Sukses

HEADLINE: Drama Liz Truss Jadi PM Inggris Tersingkat Sepanjang Sejarah, Gejolak Politik Berlanjut?

Langkah besar pertama Liz Truss sebagai PM Inggris adalah melakukan perombakan anggaran. Namun, langkah itulah yang akhirnya membuat Liz Truss mengundurkan diri dari jabatannya.

Liputan6.com, London - "Saya tidak dapat melaksanakan mandat ketika dipilih oleh Partai Konservatif. Oleh karena itu saya telah berbicara dengan Yang Mulia Raja untuk memberitahukan kepadanya bahwa saya mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif."

Pernyataan pengunduran diri Liz Truss dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Inggris itu disampaikan bertepatan pada hari ke-45 ia menjabat. Menjadikannya sebagai perdana menteri dengan masa jabatan paling singkat sepanjang sejarah Inggris.

Dalam pidato pengunduran dirinya, Truss mengaku dirinya mulai menjabat pada saat Inggris dihadapkan dengan ketidakstabilan ekonomi dan situasi internasional yang hebat. "Banyak keluarga dan pelaku bisnis khawatir bagaimana membayar tagihan. Perang yang dilakukan Putin di Ukraina mengancam keamanan seluruh dunia. Dan negara kita sudah terlalu lama tertahan oleh pertumbuhan ekonomi yang rendah."

Ia mengatakan telah dipilih sebagai PM Inggris oleh Partai Konservatif dengan mandat untuk mengubah semua ketidakstabilan itu. Ia pun melakukan tagihan energi dan pemotongan asuransi nasional dan menetapkan visi untuk ekonomi lewat pajak yang memanfaatkan situasi usai Brexit.

Namun ia menyadari upayanya itu ternyata belum dapat memenuhi mandat para pemilihnya, sehingga ia memilih untuk mengundurkan diri. "Saya akan tetap menjalankan tugas sebagai perdana menteri sampai pengganti saya dipilih," kata Truss.

Langkah besar pertama Liz Truss sebagai PM Inggris adalah melakukan perombakan anggaran. Namun, langkah itulah yang akhirnya malah menimbulkan malapetaka.

Saat melakukan perombakan anggaran, Menteri keuangan dan teman terdekat Truss dalam politik, Kwasi Kwarteng, mengungkap rencana besar untuk melepaskan Inggris dari resesi, yang mencakup sejumlah pemotongan pajak yang akan didanai oleh pinjaman pemerintah yang lebih tinggi.

Rencana tersebut merupakan pertaruhan besar – pemotongan pajak terbesar dalam 50 tahun, tanpa rencana yang jelas tentang cara membayarnya. 

Biasanya, laporan fiskal besar di Inggris diaudit secara independen oleh Office for Budget Responsibility. Tapi Kwarteng mengatakan tidak ada waktu untuk audit semacam itu, itu merupakan sebuah langkah yang mengejutkan pasar keuangan dan membuat poundsterling jatuh.

Truss kemudian membela aturan pemotongan pajak kontroversial pemerintahnya dalam sebuah wawancara eksklusif dengan CNN's Jake Tapper. Dia mengatakan, dengan memotong pajak, pemerintahnya "mendorong bisnis untuk berinvestasi dan kami juga membantu orang biasa dengan pajak mereka."

Namun ternyata harga obligasi di Inggris kemudian runtuh, biaya pinjaman melonjak, memicu kekacauan di pasar hipotek, dan mendorong dana pensiun ke ambang kebangkrutan.

Pengamat Hubungan Internasional Universitas Padjajaran Teuku Rezasyah menduga beban psikologis sebagai perdana menteri Inggris sangatlah luar biasa, dan tentu berada di luar perkiraan Liz Truss.

"Masalah dalam negeri seperti krisis ekonomi dan moneter, rendahnya produktifitas, menurunnya kepercayaan publik, serta rapuhnya keamanan energi menjelang natal di bulan Desember, tak kunjung terselesaikan," katanya ketika dihubungi Liputan6.com, Jumat (21/10/2022).

Di saat yang sama, sambungnya, Inggris tidak berdaya untuk menghadapi tekanan dari AS untuk bersikap keras kepada Rusia. Namun di sisi lain, Rusia terus mengancam menghentikan suplai gas, serta ancaman nuklir berskala kecil.

Apakah ada kaitannya antara kekacauan yang terjadi di Inggris dengan kepergian Ratu Elizabeth II? Rezasyah pun mengiyakan. "Memang wafatnya Ratu Elizabeth II menimbulkan masalah baru. Seperti hilangnya simbol pemersatu bangsa saat krisis ekonomi, dan sumber inspirasi dan keteladanan, saat bangsa Inggris berjuang mengupayakan inovasi dan kreatifitas." 

