Sukses

Kembali Mewabah, Penyakit Kolera di Haiti Tewaskan 7 Orang

Pemerintah Haiti melaporkan kembalinya kasus penyakit kolera.

Liputan6.com, Port-au-Prince - Otoritas Haiti pada Minggu (2 Oktober) mengatakan sedikitnya tujuh orang telah meninggal karena kolera. Hal ini menandakan kembalinya penyakit tersebut, di saat yang bersamaan ketika negara itu dilumpuhkan oleh blokade geng yang telah memicu kekurangan bahan bakar dan air minum bersih. 

Dikutip Channel News Asia, Senin (3/9/2022), penyakit ini menewaskan sekitar 10.000 orang melalui wabah 2010 yang telah disalahkan pada pasukan penjaga perdamaian PBB. Organisasi Kesehatan Pan Amerika pada tahun 2020 mengatakan Haiti telah melewati satu tahun tanpa kasus kolera yang dikonfirmasi.

"Berdasarkan informasi yang kami peroleh, jumlah kematian sekitar 7 hingga 8 orang," kata Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Laure Adrien saat konferensi pers, seraya menambahkan bahwa para pejabat berjuang untuk mendapatkan informasi dari rumah sakit.

"Ada satu kematian di siang hari hari ini."

Kementerian Kesehatan sebelumnya mengkonfirmasi satu kasus di daerah Port-au-Prince dan bahwa ada kasus yang dicurigai di kota Cite Soleil di luar ibu kota, yang merupakan lokasi perang geng yang kejam pada bulan Juli.

Geng-geng sejak bulan lalu memblokir pelabuhan bahan bakar utama negara itu sebagai protes atas pengumuman kenaikan harga bahan bakar bulan lalu. Banyak rumah sakit telah menutup atau mengurangi operasinya karena kekurangan bahan bakar untuk pembangkit listrik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekurangan Air

Perusahaan Pembotolan Karibia, pemasok utama air kemasan, mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka tidak dapat lagi terus memproduksi dan mendistribusikan air karena kehabisan bahan bakar diesel, yang sangat penting untuk rantai pasokannya.

Kolera menyebabkan diare yang tidak terkontrol.

Penyakit ini biasanya menyebar melalui air yang terkontaminasi dengan kotoran orang yang sakit, yang berarti bahwa air minum yang bersih sangat penting untuk mencegah penyebarannya.

Sementara itu, pasukan dari Nepal, di mana kolera mewabah, berada di Haiti sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian PBB yang dibentuk pada 2004 setelah penggulingan Presiden Jean-Bertrand Aristide. Ukuran kekuatan meningkat setelah gempa 2010 Haiti.

3 dari 4 halaman

Sejarah Penyakit Kolera di Haiti

PBB pada tahun 2016 meminta maaf atas wabah tersebut, tanpa mengambil tanggung jawab.

Sebuah panel independen yang ditunjuk oleh Sekretaris Jenderal PBB saat itu Ban Ki Moon mengeluarkan laporan 2011 yang tidak menentukan secara meyakinkan bagaimana kolera diperkenalkan ke Haiti.

Anggota panel pada tahun 2013 secara independen menerbitkan sebuah artikel yang menyimpulkan personel yang terkait dengan misi penjaga perdamaian PBB adalah "sumber yang paling mungkin".

4 dari 4 halaman

Wabah Kolera Sebelumnya

Dalam kasus lain, sedikitnya 15 orang meninggal dunia dan sekitar 397 lainnya dirawat di rumah sakit pada tahun 2018 setelah wabah kolera menyebar di Sumbawanga, Tanzania Barat. 

Pada November tahun 2017, wabah lain kolera di wilayah itu merenggut tujuh nyawa. Wabah tersebut dapat dikendalikan pada Maret tahun ini.

Pada 2015, wabah besar kolera yang melanda negara Afrika Timur itu merenggut sebanyak 166 nyawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.