Sukses

Jenazah Shinzo Abe Akan Dikremasi Usai Pemakaman Hari Ini

Selasa 12 Juli 2022 upaca pemakaman digelar untuk jenazah Shinzo Abe. Warga Jepang pun mengucapkan selamat tinggal kepada perdana menteri terlama di negara itu.

Liputan6.com, Tokyo - Selasa 12 Juli 2022 upaca pemakaman digelar untuk jenazah Shinzo Abe. Warga Jepang pun mengucapkan selamat tinggal kepada perdana menteri terlama di negara itu.

Menurut laporan CNN yang dikutip Selasa (12/7/2022), jenazah Shinzo Abe akan melakukan perjalanan dari Kuil Zojoji Tokyo ke Kirigaya Funeral Hall untuk kremasi setelah kebaktian hari ini.

Mobil jenazah yang membawa jenazah mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan dibawa dari Kuil Zojoji di Tokyo ke Aula Pemakaman Kirigaya untuk kremasi hari ini, menurut afiliasi CNN TV Asahi.

Mobil jenazah akan meninggalkan kuil setelah upacara pemakamannya, melewati markas besar Partai Demokrat Liberal Abe, Kantor Perdana Menteri, dan gedung Parlemen, sebelum tiba di aula pemakaman, TV Asahi melaporkan.

Mobil jenazah akan melewati kompleks Kantor Perdana Menteri, di mana staf kantor akan berdiri di luar untuk melihat jenazah Shinzo Abe, kata kantor Perdana Menteri.

Upacara pemakaman privat ini dilakukan empat hari setelah pembunuhannya Jumat 8 Juli lalu.

Upacara pribadi, yang berlangsung di Kuil Zojoji di Tokyo, terbuka hanya untuk anggota keluarga, pejabat asing, dan orang-orang yang dekat dengan mantan pemimpin.

Tetapi orang-orang dari semua lapisan masyarakat telah berbondong-bondong ke jalan-jalan di sekitar kuil untuk memberikan penghormatan terakhir, dengan pelayat membawa bunga, catatan dan persembahan lainnya.

Orang-orang yang berbicara dengan CNN mengatakan mereka terkejut dengan penembakan siang hari Abe pada hari Jumat.

Pembunuhan itu sangat mengejutkan mengingat Jepang memiliki salah satu tingkat kejahatan senjata terendah di dunia, dan secara luas dianggap sebagai salah satu negara teraman.

Menurut The Straits Times, pemakaman Shinzo Abe pada Selasa (12 Juli) untuk rekan-rekan politiknya. Upacara yang lebih besar diperkirakan bakal digelar di kemudian hari di Tokyo dan kampung halaman Abe di Prefektur Yamaguchi. Rencana pemakaman kenegaraan belum diumumkan.

Pemakaman di Kuil Kuno

Upacara pemakaman Shinzo Abe berlangsung hari ini di Kuil Zojoji di Tokyo — sebuah bangunan bersejarah yang didirikan di wilayah Kanto lebih dari 600 tahun yang lalu dan dipindahkan ke ibu kota, berdiri di situsnya yang sekarang sejak tahun 1598, menurut situs resmi kuil tersebut.

Kuil Buddha, yang terletak di dekat Menara Tokyo, pernah berfungsi sebagai kuil keluarga Keshogunan Tokugawa selama periode Edo — pemerintahan militer yang menyatukan negara dan memerintah Jepang selama lebih dari 200 tahun.

Ini adalah situs budaya dan sejarah yang signifikan yang menampung makam enam shogun Tokugawa, atau penguasa militer, dan istri serta anak-anak mereka.

Pemakaman pada hari Selasa dipandu oleh istri Shinzo Abe, Akie Abe, dengan kehadiran terbatas pada anggota keluarga dan orang-orang yang dekat dengan mantan perdana menteri, lapor lembaga penyiaran publik Jepang NHK.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Duka Warga Jepang Jelang Pemakaman Shinzo Abe

Sebelumnya, antrean panjang orang-orang berpakaian hitam, bercampur dengan orang lain dalam pakaian informal dengan ransel, terbentuk di luar Kuil Zojoji di pusat kota Tokyo, tempat pemakaman Abe, pada dini hari. Upacara pemakaman akan dilakukan pukul 01.00 siang (04.00 GMT) itu sendiri hanya terbuka untuk keluarga dan teman dekat.

Ratusan pelayat telah berduyun-duyun ke kuil di musim panas pada Senin malam untuk memberi penghormatan terakhir kepada Abe, yang meninggal dalam usia 67 tahun.

Shinzo Abe meninggal pada Jumat 8 Juli oleh seorang pria pengangguran yang memegang senjata rakitan mengejutkan sebuah negara di mana kejahatan senjata dan kekerasan politik sangat jarang terjadi.

3 dari 4 halaman

Penghormatan Terakhir Antony Blinken hingga Emmanuel Macron

Penghormatan terakhir mengalir dari para pemimpin internasional, dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken melakukan pemberhentian singkat yang tidak terjadwal pada Senin pagi untuk memberikan penghormatan terakhir.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen dan wakil presiden Taiwan William Lai, dalam kunjungan pribadi sebagai teman keluarga, juga bergabung dengan pelayat.

Pemimpin Prancis Emmanuel Macron mengirimkan belasungkawa dalam rekaman yang diposting di akun Twitter resmi kepresidenan negara itu setelah dia mengunjungi kedutaan Jepang di Paris.

"Saya ingat semua pertemuan dan kerja sama kami, terutama selama kunjungan saya (ke Jepang) pada 2019 ... saya kehilangan seorang teman," kata Macron.

"Dia melayani negaranya dengan keberanian besar, dan keberanian."

4 dari 4 halaman

Upacara Kenang Shinzo Abe Digelar Sehari Sebelum Pemakaman

Mengutip VOA Indonesia, sehari sebelum tokoh berpengaruh itu dimakamkan, upacara peringatan mengenangnya pun diselenggarakan di Tokyo Senin malam 11 Juli waktu setempat.

Jenazahnya sebelumnya dilaporkan telah berada di kediamannya di Tokyo dari rumah sakit di Nara.

 Shinzo Abe ditembak Jumat lalu 8 Juli, ketika sedang menyampaikan pidato kampanye di Kota Nara, di bagian barat Jepang. Ia dinyatakan meninggal dunia beberapa jam setelah penembakan. Tim dokter tak berhasil menyelamatkan nyawanya.

Pembunuhan itu mengejutkan Jepang, di mana kekerasan senjata api sangat jarang terjadi.

Tersangka pelaku pembunuhan itu, Tetsuya Yamagami, diketahui sebagai mantan anggota Pasukan Bela Diri (SDF) negeri Matahari Terbit itu.

Polisi mengatakan Yamagami yakin Abe terkait dengan kelompok agama yang dinilainya bersalah atas kehancuran finansial ibunya.

Gereja Unifikasi Korea Selatan pada hari Senin 11 Juli mengatakan ibu Yamagami adalah jemaat gereja itu, tetapi menyangkal bahwa mereka telah menerima uang dalam jumlah besar darinya. Baik tersangka, maupun Abe, bukan anggota gereja itu; tetapi tampaknya Yamagami percaya Abe adalah anggota gereja tersebut.

Selama bertahun-tahun Abe telah mendukung upaya mempromosikan perdamaian gereja di Jepang. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.