Menurutnya, untuk jangka pendek, Inggris memang sedang menghadapi kemunduran. "Namun berbekal pengalaman mengelola dunia, serta keunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, Inggris akan cepat bangkit," ungkap Rezasyah.

Sementara itu, Peter Westmacott, Mantan Pejabat di Europe Center dan Mantan Dubes Inggris untuk Amerika Serikat menyatakan situasi yang dilahirkan Truss adalah bentuk penghinaan untuk Inggris dan demokrasi.

"Liz Truss berharap dapat bertahan sampai Menteri Keuangan Jeremy Hunt mengeluarkan rencana fiskal jangka menengahnya pada 31 Oktober. Kekacauan politik Rabu kemarin membuat hal itu mustahil. Liz Truss dengan demikian menjadi perdana menteri Inggris dengan masa jabatan terpendek yang pernah ada," kata Peter Westmacott.

"Partai Buruh sekaligus oposisi menyerukan pemilihan umum dini, dengan alasan siapa pun yang memerintah Inggris membutuhkan mandat demokrasi. Partai Konservatif, yang masih memiliki mayoritas 71 kursi di House of Commons, tidak mungkin setuju karena jajak pendapat sangat mendukung Partai Buruh," tambahnya.

Sedangkan Frances Burwell yang merupakan Direktur Senior di McLarty Associates menyebut pengunduran diri Liz Truss dan dimulainya kontes kepemimpinan baru membuat Inggris seakan-akan melanjutkan devolusinya untuk menjadi mitra yang kurang relevan bagi Amerika Serikat dan sekutu Eropanya.

"Sejak referendum Brexit tahun 2016 -- bahkan sejak pengumuman Perdana Menteri David Cameron tentang referendum tersebut pada 2013 -- politik Inggris didorong oleh perang saudara di dalam Partai Konservatif. Mereka yang berargumen akan 'mengambil kembali' Inggris dari Eropa tidak pernah menyusun strategi sukses sebagai pemain ekonomi global, tetapi sebaliknya malah membangun hambatan dengan mitra ekonomi terbesar Inggris," kata Burwell.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah menyatakan terima kasihnya kepada Truss atas kemitraannya dan telah menegaskan kembali keyakinannya pada kelanjutan hubungan AS-Inggris. Namun Frances Burwell menilai, di koridor Gedung Putih, para pejabat pasti bertanya-tanya berapa lama lagi drama Inggris ini akan berlanjut dan apa kontribusi Inggris untuk memenuhi tantangan geopolitik saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Calon Kuat PM Baru Inggris

Pemilihan PM baru Inggris akan dilakukan pada pekan depan. Graham Brady, pejabat Konservatif yang bertanggung jawab atas proses pemilihan PM baru, mengumumkan kandidat untuk menggantikan Liz Truss akan membutuhkan setidaknya 100 nominasi dari anggota parlemen Konservatif.

Jika lebih dari satu kandidat memenuhi ambang batas itu, mereka akan diajukan ke anggota Konservatif dalam pemungutan suara online. Perdana menteri baru akan diumumkan pada Jumat 28 Oktober.

Pemimpin baru tersebut akan menjadi perdana menteri Konservatif kelima dalam kurun waktu enam tahun – dan yang ketiga dalam masa jabatan parlementer ini. Tapi siapa yang mungkin menjadi pemimpin berikutnya?

Berikut beberapa calon utama pengganti Liz Truss seperti dikutip dari CNN, Jumat (21/10/2022):

1. Rishi Sunak

Sunak telah terbukti menjadi semacam peramal dari kehancuran pemerintah, karena banyak prediksi yang dia buat selama kepemimpinan musim panas ini tentang rencana ekonomi Liz Truss menjadi kenyataan.

Mantan Menteri Keuangan (menteri keuangan) Inggris ini memperingatkan bahwa pemotongan pajak Truss yang tidak didanai akan menyebabkan penurunan nilai sterling, kepanikan di pasar obligasi dan kekhawatiran dari Dana Moneter Internasional. Mungkin bahkan dia akan terkejut dengan kecepatan yang terbukti benar.

2. Penny Mordaunt

Mordaunt berada di urutan ketiga dalam pemilihan kepemimpinan terakhir, nyaris gagal ditempatkan di hadapan para anggota. Dengan 105 suara dari anggota parlemen dalam pemilihan terakhir, dia juga diperkirakan bakal menghapus ambang batas baru.

