Sukses

IDN Global Akan Gelar 10 Tahun Gerakan Diaspora Indonesia

Acara “10 Years of Indonesian Diaspora Global Movement” akan digelar Rabu, 6 Juli 2022 dan mengusung tema “Future Indonesia”

Liputan6.com, Jakarta - Indonesian Diaspora Network (IDN) Global akan melaksanakan acara “10 Years of Indonesian Diaspora Global Movement”pada Rabu, 6 Juli 2022 pukul 09.00-10.00 WIB. Acara ini mengusung tema “Future Indonesia."

Selebrasi ini diselenggarakan untuk memaparkan pergerakan Diaspora Indonesia selama kurun waktu satu dekade berikut pencapaian yang diharapkan di masa mendatang. Selain itu juga showcase kegiatan dari berbagai IDN Chapter serta perayaan bersama antar Diaspora Indonesia dari berbagai lapisan masyarakat di lima benua.

Pada acara ini turut menghadirkan Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih, Ketua Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono, serta Deputi Bidang Ekonomi di Bappenas Amalia Widyasanti yang dari pemaparan ketiganya akan terlihat bagaimana potensi Diaspora Indonesia untuk dapat berperan dalam pembangunan IKN dan menuju Indonesia Emas 2045.

Turut hadir pula diaspora Indonesia bertalenta dari Jerman, violinist internasional, Iskandar Widjaja.

“Ini adalah saat yang tepat bagi Diaspora Indonesia untuk bersumbangsih kepada negara dengan berperan mendukung pembangunan IKN, dalam mewujudkan cita-cita sebuah Kota Dunia yang menjadi panutan. Kota yang hijau, pintar dan inklusif - kota untuk semua kalangan,” ujar Kartini dalam rilis resmi IDN Global, Senin (4/7/2022).

Acara ini digelar secara hybrid dan disiarkan secara langsung melalui dua lokasi acara, yakni di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Studio SCTV di Jakarta.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rumah Diaspora

Melalui acara ini Kartini juga mengusulkan adanya “Rumah Diaspora” yang dapat mewadahi Diaspora Indonesia di seluruh dunia untuk menampilkan prestasi, menggali potensi kolaborasi, menyalurkan aspirasi atau juga memperluas jejaring dan menjaga silaturahmi, baik antara sesama diaspora, maupun dengan berbagai pemangku kepentingan di Indonesia.

Salah satu contoh, “Rumah Diaspora” dapat mewadahi kerjasama riset Diaspora Indonesia dengan berbagai universitas-universitas di dalam dan luar negeri. Ia juga turut menghimbau para Diaspora Indonesia untuk menjadi investor denganberinvestasi di IKN.

“IKN sangat mendukung kerjasama penyelenggaraan acara satu dasawarsa gerakan Diaspora Indonesia ini. Tentunya kami juga menyambut semua pihak yang ingin berkontribusi di IKN, termasuk diaspora Indonesia dari seluruh dunia,” imbuh Ketua Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono.

Cikal bakal gerakan Diaspora Indonesia secara global ini dimulai dari penyelenggaraan Congress of Indonesian Diaspora (CID) yang pertama pada tanggal 6-8 Juli 2012 di Los Angeles, AS atas dorongan dari Duta Besar Indonesia Untuk AS pada masa itu yakni Dr. Dino Patti Djalal.

Kongres tersebut dihadiri oleh sekitar 2000 partisipan dan melahirkan “Deklarasi Diaspora”. Selang setahun kemudian, terbentuklah Indonesian Diaspora Network Global sebagai organisasi non profit, independen, dan berskala global untuk mewadahi aspirasi Diaspora Indonesia dalam berkontribusi padapembangunan Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Working Group

Dalam kurun waktu 10 tahun ini, IDN Global secara konsisten menyelenggarakan acara Congress of Indonesian Diaspora setiap 2 (dua) tahun sekali. Selama satu dasawarsa ini, IDN Global turut berperan aktif dalam berbagai isu kediasporaan bersama para pemangku kebijakan seperti Kewarganegaraan Ganda dan perlindungan terhadap para Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Lebih lanjut, IDN Global juga memiliki beberapa Working Group yangmelibatkan dan memberdayakan diaspora Indonesia dari berbagai negara dengan fokus pada bidang-bidang Entrepreneurship, Kuliner, Imigrasi dan Kewarganegaraan, Pendidikan, serta Diaspora Bangun Desa.

Perayaan 10 Tahun Gerakan Diaspora Indonesia ini juga turut didukung oleh sejumlah pihak. Di antaranya IKN Nusantara, Emtek Group, Telkomsel, Grab, BNI, Mayora, Kompas Gramedia, Bappenas, Bisa Pte. Ltd. dan Iskandar Widjaja Management.

Acara ini terbuka untuk umum dan gratis serta dapat disaksikan secara live streaming dengan melakukan registrasi di bit.ly/10thDiaspora.

Untuk informasi dan kolaborasi lebih lanjut mengenai acara ini dapat menghubungi Meta +6282122884430.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.