Sukses

3 Maret 1879: Sejarah Terbentuknya USGS

Sejarah mencatat hari ini atau tepatnya 3 Maret 1879 sebagai momen terbentuknya United States Geological Survey (USGS)

Liputan6.com, New York - Sejarah mencatat hari ini atau tepatnya 3 Maret 1879 sebagai momen terbentuknya United States Geological Survey atau Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Sebuah organisasi yang memainkan peran penting dalam eksplorasi dan pengembangan Barat.

Meskipun garis besar geografis sebagian besar Amerika Barat diketahui pada tahun 1879, pemerintah masih memiliki sedikit pengetahuan rinci tentang tanah itu. Misi eksplorasi federal sebelumnya di bawah orang-orang seperti Ferdinand Hayden dan John Wesley Powell telah mulai mengisi peta, namun masih banyak yang harus dilakukan.

Mengutip History.com, Kongres memutuskan untuk mengubah sistem awal eksplorasi geologi federal sporadis menjadi lembaga pemerintah permanen, Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Sejak awal, USGS memfokuskan upayanya pada penyelidikan geografis dan geologis praktis yang dapat memacu perkembangan ekonomi Barat. Karena sebagian besar tanah publik negara berada di Barat, USGS menjadi salah satu alat pemerintah federal yang paling penting untuk mendorong eksploitasi sumber daya alam Barat.

Sang Pemimpin Pertama

Kongres menunjuk Clarence King, seorang insinyur pertambangan dan ahli geologi muda yang brilian, sebagai direktur pertama.

King, yang sebelumnya telah melakukan banyak pekerjaan untuk perusahaan pertambangan Barat, memandang USGS sebagai alat untuk membantu eksploitasi mineral lebih lanjut. Akibatnya, laporan besar pertama yang dihasilkan di bawah masa jabatan King berkaitan dengan geologi ekonomi dari dua distrik pertambangan penting, Comstock Lode di Nevada dan Distrik Leadville silver di Colorado.

Upaya King untuk membantu pertambangan Barat membuatnya mendapatkan pujian dari perusahaan pertambangan dan anggota kongres Barat, tetapi King sangat ingin mendapatkan kekayaannya sendiri dalam bisnis pertambangan. Dia mengundurkan diri sebagai direktur pada tahun 1881 untuk mengejar apa yang dia harapkan akan menjadi peluang yang lebih menguntungkan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengganti dengan Visi Sejalan

John Wesley Powell, seorang ahli geologi-penjelajah yang berani yang telah memimpin eksplorasi Amerika pertama di Grand Canyon, menggantikan King sebagai direktur.

Powell memperluas pekerjaan survei ke bidang-bidang baru seperti paleontologi dan segera menjadi kontroversial karena pernyataannya yang berani bahwa sebagian besar wilayah Barat yang gersang akan tetap tidak tenang tanpa proyek irigasi skala besar. Powell yang terus terang dan blak-blakan sangat terkait erat dengan USGS selama 14 tahun masa jabatannya sebagai direktur sehingga banyak orang secara keliru percaya bahwa dia adalah direktur pertama agensi tersebut.

Terlepas dari perluasan misi survei, Powell tidak pernah meninggalkan penekanan ekonomi praktis yang ditetapkan oleh King.

Direktur USGS selanjutnya juga tetap setia pada fokus awal King dalam membantu perkembangan ekonomi Barat, menyediakan peta topografi dan geologi yang terus terbukti penting untuk pengembangan mineral, pertanian, dan hidrolik di wilayah tersebut hingga hari ini.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.