Dia diperkirakan tampil baik di antara keanggotaan partai, sebagian karena kredensial militernya. Mordaunt adalah seorang cadangan Angkatan Laut Kerajaan dan menjabat sebagai Menteri Luar Negeri untuk Pertahanan.

Seperti Sunak, dia berasal dari sayap partai yang lebih moderat. Bahkan ada pembicaraan di antara anggota parlemen dari keduanya yang membentuk tiket "tim impian", meskipun ini belum terwujud - dan tidak jelas apakah salah satu dari mereka akan menerima menjadi kanselir untuk mengambil posisi teratas.

3. Kemi Badenoch

Badenoch berada di urutan keempat dalam pemilihan kepemimpinan musim panas ini – hanya mengamankan 59 suara dari anggota parlemen – tetapi secara konsisten dinilai oleh lembaga survei sebagai favorit di antara anggota akar rumput Konservatif.

Salah satu anggota parlemen yang lebih muda dalam pencalonan, Badenoch dengan cepat memenangkan dukungan dari grandee Tory Michael Gove, yang memujinya sebagai "bakat luar biasa" di partai. Badenoch berasal dari sayap kanan Partai Konservative (Tory) – dan dalam tawaran kepemimpinan sebelumnya menyarankan bahwa target iklim pemerintah mungkin terbukti terlalu mahal.

4. Boris Johnson

Anggota parlemen yang mendukung Johnson saat menjadi PM Inggris pada 2019 mengatakan, Boris Johnson adalah satu-satunya kandidat yang dapat dengan nyaman memenangkan anggota parlemen Konservatif dan anggota Partai Konservatif.

Sekutu terdekat Johnson mengatakan mereka sadar dia sedang aktif melobi dalam beberapa jam setelah pidato pengunduran diri Truss, membuat posisinya agar mewakili upaya terbaik partai untuk stabilitas dalam jangka menengah.

5. Grant Shapps

Truss mengangkat Grant Shapps menjadi menteri dalam negeri - meskipun tidak menawarkan dia peran menteri apa pun ketika dia pertama kali menjabat.

Shapps menjabat sebagai sekretaris transportasi di bawah Boris Johnson. Dia mengajukan diri untuk menggantikannya dalam pemilihan kepemimpinan sebelumnya – hanya untuk mundur dari pemilihan tiga hari kemudian, setelah gagal mengamankan 20 suara anggota parlemen yang diperlukan untuk melanjutkan ke putaran berikutnya.

3 dari 4 halaman

PM Inggris Tersingkat dalam Sejarah

Perdana Menteri Inggris Liz Truss mengumumkan mundur dari jabatannya pada Kamis 20 Oktober 2022. Padahal, ia baru menjabat selama 45 hari.

Liz Truss pun menjadi perdana menteri Inggris dengan masa jabatan paling singkat dalam sejarah. Rekor itu sebelumnya dipegang George Canning yang meninggal pada 1827 ketika baru menjabat 119 hari. 

Pada 100 tahun terakhir, PM Inggris lainnya yang menjabat secara singkat adalah Sir Alec Douglas-Home. Ia menjabat kurang dari setahun pada 19 October 1963 hingga 16 October 1964. Namun, ia sempat kembali menjabat sebagai menteri luar negeri pada 1970.

Sebelum Douglas-Home, ada nama Sir Anthony Eden yang menjabat pada 6 April 1955 hingga 9 January 1957. Kondisi kesehatan Eden dilaporkan memburuk ketika menjabat dan ia didera Krisis Terusan Suez.

Liz Truss mundur karena gejolak di Partai Konservatif. Ketika baru dilantik, Truss sempat membuat kontroversi karena kebijakan pemangkasan pajak yang tidak populer. 

Liz Truss mengumumkan rencana kemundurannya di depan kantor PM di Downing Street. Liz Truss menyorot bahwa ia menjabat di tengah masalah ekonomi dan invasi Rusia. Ia mengakui telah gagal memenuhi target kebijakannya.

"Saya maka dari itu telah bicara pada Yang Mulia Raja untuk memberitahunya bahwa saya mundur sebagai pemimpin Partai Konservatif," ujar Liz Truss.

Liz Truss baru bekerja selama 45 hari. Ia dilantik pada 6 September 2022 dan merupakan perdana menteri terakhir yang bertemu Ratu Elizabeth II. Selanjutnya, perdana menteri akan direstui oleh Raja Charles III.

