Sukses

Joe Biden Sebut Liz Truss Sosok PM Inggris Sebagai Mitra yang Baik, Tak Khawatir Kelimpahan Krisis

Presiden AS Joe Biden menanggapi pengunduran diri Liz Truss sebagai PM Inggris.

Liputan6.com, New York - Perdana Menteri Inggris Liz Truss mundur dari jabatannya pada Kamis 20 Oktober 2022, setelah enam pekan lebih sedikit mengemban tugas di posisi tersebut. Krisis ekonomi di negarany pun belum berhasil dia taklukan.

Liz Truss yang kini berusia 47 tahun, terpaksa mundur setelah rencana stimulus ekonomi yang disusunnya justru menyebabkan kekacauan ekonomi dan politik, sekaligus membuatnya kehilangan dukungan partainya sendiri, Partai Konservatif.

Menanggapi pengunduran diri Liz Truss, Presiden AS Joe Biden mengaku dirinya tidak khawatir limpahan krisis ekonomi di Inggris akan berdampak pada AS.

"Ia (Truss) adalah mitra yang baik," kata Biden kepada wartawan seperti dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (21/11/2022).

Dalam sebuah pernyataan tertulis dari Gedung Putih, Biden menggambarkan Inggris sebagai sekutu yang kuat dan berterima kasih kepada Truss atas "kemitraannya dalam berbagai isu, termasuk menuntut pertanggungjawaban Rusia atas perangnya melawan Ukraina."

Kami akan melanjutkan kerja sama erat kami dengan pemerintah Inggris seiring kerja sama kami dalam menghadapi tantangan global yang dihadapi negara kami, bunyi pernyataan itu.

Liz Truss mundur dari jabatan perdana menteri Inggris. Siapa yang mungkin menggantikannya?

Sebuah kontes kepemimpinan baru akan berlangsung dalam waktu seminggu, Liz Truss mengatakan dalam pidato pengunduran dirinya di luar Downing Street pada Kamis 20 Oktober 2022.

Graham Brady, pejabat Konservatif yang bertanggung jawab atas proses tersebut, mengumumkan kandidat untuk menggantikan Truss akan membutuhkan setidaknya 100 nominasi dari anggota parlemen Konservatif.

Jika lebih dari satu kandidat memenuhi ambang batas itu, mereka akan diajukan ke anggota Konservatif dalam pemungutan suara online. Perdana menteri baru akan diumumkan pada Jumat 28 Oktober.

Pemimpin baru tersebut akan menjadi perdana menteri Konservatif kelima dalam kurun waktu enam tahun – dan yang ketiga dalam masa jabatan parlementer ini. Tapi siapa yang mungkin menjadi pemimpin berikutnya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Calon Kuat Pengganti Liz Truss Sebagai PM Inggris

Berikut beberapa calon utama pengganti Liz Truss seperti dikutip dari CNN, Jumat (21/10/2022):

1. Rishi Sunak

Sunak telah terbukti menjadi semacam peramal dari kehancuran pemerintah, karena banyak prediksi yang dia buat selama kepemimpinan musim panas ini tentang rencana ekonomi Liz Truss menjadi kenyataan.

Mantan Menteri Keuangan (menteri keuangan) Inggris ini memperingatkan bahwa pemotongan pajak Truss yang tidak didanai akan menyebabkan penurunan nilai sterling, kepanikan di pasar obligasi dan kekhawatiran dari Dana Moneter Internasional. Mungkin bahkan dia akan terkejut dengan kecepatan yang terbukti benar.

Sunak memiliki pengalaman memerangi krisis ekonomi, setelah membimbing Inggris melalui pandemi COVID-19.

2. Penny Mordaunt

Pemimpin House of Commons mungkin akan gladi bersih untuk menjadi perdana menteri minggu ini, setelah menggantikan Liz Truss yang absen dalam sebuah debat.

"Perdana menteri belum digantikan,” Mordaunt mengkonfirmasi Selasa – seolah mengangkat dirinya sendiri seperti halnya membantu PM.

Mordaunt berada di urutan ketiga dalam pemilihan kepemimpinan terakhir, nyaris gagal ditempatkan di hadapan para anggota. Dengan 105 suara dari anggota parlemen dalam pemilihan terakhir, dia juga diperkirakan bakal menghapus ambang batas baru.

3. Kemi Badenoch

Badenoch berada di urutan keempat dalam pemilihan kepemimpinan musim panas ini – hanya mengamankan 59 suara dari anggota parlemen – tetapi secara konsisten dinilai oleh lembaga survei sebagai favorit di antara anggota akar rumput Konservatif.

Salah satu anggota parlemen yang lebih muda dalam pencalonan, Badenoch dengan cepat memenangkan dukungan dari grandee Tory Michael Gove, yang memujinya sebagai "bakat luar biasa" di partai.

Badenoch berasal dari sayap kanan Partai Konservative (Tory) – dan dalam tawaran kepemimpinan sebelumnya menyarankan bahwa target iklim pemerintah mungkin terbukti terlalu mahal.

4. Boris Johnson

Beberapa sekutu telah menyatakan bahwa Johnson bisa menjadi kandidat persatuan yang dapat membawa stabilitas ke negara itu, meskipun faktanya dia mengundurkan diri secara memalukan hanya beberapa bulan yang lalu setelah serangkaian skandal muncul bersama, membuat posisinya tidak dapat dipertahankan.

