Sukses

Girlfriend Day: Ini 5 Hadiah untuk Sahabat yang Introvert

Pilih hadiah yang paling menarik untuk girlfriends kamu yang introvert.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lagi para girlfriends di seluruh dunia akan memperingati Girlfriend Day. Hari spesial itu jatuh pada 1 Agustus.

Menurut situs National Day Calendar, Kamis (28/7/2022), Girlfriends Day bukanlah hari untuk pasangan, melainkan bagi para sahabat perempuan untuk memperkuat ikatan mereka. Tentu ini bisa menjadi momen menarik untuk tukar kado. 

Bagaimana jika punya sahabat introvert

Seorang introvert tentu memiliki preferensi berbeda dari para ekstrovert. Konsep introvert dan ekstrovert ini dicetuskan oleh pakar psikologi Carl Jung. Introvert disebut lebih fokus ke hal internal dalam dirinya. Ini berbeda dari ekstrovert yang lebih suka dengan hal yang eksternal. 

Alhasil, para introvert mungkin lebih suka hadiah yang sifatnya personal. Para introvert tidak harus diajak jalan-jalan ke situasi keramaian yang lebih disuka para ekstrovert.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima jenis hadiah yang cocok kamu berikan ke sahabat introvert: 

1. Hoodie

Billie Eilish menyanyikan soundtrack film James Bond, No Time To Die. (Foto: Instagram terverifikasi @billieeilish)

Situs Introvert Dear, merilis daftar hadiah yang cocok untuk para introvert, dan ada banyak rekomendasi hoodie atau tshirt dengan tulisan-tulisan unik.

Contohnya baju bertuliskan: "Introverts United - Separately - In You Own Homes" atau "Introverted But Willing to Discuss Books."

2. Buku

Emma Watson. (Foto: Instagram terverifikasi @emmawatson)

Apabila sahahat introvert kamu tipe yang suka baca buku, tentunya ini adalah hadiah yang paling aman. 

Sebelum membeli, cek akun Goodreads atau Instagram sahabat kamu untuk mengetahui genre buku apa yang mereka suka. Apakah mereka suka penyair kontemporer seperti Rupi Kaur? Atau novelis pemenang hadiah sastra seperti Eleanor Catton? Atau mungkin lebih suka non-fiksi?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aktivitas Outdoor?

3. Aktivitas Outdoor

Menurut situs Myers-Briggs Foundation, introvert jangan diartikan sebagai reklusif. Ada tipe MBTI yang sangat introvert seperti INTJ, namun ada juga introvert seperti ISTP yang lebih bisa menikmati aktivitas-aktivitas eksternal. 

Situs All About Introverts memberi rekomendasi sejumlah kegiatan outdoor yang cocok bagi para introvert, seperti piknik, hiking, menjelajah toko buku, menikmati bintang (stargazing), botanical garden, atau jalan-jalan ke museum.

4. Aksesoris Musik

Jennie Blackpink. (Instagram/ jennierubyjane)

Situs Introvert Dear juga memberikan rekomendasi headset untuk hadiah bagi para introvert.

Tentu hadiah ini akan sangat terpakai bagi para introvert ketika sedang menikmati musisi favorit mereka atau menyimak podcast maupun audio book. 

5. Teh atau Cokelat 

Ratu Elizabeth II, Pangeran William, dan Kate Middleton (dok. Instagram @kensingtonroyal)

Teh atau cokelat bisa juga menjadi alternatif bagi sahabat-sahabat introvert. Mereka bisa menikmati teh hangat sambil membaca buku di sore hari, atau ngemil cokelat ketika sedang menonton film favorit di kamar. 

Ada banyak jenis teh menarik yang bisa dibeli, seperti earl grey, charmomile, teh melati, hingga teh peppermint. Pastikan riset dulu untuk mencari teh yang menarik.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Introvert Tetap Bisa Jadi Pemimpin Hebat Berbekal 3 Kemampuan Ini

Sebelumnya dilaporkan, ,menurut penulis Susan Cain, sebenarnya orang introvert memiliki kualitas yang mendukung mereka menjadi pemimpin yang hebat.

Cain, penulis buku laris dan salah satu pembicara TED yang paling populer, telah membahas cara seseorang yang sering salah paham tentang introvert dan kualitas yang dimiliki.

Pada kuliah “Talks at Google” pada tahun 2012, dia mencatat bahwa introvert - yang sering dikotak-kotakkan ke dalam stereotip pemalu, pendiam dan pendiam - cenderung dipandang tidak mampu menjadi pemimpin dan lebih rendah dari rekan-rekan mereka yang ekstrovert.

“Bias dalam budaya kita terhadap introversi begitu dalam dan mendalam, dan kita menginternalisasikannya pada usia dini,” kata Cain dilansir dari CNBC, Rabu (27/7).

Dia menambahkan bahwa introvert “secara rutin dilewatkan” untuk posisi kepemimpinan. Dalam survei YouGov tahun 2021, sebanyak 52 persen orang Amerika mengatakan mereka lebih introvert daripada ekstrovert. Dengan hasil 12 persen menyebut diri mereka “benar-benar introvert”.

Di sisi lain, definisi sebenarnya dari introvert dan ekstrovert tentu berbeda secara stereotip. Menurut Cain, ekstrovert mendambakan lingkungan dengan stimulasi tinggi, mendapatkan energi dari kegiatan seperti bertemu orang baru atau pergi ke pesta.

Sebaliknya, kata Cain, introvert berkembang di lingkungan yang lebih tenang dan kurang merangsang, seperti pertemuan kecil dengan teman dekat - dan itu seharusnya tidak mendiskualifikasi mereka dari peluang kepemimpinan.

Berikut adalah tiga kualitas introvert yang menurut Kain dapat menjadikan mereka pemimpin yang luar biasa.

4 dari 4 halaman

Problem Solving

Keterampilan berpikir kreatif itu terkait erat dengan sifat introvert umum lainnya. Menurut Cain, kemampuan untuk memecahkan masalah secara efektif.

Introvert sering memproses informasi lebih hati-hati daripada orang lain, dan pengawasan lebih dekat dapat membantu mereka sampai pada solusi yang lebih baik. “Gaya perilaku yang membuat Anda lebih banyak duduk, lebih banyak merenung, lebih pendiam, lebih lambat memproses sesuatu,” kata Cain.

Dalam sebuah penelitian di Iran yang diterbitkan pada bulan Januari, para peneliti meminta sekelompok siswa terjemahan bahasa yang mengerjakan teks lebih dari 500 kata untuk menggambarkan proses pemikiran mereka dengan keras saat mereka bekerja.

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi perbedaan dalam strategi pemecahan masalah antara introvert dan ekstrovert. Pada akhirnya menemukan bahwa siswa introvert berkinerja lebih baik karena mereka berhenti lebih lama untuk membaca materi dengan cermat dan mempertimbangkan beberapa pilihan untuk terjemahan terbaik.

“Struktur dua tingkat tentang bagaimana kita memandang kepribadian ini mengarah pada pemborosan bakat, energi, dan kebahagiaan yang sangat besar,” kata Cain. “Kita perlu mengadopsi lebih banyak pendekatan yin dan yang keseimbangan antara dua gaya.”

 

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.