Mundurnya Liz Truss sebagai pemimpin partai berkuasa otomatis membuatnya lengser sebagai perdana menteri. Pekan depan, Partai Konservatif akan kembali mengadakan pemilihan pemimpin. Sebelumnya, Liz Truss merupakan menteri luar negeri di kabinet Boris Johnson.  

Liz Truss itu menjadi PM setelah mengalahkan pemilihan pemimpin Partai Konservatif. Liz Truss mengalahkan mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak. 

Liz Truss adalah PM Inggris wanita yang ketiga dalam sejarah setelah Margaret Thatcher (The Iron Lady) dan Theresa May. Mereka bertiga berasal dari Partai Konservatif. 

Margaret Thatcher yang mulai menjabat di tahun 1970-an merupakan PM Inggris dengan masa jabatan terlama pada abad ke-20. Kini, Truss menjadi yang paling sebentar. 

Liz Truss masih akan memegang jabatan sebagai perdana menteri hingga ada ketua baru Partai Konservatif yang nantinya akan menjadi perdana menteri. Saat ini, Partai Konservatif adalah partai berkuasa di Inggris. Partai itu telah berkuasa sejak 2010.

4 dari 4 halaman

Kronologi Mundurnya Liz Truss

Kronologi mundurnya Liz Truss sebagai perdana menteri dengan masa jabatan terpendek di Inggris. 

5 September: Truss menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris

Truss dinyatakan sebagai pemenang dari Partai Konservatif pada 5 September setelah pendahulunya, Boris Johnson, dipaksa mundur menyusul serangkaian skandal etika.

Pertandanya tidak baik. Negara ini menghadapi ekonomi yang kurang baik, krisis biaya hidup yang melonjak, dan layanan kesehatan yang runtuh. Truss, yang menjabat sebagai menteri luar negeri di pemerintahan Johnson, juga menghadapi tantangan diplomatik besar dalam menghadapi perang Rusia di Ukraina.

Dalam pidato pertamanya sebagai perdana menteri, di Downing Street pada 6 September, dia memberi tahu negara itu bahwa “bersama-sama kita bisa keluar dari badai.”

Dia mengatakan prioritasnya termasuk mengatasi melonjaknya harga energi, meningkatkan keamanan energi Inggris dan memperbaiki Layanan Kesehatan Nasional.

8 September: Ratu Elizabeth II meninggal dunia

Hanya dua hari dalam jabatan perdana menteri Truss, Ratu Elizabeth II meninggal pada usia 96, sehingga negara itu masuk ke dalam masa berkabung nasional.

Truss memberikan penghormatan kepada Ratu sebagai simbol stabilitas yang memerintah melalui krisis, tragedi, skandal politik, pandemi dan resesi.

"Ratu Elizabeth II adalah batu di mana Inggris modern dibangun," kata perdana menteri Liz Truss. 

"Negara kita telah tumbuh dan berkembang di bawah pemerintahannya."

23 September: Perombakan anggaran yang membawa malapetaka

Ini langkah besar pertama Liz Truss sebagai perdana menteri. Menteri keuangan dan teman terdekatnya dalam politik, Kwasi Kwarteng, mengungkap rencana besar untuk melepaskan negara dari resesi, yang mencakup sejumlah pemotongan pajak yang akan didanai oleh pinjaman pemerintah yang lebih tinggi.

Rencana tersebut merupakan pertaruhan besar – pemotongan pajak terbesar dalam 50 tahun, tanpa rencana yang jelas tentang cara membayarnya. 

Biasanya, laporan fiskal besar di Inggris diaudit secara independen oleh Office for Budget Responsibility. Tapi Kwarteng mengatakan tidak ada waktu untuk audit semacam itu, itu merupakan sebuah langkah yang mengejutkan pasar keuangan dan membuat poundsterling jatuh.

Perdana menteri kemudian membela aturan pemotongan pajak kontroversial pemerintahnya dalam sebuah wawancara eksklusif dengan CNN's Jake Tapper.

Dia mengatakan bahwa dengan memotong pajak, pemerintahnya "mendorong bisnis untuk berinvestasi dan kami juga membantu orang biasa dengan pajak mereka."

Harga obligasi kemudian runtuh, mengirim biaya pinjaman melonjak, memicu kekacauan di pasar hipotek dan mendorong dana pensiun ke ambang kebangkrutan.

14 Oktober: Liz Truss melengserkan Kwasi  Kwarteng

Gejolak ekonomi dan prospek tingkat hipotek yang lebih tinggi memaksa Truss untuk mundur dari komponen kunci dari rencana keuangannya.

