Sukses

Demi Penghormatan Terakhir ke Ratu Elizabeth II, Pelayat Rela Antre Hingga 16 Km

Sebelumnya pemerintah telah menekankan bahwa antrean orang-orang untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II akan terus mengular – dengan sedikit kesempatan untuk beristirahat atau duduk.

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis 8 September 2022 di usia 96 tahun. Sang ratu kemudian akan disemayamkan di Westminster Hall di London, mulai Rabu 14 September 2022 pukul 17.00 hingga pukul 06.30, pada hari pemakamannya Senin 19 September.

Sebelumnya pemerintah telah menekankan bahwa antrean orang-orang untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II akan terus mengular – dengan sedikit kesempatan untuk beristirahat atau duduk.

Antrean panjang mereka yang menunggu diperkirakan akan membentang melalui pusat kota London.

Salah satu warga yang mengantre untuk memberikan penghormatan terakhir untuk Ratu Elizabeth II, Joyce Dawson, 54, dari Middlesbrough, sedang menonton berita pada Selasa malam ketika dia memutuskan untuk melakukan kunjungan pertamanya ke London, demi melihat persemayaman kenegaraan sang Ratu.

"Saya mengirim pesan kepada putri saya dan berkata: 'Kita harus pergi ke London malam ini'," katanya. "Itu adalah hal yang mendadak."

Dia dan putrinya Shelby, 26, naik bus tengah malam dari Middlesbrough untuk bergabung dengan antrean pada pukul 8 pagi pada hari Rabu.

Dia adalah salah satu dari puluhan ribu orang yang berbondong-bondong ke ibu kota pada hari Rabu untuk kesempatan pertama melihat persemayaman kenegaraan Ratu di Westminster Hall.

Di negara yang terkenal dengan kesempurnaan mengantre dengan tertib, mereka mengantre selama beberapa detik di samping peti mati Ratu dan terbukti ketertibannya selama melihat persemayaman kenegaraan tersebut.

Pada pukul 17.00, ketika anggota masyarakat pertama masuk ke Westminster Hall, antrean mengular kembali melalui ibu kota sekitar 3 mil (5 km), menyeberangi Sungai Thames dan membentang hingga ke London Bridge.

Di luar Istana Westminster, sinar matahari pada awalnya memberikan suasana santai pada acara ini. Orang-orang datang dengan kursi, selimut dan tenda piknik, serta beberapa orang menyeruput minuman dari pub Red Lion.

Tetapi begitu peti mati tiba, begitu pula ketika barisan pertama melangkah masuk ke dalam Westminster Hall yang tenang, suasana hati muali berubah drastis.

Beberapa orang telah menunggu selama dua hari untuk momen ini, menahan hujan kemudian matahari, keamanan yang ketat dan lompatan antrean yang disetujui secara resmi oleh anggota parlemen.

Dalam keheningan penuh hormat, mereka menuruni tangga aula abad ke-11 untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Ratu, banyak yang masih mengenakan gelang kuning yang menandai tempat mereka dalam antrean.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melewati Peti Kurang dari 3 Menit

Setelah menunggu lama, mereka hanya membutuhkan waktu kurang dari tiga menit untuk melewati peti mati, yang diletakkan di atas catafalque berbalut kain ungu.

Beberapa orang menyilangkan tangan mereka. Sebagian besar membungkuk. Beberapa terlihat menyeka air matanya, tetapi sebagian besar berjalan dengan tabah melalui aula di atas karpet yang baru saja digelar.

Vanessa Nathakumaran adalah orang pertama dalam antrean. Warga London yang berusia 56 tahun, mulai mengantre pada pukul 11.30 pagi pada hari Senin, ia mengatakan bahwa dia mencoba untuk tidak menangis saat melihat pemandangan luar biasa yang menyentuh hatinya.

"Itu adalah pengalaman yang emosional. Saya berjuang menahan air mata saat saya mendekati peti mati dan saya berhasil memuliakan diri saya sendiri," katanya.

"Saya ingin melakukan sesuatu, jadi saya mengucapkan doa untuk Ratu, berterima kasih atas jasanya yang luar biasa dan mendoakan kedamaian dan istirahatnya." lanjutnya.

Sebagian besar orang melihat kembali peti mati itu sebelum mereka pergi, dan dengan patuh mengikuti instruksi untuk tetap tenang saat mereka berjalan melalui aula. Hanya satu isak tangis yang terdengar dalam setengah jam pertama dari suasana itu.

Lengan untuk menghibur diletakkan di sekitar bahu para pelayat yang berjuang menahan air matanya, sementara yang lain mencengkeram tangan dengan erat.

