Sukses

Identitas Penembak di Tel Aviv Israel yang Tewaskan 2 Orang Terungkap

Dua orang tewas dan 10 terluka dalam serangkaian penembakan di jantung kota Tel Aviv, Israel.

Liputan6.com, Tel Aviv - Dua orang tewas dan 10 terluka dalam serangkaian penembakan di jantung kota Tel Aviv, Israel. Korban tewas sebanyak dua orang; satu berusia 28 dan yang lainnya berusia 27, menurut surat kabar Haaretz. 

Empat dari yang terluka, termasuk seorang wanita, berada dalam kondisi serius, seperti dikutip dari laman Al Jazeera, Jumat (8/4/2022)

Terduga pria bersenjata itu ditembak mati oleh polisi di dekat sebuah masjid di Jaffa pada Jumat pagi setelah perburuan besar-besaran oleh ratusan petugas, beberapa dengan anjing, dan pasukan khusus tentara yang menggeledah gedung demi gedung melalui lingkungan pemukiman padat penduduk.

"Teroris yang melakukan serangan bersenjata kemarin di Tel Aviv telah ditemukan dan dinetralkan," kata kantor berita AFP mengutip pejabat Israel. Mereka mengatakan pria bersenjata itu adalah seorang Palestina dari Tepi Barat yang diduduki, dan bahwa dia adalah satu-satunya tersangka.

Amichai Eshed, komandan polisi Tel Aviv, mengatakan penembak melepaskan tembakan ke bar yang ramai sekitar pukul 9 malam (18:00 GMT) pada hari Kamis dan kemudian melarikan diri dari tempat kejadian.

Layanan darurat Israel Magen David Adom mengatakan menerima laporan tentang penembakan di "beberapa adegan" di sekitar pusat Tel Aviv. Setidaknya satu serangan terjadi di Dizengoff Street, jalan raya utama dan tempat nongkrong akhir pekan yang populer.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Motif Belum Jelas

Motif penembakan itu masih belum jelas, tetapi ketegangan meningkat menyusul serangan baru-baru ini oleh warga Palestina yang telah menewaskan 11 orang di Israel.

Pada 22 Maret, empat orang Israel tewas dalam serangan penikaman di Be'er Sheva.

Lima hari kemudian, dua petugas polisi perbatasan tewas dalam serangan penembakan di Hadera. Pada tanggal 30 Maret, dua orang Israel, dua warga negara Ukraina, dan seorang polisi tewas dalam serangan penembakan di Bnei Brak.

Di luar sebuah kafe di mana pecahan kaca menutupi tanah di luar pintu masuk, seorang pria menghibur seorang wanita yang duduk di kursi bar.

“Ini adalah suasana perang. Tentara dan polisi ada di mana-mana,” kata Binyamin Blum, yang bekerja di sebuah restoran dekat lokasi serangan.

Dilaporkan dari Yerusalem Barat, John Holman dari Al Jazeera mengatakan daerah di mana penembakan itu terjadi "penuh dengan bar dan kafe" dan beberapa orang berada di sekitar pada saat itu.

3 dari 4 halaman

Penjagaan Ketat

“Israel telah mengirim lebih banyak polisi, lebih banyak pasukan keamanan ke jalan-jalan, dan perdana menteri mengatakan pada minggu lalu bahwa siapa pun yang memiliki lisensi senjata harus membawa senjata mereka,” kata Holman.

“Ini adalah momen yang mereka persiapkan, terutama karena ini adalah awal bulan suci Ramadhan, yang sering membawa ketegangan di belahan dunia ini.”

Perdana Menteri Naftali Bennett sedang memantau situasi dari markas militer Israel, yang juga berada di pusat Tel Aviv, kata kantornya. Dia diperkirakan akan bertemu Menteri Pertahanan Benny Gantz dan pejabat lainnya untuk membahas situasi keamanan pada hari Jumat.

Terakhir kali kekerasan seperti itu terjadi di Jalan Dizengoff Tel Aviv adalah pada tahun 2016 ketika dua orang tewas dan beberapa terluka dalam serangan penembakan di sebuah bar.

 Penyerang tewas beberapa hari kemudian setelah dia melarikan diri dari tempat kejadian.

Utusan Amerika dan Eropa untuk Israel mengutuk penembakan hari Kamis. Dalam sebuah pernyataan, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan AS "mengikuti perkembangan dengan cermat" dan "berhubungan teratur dengan mitra Israel kami, yang dengannya kami berdiri teguh dalam menghadapi terorisme dan kekerasan yang tidak masuk akal."

4 dari 4 halaman

Ulah Kelompok Hamas?

Kelompok Hamas yang menguasai Jalur Gaza memuji serangan itu tetapi tidak mengaku bertanggung jawab. 

“Operasi perlawanan adalah respons alami terhadap kejahatan Israel terhadap rakyat Palestina,” kata pejabat senior Hamas Mushir al-Masri kepada Al Jazeera.

Tahun lalu, protes dan bentrokan selama bulan suci Ramadhan memicu perang Gaza selama 11 hari.

Para pemimpin Israel, Yordania dan Palestina telah mengadakan banyak pertemuan dalam beberapa pekan terakhir, dan Israel telah mengambil sejumlah langkah yang bertujuan untuk meredakan ketegangan, termasuk mengeluarkan ribuan izin kerja tambahan untuk warga Palestina dari Jalur Gaza.

Sebelum serangan itu, Israel telah mengatakan akan mengizinkan wanita, anak-anak dan pria di atas 40 tahun dari Tepi Barat yang diduduki untuk sholat di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur pada hari Jumat, sholat mingguan pertama Ramadhan.

Israel merebut Yerusalem timur, Tepi Barat, dan Jalur Gaza dalam perang Timur Tengah 1967. Palestina ingin ketiga wilayah itu membentuk negara masa depan mereka.

Pembicaraan damai terakhir yang serius dan substantif gagal lebih dari satu dekade lalu, dan Bennett menentang kenegaraan Palestina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.