Sukses

Sejarah Singkat Nottingham Forest, Salah Satu Klub Bola Tertua di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Berada di antara banyak raksasa sepak bola Inggris yang terlupakan, bintang Nottingham Forest bersinar paling terang. Meskipun mereka telah tersingkir dari Liga Premier sepanjang abad ke-21, Forest adalah kekuatan yang harus diperhitungkan selama masa kejayaan mereka di tahun 70-an.

Selama sejarah panjang dan menarik mereka, mereka telah memenangkan satu gelar Liga, dua Piala FA dan empat Piala Liga. Selain trofi domestik mereka, Forest adalah satu dari hanya dua klub Inggris yang mengklaim Piala Eropa berturut-turut. Demikian seperti dilansir dari laman Football History, Rabu (18/5/2022). 

Dengan tanggal berdirinya tahun 1865, Nottingham Forest adalah salah satu klub sepak bola tertua di dunia (jangan bingung dengan Forest Club, didirikan enam sebelumnya dan kemudian berganti nama menjadi Wanderers FC ). Klub ini berpartisipasi di Piala FA untuk pertama kalinya pada musim 1879-1880, hampir sepuluh tahun sebelum Liga Sepak Bola Inggris diresmikan.

Pada awalnya, Forest adalah klub multi-olahraga, dengan bandy (klub ini sebenarnya bernama Nottingham Forest Football dan Bandy Club) dan bagian bisbol menjadi bagian besar dari identitas klub. Namun, bagian sepak bolalah yang paling sukses; pada tahun 1892, mereka memenangkan liga Football Alliance sekali sebelum diterima di Football League.

Kehormatan besar pertama mereka datang pada tahun 1898, dengan kemenangan atasDerby County di final Piala FA.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Brian Clough Jadi Manajer

Dengan hanya satu trofi Piala FA pada tahun 1959 selama tujuh dekade berikutnya, Forest tidak terlihat terlalu mengancam. Ini semua akan berubah dengan Brian Clough mengambil alih peran manajerial pada tahun 1975. Bersama dengan asistennya Peter Taylor, Clough akan mengubah Forest menjadi klub kompetitif dengan kecenderungan untuk sepak bola yang menarik.

Bahkan yang lebih mengesankan, sepertinya Forest menjadi pesaing dalam semalam; setelah memenangkan promosi ke Divisi Pertama pada tahun 1977, mereka memenangkan Double pada tahun berikutnya dengan mengklaim gelar Liga dan mengalahkan Liverpool di final Piala Liga.

Setelah mempertahankan Piala Liga pada tahun 1979, Forest meningkatkannya dengan melaju ke Piala Eropa, mengalahkan Malmö FF 1-0 di final. Sejarah terulang di musim berikutnya, dengan Forest sekali lagi mencapai final, di mana mereka mengalahkan Hamburger SV 1-0 berkat penampilan luar biasa dari kiper Peter Shilton.

Clough memimpin klub meraih dua trofi Piala Liga lagi pada tahun 1989 dan 1990 sebelum memutuskan untuk pensiun pada tahun 1993, sehingga mengakhiri masa kejayaan Forest. Pada tahun 1999, klub terdegradasi ke Championship.

3 dari 4 halaman

Buka Peluang Kembali ke Liga Inggris

Nottingham Forest mengamankan tiket final play-off Championship 2021/2022 usai menyingkirkan Sheffield United melalui adu penalti. Di final The Reds bakal menghadapi Huddersfield Town.

Kedua tim bertarung menjadi tim terakhir yang naik kasta ke Liga Inggris musim depan. Mereka ingin menemani Fulham dan Bournemouth yang lolos otomatis berdasar posisi klasemen Championship. 

Forest kalah 1-2 pada leg kedua semifinal, Rabu (18/5/2022), setelah perpanjangan waktu sehingga agregat menjadi 3-3. Namun, mereka meanng adu penalti 3-2 setelah kiper Brice Samba memblok tiga tendangan lawan.

Penyelamatan terakhir yang dilakukannya memicu pendukung tuan rumah masuk lapangan untuk merayakan kemenangan tim. Namun, selebrasi liar ini menghasilkan serangan bagi tim tamu.

Video menunjukkan seorang pendukung berlari ke arah kapten Sheffield United Billy Sharp dan menanduknya hingga terjatuh saat menyaksikan pesta tuan rumah dari pinggir lapangan.

4 dari 4 halaman

Bertarung 29 Mei

Final play-off Championship berlangsung di Wembley pada 29 Mei mendatang. Forest terakhir kali berada di Liga Inggris pada 1999. Mereka merupakan klub sarat sejarah dengan dua kali menjadi juara Eropa ketika kompetisi masih bernama Piala Champions.

Sementara Huddersfield promosi ke Liga Inggris pada 2017 setelah 45 tahun berkutat di Divisi II. Mereka terdegradasi pada 2019.

Forest dan Huddersfield sudah bertarung dua kali di Championship musim ini. The Reds menunjukkan superioritas dengan meraih kemenangan 2-0 dan 1-0. Namun, Forest tertinggal dua poin dari Huddersfield di klasemen akhir.