Setelah membatalkan rencananya untuk memangkas tarif pajak penghasilan tertinggi, dia memecat Kwarteng pada bulan Oktober dalam upaya putus asa untuk menyelamatkan posisinya.

"Memang benar, dalam menghadapi masalah yang kami miliki, saya bertindak tegas untuk memastikan bahwa kami memiliki stabilitas ekonomi," kata Truss.

Dalam sebuah surat yang diposting di Twitter, Kwarteng mengatakan dia setuju untuk mundur atas perintah Truss.

Truss menunjuk mantan menteri luar negeri Jeremy Hunt sebagai pengganti Kwarteng, menjadikannya menteri keuangan keempat Inggris hanya dalam waktu tiga bulan.

17 Oktober: Hunt membuang rencana fiskal Truss

Baru tiga hari bekerja, Hunt mengatakan dia akan membatalkan "hampir semua" tindakan pajak yang diumumkan oleh pendahulunya, dalam upaya untuk menenangkan pasar yang ketakutan dan memulihkan kredibilitas pemerintah.

Pemotongan yang diusulkan untuk tarif dasar pajak penghasilan mulai April 2023 ditunda "tanpa batas waktu." Dan sementara pemerintah mengatakan masih akan menjamin harga energi untuk rumah tangga dan bisnis selama musim dingin ini, pemerintah tidak akan berkomitmen untuk membatasi harga di luar musim semi berikutnya.

Langkah-langkah tersebut sama dengan menghancurkan "rencana pertumbuhan" andalan Truss dan meninggalkannya dalam posisi politik yang berbahaya.

Sementara investor menunjukkan dukungan untuk rencana baru Hunt, oposisi Partai Buruh tidak ditenangkan.

"Semua pernyataan Rektor menggarisbawahi bahwa kerusakan telah terjadi," tweet anggota parlemen Rachel Reeves .

19 Oktober: Mendagri Inggris mundur

Sehari sebelum Liz Truss mundur, Suella Braverman yang merupakan Menteri Dalam Negeri dalam kabinet pemerintahannya lebih dahulu angkat kaki.

Suella Braverman mundur padahal baru menjabat selama 43 hari. Suella Braverman mengundurkan diri dari jabatannya pada Rabu 19 Oktober waktu setempat.

Pengunduran diri Braverman dilakukan gara-gara ia membagikan dokumen resmi dari email pribadinya. Braverman merupakan sosok eksentrik dari sayap kanan Partai Konservatif yang berkuasa.

Dalam surat pengunduran diri kepada PM Liz Truss yang diunggah di Twitter, Braverman menulis bahwa sebelumnya dia mengirim dokumen resmi dari email pribadinya ke kolega parlemen yang terpercaya. "Ini merupakan pelanggaran teknis terhadap aturan. Namun, saya harus pergi," kata dia, seperti dikutip dari Anadolu, Kamis (20/10/2022).

"Sebagai menteri dalam negeri, saya memegang standar tertinggi dan pengunduran diri saya adalah hal yang benar untuk dilakukan. Urusan pemerintah bergantung pada orang-orang yang bertanggung jawab atas kesalahan mereka," imbuhnya.

Namun, Braverman kemudian berkomentar mengenai pemerintahan Truss. "Kita sedang melalui masa yang penuh gejolak. Saya khawatir tentang arah pemerintah ini."

20 Oktober: Liz Truss mengundurkan diri

Setelah enam minggu yang kacau balau di Downing Street, Truss mengumumkan pengunduran dirinya.

"Saya mengakui meskipun dalam situasi saya tidak dapat menyampaikan mandat yang saya pilih oleh Partai Konservatif," katanya.

Truss mengatakan dia telah mengajukan pengunduran dirinya kepada Raja, dan pemilihan kepemimpinan akan berlangsung dalam waktu seminggu. Dia akan tetap menjadi perdana menteri Inggris sampai penggantinya dipilih.

Masa jabatan yang cepat sebagai perdana menteri mendorong seruan untuk pemilihan umum dini di Inggris.

"Setelah 12 tahun kegagalan Tory, rakyat Inggris layak mendapatkan jauh lebih baik daripada pintu putar kekacauan ini," kata pemimpin Partai Buruh Keir Starmer setelah Truss mengumumkan dia akan mengundurkan diri. 

"Kita membutuhkan pemilihan umum, sekarang."

Tetapi pemilihan baru bukanlah kepastian sebelum 2025, bahkan ketika Inggris mempersiapkan pemimpin kelimanya hanya dalam waktu enam tahun - dan yang ketiga sejak pemungutan suara terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.