Sukses

Lima Lokasi yang Konon Paling Berhantu di Asia, Ada Lawang Sewu dari Indonesia

Berikut tempat-tempat yang diyakini mistis dan menyimpan kisah horor di Asia. Salah satunya Lawang Sewu dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang memercayai adanya dunia lain dan mahluk supranatural yang hidup berdampingan dengan manusia selama ini, namun tak sedikit pula yang menganggapnya sebagai dongeng belaka.

Meskipun semuanya tergantung pada apakah kita memang percaya pada hantu dan roh atau tidak, di dunia terdapat tempat-tempat yang berisi cerita mistis di dalamnya, cukup menakutkan dan menantang sebagian orang yang menganggap hal seperti ituhanyalah dongeng belaka.

Benua Asia sendiri banyak menyimpan tradisi, dongeng dan kebudayaan yang kental dengan sejarah di dalamnya. kita sering menyebutnya sebuah negeri yang penuh dengan budaya, masakan, dan tradisi.

Asia juga dikenal sebagai rumah bagi beberapa dongeng paling mengerikan yang mungkin membuat kita tetap terjaga di malam hari. Berikut ini lima tempat yang dianggap paling angker di Asia dikutip dari News18.com, Minggu (28/8/2022), salah satunya ada di Indonesia.

Lawang Sewu, Indonesia

Bangunan lain yang berisi jejak penjara tawanan perang tentara Jepang, Lawang Sewu adalah salah satu dari sekian banyak tempat angker yang harus dijauhi orang. Konon di tempat ini pernah terjadi pertikaian berdarah antara pasukan Belanda dan Indonesia.

Dalam cerita rakyat tersebut, dikisahkan pula seorang wanita muda Belanda yang bunuh diri di dalam gedung dan diyakini telah berkeliaran di sekitar properti tersebut sejak saat itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kota Terlarang, China

Kota ini merupakan rumah bagi kaisar Tiongkok selama sekitar lima abad. Kota ini sekarang menjadi salah satu lokasi wisata paling populer, tetapi hanya pada siang hari.

Pada malam hari, masyarakat sangat dilarang memasuki bangunan kota ini. Legenda mengatakan bahwa seorang wanita terdengar menangis di dalam istana yang keberadaannya berasal dari tahun 1940-an.

Rumah Sakit Tua Changi, Singapura

Rumah sakit ini dulunya digunakan sebagai fasilitas medis untuk yang terluka selama Perang Dunia Kedua. Rumah sakit itu juga digunakan oleh Jepang untuk menampung tawanan perang.

Fasilitas itu kemudian ditinggalkan pada tahun 1997, setelah itu mempertahankan daya pikat yang sangat menyeramkan dan merupakan salah satu tempat paling angker di Asia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Benteng Bhangarh, India

Tempat paling berhantu di negara ini, benteng abad ke-16 ini menantang banyak tempat menakutkan di seluruh dunia untuk posisi mereka dalam daftar. Benteng dan sekitarnya diyakini telah ditinggalkan secara misterius pada suatu hari, dan sejak itu, benteng ini terpaksa ditutup.

Bangunan tersebut terbengkalai oleh waktu. Seiring waktu, muncul cerita dari masyarakat dan penduduk sekitar.

Pihak berwenang dan pemerintah di daerah tersebut telah melarang masyarakat masuk ke benteng setelah gelap agar tidak adanya kejadian yang tidak dinginkan.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar di tempat ini, banyak ruh dan para penunggu yang mendiami tempat terbengkalai tersebut. Anak-anak dilarang secara keras mendatangi tempat itu saat matahari sudah terbenam.

4 dari 4 halaman

Killing Tree (Pohon Pembunuh), Kamboja

Sebuah situs di mana papan tanda bertuliskan, Killing Tree Against Which Executioners Beat Children menjadi salah satu tempat yang konon angker.

Pohon Pembunuh masuk salah satu tempat paling berhantu di Asia. Pohon itu menjadi saksi genosida oleh Khmer Merah dan partai komunis Kamboja. Banyak yang meyakini bahwa jiwa tersiksa orang Kamboja termasuk anak-anak, masih menghantui tempat itu.

Meski banyak kisah dan kejadian mistis yang santer terdengar dan menjadi perbincangan oleh banyak orang, namun tempat-tempat ini justru ramai dan banyak diburu oleh wisatawan. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang jauh-jauh datang hanya untuk merasakan sensasi dan melihat langsung seperti apa tempat-tempat yang dianggap sebagai sarang hantu ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.