Ketika publik berjalan melewati peti mati, di satu sisi, anggota parlemen, rekan sejawat dan staf parlemen, yang tidak diharuskan mengantre, lewat di sisi lain (tidak perlu mengantre).

3 dari 4 halaman

Antrean Sejauh 16 Km

Antrean di luar terus bertambah saat malam tiba dan akan dibuka selama 24 jam sehari hingga pukul 6.30 pagi pada hari Senin (19/9/2022), sebelum pemakaman di hari itu.

Sebanyak tiga perempat juta orang diperkirakan akan melakukan perjalanan selama antre, dan sistem antrean memiliki jarak sejauh 10 mil (16 km) untuk berjalan.

Gelang bernomor dan berwarna diberikan kepada semua orang yang mengantre, yang bertujuan ketika mereka meninggalkan tempat mereka sebentar untuk makan atau menggunakan salah satu dari 500 toilet portabel yang ditempatkan di sepanjang rute.

Prosesi peti mati dari Istana Buckingham ke Westminster Hall juga menarik ribuan orang, yang mulai berbaris di Mall sejak pagi hari. Mereka berharap dapat melihat sekilas keluarga kerajaan yang berbaris serta peti jenazah yang membawa Ratu.

Kapasitas pengunjung yang berdiri di jalur tersebut mencapai lebih dari 40 menit sebelum pawai berangkat dan jalanan mulai ditutup.

Saat prosesi meninggalkan Istana Buckingham pada pukul 2.22 siang waktu setempat dan berjalan menuju Mall, anak-anak mulai duduk di pundak orang tua mereka, sementara yang lain membuka bangku untuk mendapatkan pemandangan terbaik.

Mereka yang tidak bisa melihat, mengangkat ponselnya seperti periskop untuk merekam bahwa mereka berada di sana.

Berikan komentar untuk BBC, Fergal Keane menyebut irama drum band yang memimpin prosesi itu sebagai "metronom kesedihan".

Tetapi beberapa orang di antara kerumunan itu mengedipkan air mata, banyak yang terlihat lebih tertarik daripada kecewa. Beberapa orang berlari ke depan setelah pawai melewati mereka untuk kedua kalinya.

Ketika peti mati Ratu tiba di luar Westminster Hall pada pukul 3 sore, kerumunan orang terdiam. Seorang wanita berteriak, "Tuhan memberkati Ratu," sementara beberapa lainnya berteriak: "Tuhan menyelamatkan Raja."

 

4 dari 4 halaman

Momen Bersejarah

Banyak orang yang melakukan kunjungan, memperingati kematian Ratu sekaligus menghadapi kesedihan pribadi.

Marcia Lewis tiba dengan kereta api lebih awal dari Birmingham pagi hari, untuk mengambil tempat di barisan depan di Mall. "Kami hanya berpikir kami ingin menjadi bagian dari sejarah. Kami belum pernah melakukan ini sebelumnya," kata Lewis, 58 tahun.

Lewis mengatakan dia terkejut ketika dia mendapati dirinya menangis saat mengetahui kematian Ratu pada hari Kamis. "Saya pikir itu hanya membawa kembali kenangan, karena ibu saya meninggal baru-baru ini."

Ada banyak anak-anak di tengah kerumunan, mereka senang dengan kesempatan yang diberikan orang tuanya untuk bolos sekolah dan menyaksikan sejarah.

Adriana Valadez, 48 tahun, dari Brixton di London selatan, membawa putrinya Amaya, 8 tahun, untuk melihat peti mati Ratu melintas.

Berbekal tisu sebagai persiapan untuk hari yang emosional, mereka bangun pukul 6.30 pagi untuk memastikan mereka memiliki tempat yang baik untuk melihat parade tiba di Westminster.

Valadez, yang berasal dari Meksiko, berkata: "Saya sendirian di Inggris, jadi Ratu sudah seperti nenek bagi saya. Dia mewakili stabilitas. Saya sangat sedih ketika dia meninggal."

Beberapa orang di kerumunan itu tumbuh besar mengenal Ratu yang telah meninggalkan kerajaan Inggris.

Pertama kali Mona Ibrahim, 70 tahun, melihatnya, itu sebagai seorang gadis muda di Sudan - ketika Ratu melakukan kunjungan kenegaraan pertamanya, pada tahun 1965, setelah kemerdekaan.

"Itu indah, benar-benar indah. Semua orang berada di jalan dan mereka membawa bendera," kenang Ibrahim.

Dikelilingi oleh keluarga dan duduk di atas kantong plastik di bawah pohon plane di Mall pada hari Rabu pagi, Ibrahim berniat menghabiskan sore hari untuk melihat sekilas terakhir, sebelum bergabung dengan antrean menuju Westminster Hall.

"Saya tidak tahu bagaimana saya akan hidup tanpanya, sungguh," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.