football Association pada 27 September 2016.

4. Pernikahan Kedua Kim Kardashian

Pada 2011, delapan tahun setelah perceraian pertamanya, Kim berjalan di altar pernikahan dengan Kris Humphries, yang saat itu adalah pemain bola basket.

Pernikahan glamor itu disiarkan di reality show Keeping Up with the Kardashians. Namun, mereka berpisah setelah 72 hari berikutnya.

5. Garansi Pengembalian B&Q

Toko peralatan rumah tangga dan DIY B&Q menawarkan kebijakan pengembalian yang murah hati, lebih lama dari 44 hari.

Situs web mereka menyatakan: "Jika Anda berubah pikiran, Anda dapat mengembalikan produk B&Q dalam kondisi aslinya, paling lambat 90 hari. Cukup bawa tanda terima, konfirmasi pesanan, atau faktur penjualan Anda."

Ini hampir sama dengan monopoli tahunan McDonald's, yang tahun ini berlangsung antara 7 September hingga 17 Oktober, hanya beberapa hari lebih awal dari Truss.

 

3 dari 4 halaman

Bahkan House of Dragon Episode 10 Belum Tayang

6. House of Dragon Season 1

Prekuel Game of Thrones ini bahkan belum selesai, melampaui jabatan perdana Truss juga. Padahal serial ini mendarat di layar sebelum Truss diangkat sebagai PM (6 September 2022).

Serial panjang 10 episode itu diluncurkan pada 21 Agustus, dengan episode baru dirilis setiap hari Senin. Episode terakhirnya akan tayang Minggu ini.

7. Pembuatan Paspor Inggris

Proses mendapatkan paspor Inggris yang baru juga lebih lama. Pemerintah memperingatkan waktu tunggu hingga 10 minggu, setara dengan 70 hari.

8. Gempa bumi di Turki

Saat musim panas 2016, gempa bumi besar melanda Turki Barat Laut dan meskipun berlangsung selama 50 hari, tidak ada satu jiwa pun yang merasakannya.

Menurut sebuah studi di Earth and Planetary Science Letters, gempa itu adalah jenis gempa yang sangat aneh yang dikenal sebagai peristiwa slow slip.

 

 

4 dari 4 halaman

Meme Live Stream Selada Daily Star

9. Atraksi David Blane dakam Kotak

Pesulap Amerika David Blaine menghabiskan 44 hari digantung di kotak kaca di tepi Sungai Thames di London tanpa makanan.

Pada hari dia keluar, dia menangis ketika dia memberi tahu orang banyak yang menunggu: "Ini adalah salah satu pengalaman terpenting dalam hidup saya."

Pesulap itu menceritakan penderitaannya di dalam kotak, mulai dari jantung berdebar-debar yang parah, penglihatan kabur, hingga kesulitan bernapas.

Puasanya yang menyakitkan berlangsung dalam kurun waktu yang sama seperti masa jabatan Truss.

10. The Daily Star Lettuce

Selada Daily Star 'bersimpati' dengan hati dan meme orang-orang yang sedang merayakan kemenangannya.

Sayuran yang 'ramah' seharga 60 poundsterling (sekitar Rp1 juta) dari supermarket itu dikeluarkan dari lemari es dan masih berhasil mengalahkan Truss.

Selama 'masa hidupnya', selada itu terlihat makan Greggs, menyeruput teh, dan roti.

Dikutip dari laman The Guardian, Jumat (21/10/2022), Delapan hari yang lalu, Daily Star memasang webcam pada selada itu untuk melihat apakah selada itu memiliki masa simpan yang lebih lama daripada perdana menteri. Berhubung Truss menyerah kemarin, selada ini menang.

 

Penulis: Safinatun Nikmah

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS