Sukses

Mengenal Clive Wearing, Pria dengan Daya Ingat 30 Detik

Clive Wearing, yang pernah menjadi ahli musik dan konduktor orkestra ulung, sekarang dikenal sebagai pria dengan daya ingat hanya 30 detik.

Liputan6.com, Jakarta - Clive Wearing, yang pernah menjadi ahli musik dan konduktor orkestra ulung, sekarang dikenal sebagai pria dengan daya ingat hanya 30 detik. Bahkan, ia menjadi salah satu kasus amnesia terburuk yang pernah tercatat.

Dapatkah Anda membayangkan tidak dapat mengingat sebagian besar hidup atau membuat kenangan baru apa pun?

Sebagian besar dari kita bahkan tidak dapat mulai memahami bagaimana rasanya melakukan sesuatu atau bertemu seseorang dan kemudian melupakan seluruh pengalaman dalam hitungan detik.

Hal-hal yang paling biasa, seperti makan, bangun, atau melihat anggota keluarga mencair seperti salju setiap 7 hingga 30 detik.

Bahkan mustahil untuk dibayangkan, namun itulah kehidupan Clive Wearing, mantan ahli musik, konduktor, tenor, dan pemain keyboard, selama hampir empat dekade.

Kehidupan Clive Wearing berubah secara dramatis pada 29 Maret 1985, ketika dia ambruk di lantai rumahnya dan dilarikan ke Rumah Sakit St. Mary di London, oleh istrinya, Deborah.

Dia telah menderita sakit kepala selama beberapa hari, tetapi dia tidak pernah membayangkan bahwa otaknya telah terinfeksi virus insidius yang pada akhirnya akan melenyapkan hippocampusnya, bagian otak yang berhubungan dengan cara kita membentuk dan mentransfer ingatan.

Virus herpes simpleks 1, yang biasanya menyebabkan luka dingin, adalah penyebab peradangan otak Clive, demikian dikutip dari laman oddity central, Rabu (18/5/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peluang Hidup 20 Persen

Dalam kasus yang sangat jarang, virus dari dormansi ada di dekat sumsum tulang belakang dan, alih-alih menyebabkan sakit seperti biasanya, virus itu menyebar ke otak, di mana menyebabkannya membengkak ke tengkorak.

Dokter hanya memberi Clive peluang 20 persen untuk bertahan hidup, tetapi setelah dipompa penuh dengan obat antivirus selama berhari-hari, dia mulai membaik, setidaknya secara fisik. Namun, seiring berjalannya waktu, para dokter, Deborah dan akhirnya Clive, mengerti bahwa otaknya tidak lagi sama.

Pada awalnya, Clive sangat gembira, melenggang melewati rumah sakit. Dia memakai semua jenis obat penenang, karena dia terlalu sulit dikendalikan, tetapi ini juga membantu menyembunyikan apa yang sebenarnya terjadi pada otaknya. Kemudian, saat dia mulai menyadari apa yang terjadi padanya, suasana hati Clive berubah. Dia mulai menangis, dan Deborah mengatakan dia menangis terus menerus selama sebulan sebelum dia mulai menerima kenyataan barunya.

Ensefalitis parah membuat Clive Wering mengalami amnesia anterograde, yang berarti dia tidak dapat membuat ingatan baru.

Setiap hari, dia merasa seperti dia bangun beberapa kali per menit, dia lupa apa yang dia makan atau bagaimana rasanya saat dia memakannya, karena otaknya pada dasarnya me-reset pada interval antara 7 dan 30 detik.

 

3 dari 4 halaman

Punya Buku Harian

Dan seolah-olah itu tidak cukup memilukan, Clive menyadari bahwa ada sesuatu yang salah dengannya, dia tidak dapat menyadari atau mengingat apa.

Pada satu titik, Wearing mulai membuat buku harian tentang apa yang terjadi dalam hidupnya, sebagai cara untuk mencatat semuanya.

Amnesia anterograde Clive hanya setengah dari masalah. Dia juga menderita amnesia retrograde, yang berarti dia juga kehilangan sebagian besar ingatan jangka panjangnya.

Dia tahu bahwa sudah menikah tetapi tidak dapat mengingat apa pun tentang pernikahannya. Dia tahu bahwa dia memiliki anak – dari pernikahan sebelumnya – tetapi tidak dapat mengingat nama mereka.

Mantan ahli musik, sekarang berusia 84 tahun, mengingat sangat sedikit tentang hidupnya sebelum tahun 1985, tetapi ingatan proseduralnya tetap utuh.

Dia ingat cara bercukur atau mandi, dan ingatan ototnya, yang tidak terpengaruh oleh amnesia parah, bahkan memungkinkan dia memainkan alat musik dengan indah.

Kisah memilukan Clive Wearing adalah subjek dari film dokumenter 1986 "Prisoner of Consciousness," serta dalam buku istrinya, "Forever Today".

4 dari 4 halaman

Hilang Ingatan, Pria 36 Tahun di Texas Bangun Tidur dan Mengira Masih SMA

Seorang pria asal Texas, Amerika Serikat bangun dengan kondisi yang sangat aneh.

Dikutip dari laman Oddity Central, pada suatu hari saat bangun tidur ia menunjukkan sikap aneh dengan bersiap-siap untuk pergi ke sekolah.

Ia mengira bahwa saat itu adalah tahun 1990-an. Ia bahkan lupa pernah menikahi istrinya dan memiliki seorang putri.

Pada Juli tahun lalu, Daniel Porter (36 saat itu) terbangun di tempat tidurnya seperti pagi hari pada umumnya.

Hanya ada sesuatu yang salah. Ia menyebut ada seorang wanita yang belum pernah dia lihat sebelumnya sedang tidur di sebelahnya, dan ketika dia melihat ke cermin melihat dirinya menjadi seorang pria "tua dan gemuk".

Daniel tetap bergegas dan berpikir sudah waktunya untuk pergi ke sekolah, tidak tahu bahwa dia telah lulus SMA hampir dua dekade sebelumnya.

Daniel Porter berpikir bahwa dia masih berusia 16 tahun dan duduk di bangku sekolah menengah atas.

Ingatannya betul-betul hilang. Istrinya, Ruth, harus menenangkannya dan menjelaskan statusnya dan bahwa dia tidak diculik oleh orang asing.

Kedengarannya lucu, tapi itu adalah pengalaman yang menakutkan bagi mereka berdua. Sebab, Porter telah hilang ingatan.

"Dia bangun pada suatu pagi dan tidak tahu siapa saya atau di mana dia berada. Dia sangat bingung. Saya tahu dia tidak mengenali ruangan itu," kata Ruth.

"Dia mengira sedang mabuk dan pulang dengan seorang wanita atau dia telah diculik. Saya bisa melihatnya mencari jalan keluar."

Untungnya, pasangan itu pindah ke rumah orang tuanya dan membantu meyakinkannya bahwa dia aman.

Namun, pria ini tetap tidak mengenali putrinya yang berusia 10 tahun, Libby, dan takut pada dua anjing mereka. Dia bahkan tidak mengenali dirinya sendiri ketika melihat ke cermin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.