Ketika ditanya oleh CNN bagaimana mereka dapat membenarkan Johnson menjadi PM lagi, seorang anggota parlemen yang berkampanye untuk Johnson dalam kampanye kepemimpinan 2019, mengatakan: "Sosialis akan menghancurkan ekonomi kita dan jika Anda tidak memahaminya, maka saya benar-benar takut akan masa depan kita."

5. Grant Shapps

Ini adalah tanda kekacauan hari-hari terakhir pemerintahan Truss bahwa dia mengangkat Grant Shapps menjadi menteri dalam negeri - meskipun tidak menawarkan dia peran menteri apa pun ketika dia pertama kali menjabat.

Shapps menjabat sebagai sekretaris transportasi di bawah Boris Johnson. Dia mengajukan diri untuk menggantikannya dalam pemilihan kepemimpinan sebelumnya – hanya untuk mundur dari pemilihan tiga hari kemudian, setelah gagal mengamankan 20 suara anggota parlemen yang diperlukan untuk melanjutkan ke putaran berikutnya.

Ambang batas baru kemungkinan akan terbukti terlalu tinggi untuk Shapps – tetapi kritiknya terhadap pemerintah Truss sejak awal mungkin telah memenangkan dukungan lebih banyak anggota parlemen daripada sebelumnya.

 

3 dari 4 halaman

Nama Lain yang Muncul Jadi Calon Pengganti Liz Truss

1. Suella Braverman

Pengunduran diri Suella Braverman sebagai menteri dalam negeri pada Rabu malam mungkin merupakan awal dari kemungkinan tawaran kepemimpinan. Mantan jaksa agung ini belum pernah mencalonkan diri sebelumnya – tetapi dengan sikap garis kerasnya tentang imigrasi, tampaknya akan menyeret partai lebih jauh ke kanan.

2. Tom Tugendhat

Tom Tugendhat muncul sebagai sosok favorit kejutan di antara anggota Partai Konservatif dan masyarakat luas, meskipun hanya berada di urutan kelima dalam pemilihan kepemimpinan terakhir. Karena tidak menjabat sebagai anggota kabinet sebelum kontes itu, Tugendhat menjauhkan diri dari kekacauan moral pemerintahan Johnson dan menjanjikan “awal yang bersih” untuk Inggris. Setelah bertugas di Irak dan Afghanistan, Tugendhat diangkat menjadi menteri keamanan oleh Truss.

3. Ben Wallace

Ben Wallace, sekretaris pertahanan dan mantan militer, diperkirakan akan menggantikan Johnson dalam kontes kepemimpinan terakhir - polling yang sangat baik di antara anggota Konservatif. Namun, dia tidak pernah mencalonkan diri dalam pemilihan itu, dan tidak jelas apakah posisinya akan berubah sejak saat itu.

4. Theresa May

Mantan perdana menteri Theresa May juga telah dilontarkan sebagai kandidat "persatuan" yang mungkin untuk menggantikan Truss. May mencoba menyatukan sayap-sayap yang bertikai dari partai Konservatif atas Brexit, dalam langkah yang akhirnya membuatnya digantikan oleh Boris Johnson. Karena partai tersebut telah terbukti tidak dapat menyelesaikan perselisihannya kali ini, upaya kompromi lain mungkin akan segera dilakukan.

4 dari 4 halaman

Kronologi Mundurnya Lizz Truss yang Baru Menjabat Jadi PM Inggris 45 Hari

Liz Truss menjabat jadi PM Inggris setelah kematian politik Boris Johnson.

Liz Truss kemudian berjanji untuk "melewati badai" krisis ekonomi Inggris. Lebih dari enam minggu kemudian, dia dilanda badai yang dia buat sendiri.

Dilansir CNN, Jumat (21/10/2022), itu adalah akhir yang memalukan dari jabatan perdana menteri yang penuh malapetaka, yang ditandai oleh kebijakan ekonomi yang gagal dan partai penguasa yang terpecah.

Berikut adalah kronologi mundurnya Liz Truss sebagai perdana menteri dengan masa jabatan terpendek di Inggris. 

5 September: Truss menjabat jadi Perdana Menteri

Truss dinyatakan sebagai pemenang dari Partai Konservatif pada 5 September setelah pendahulunya, Boris Johnson, dipaksa mundur menyusul serangkaian skandal etika.

Pertandanya tidak baik. Negara ini menghadapi ekonomi yang kurang baik, krisis biaya hidup yang melonjak, dan layanan kesehatan yang runtuh. Truss, yang menjabat sebagai menteri luar negeri di pemerintahan Johnson, juga menghadapi tantangan diplomatik besar dalam menghadapi perang Rusia di Ukraina.

Dalam pidato pertamanya sebagai perdana menteri, di Downing Street pada 6 September, dia memberi tahu negara itu bahwa “bersama-sama kita bisa keluar dari badai.”

Dia mengatakan prioritasnya termasuk mengatasi melonjaknya harga energi, meningkatkan keamanan energi Inggris dan memperbaiki Layanan Kesehatan Nasional.

8 September: Ratu Elizabeth II meninggal

Hanya dua hari dalam jabatan perdana menteri Truss, Ratu Elizabeth II meninggal pada usia 96, sehingga negara itu masuk ke dalam masa berkabung nasional.

Truss memberikan penghormatan kepada Ratu sebagai simbol stabilitas yang memerintah melalui krisis, tragedi, skandal politik, pandemi dan resesi.

"Ratu Elizabeth II adalah batu di mana Inggris modern dibangun," kata perdana menteri Liz Truss. 

"Negara kita telah tumbuh dan berkembang di bawah pemerintahannya."

Selengkapnya klik di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.