Sukses

Thailand Bakal Beri Pil dan Kondom Gratis untuk Remaja 15 Tahun ke Atas

Liputan6.com, Jakarta - The National Health Security Office (NHSO) atau Kantor Keamanan Kesehatan Nasional Thailand mengatakan akan memberikan kondom dan pil KB gratis untuk anak-anak berusia 15 tahun ke atas.

"Tawaran itu bertujuan untuk mencegah penyakit menular seksual dan kehamilan yang tidak diinginkan, terutama di kalangan remaja. Ini juga bertujuan untuk mempromosikan seks yang aman," kata Dr Jakkrit Ngowsiri, wakil sekretaris jenderal NHSO Kamis 27 Januari 2022 seperti dikutip dari situs Bangkok Post, Jumat (28/1/2022).

Badan tersebut akan mulai mendistribusikan pil kontrasepsi gratis pada 1 Februari sementara kondom diperkirakan tersedia April, kata Dr Jakkrit.

"Warga Thailand berusia 15 tahun ke atas akan dapat memperolehnya dari klinik keperawatan dan kebidanan, apotek, rumah sakit swasta, klinik medis, dan unit perawatan primer yang berafiliasi dengan NHSO," kata Dr Jakkrit lagi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Syarat Memperoleh

Dr Jakkrit mengatakan NHSO mengizinkan wanita Thailand untuk menerima hingga tiga kotak pil KB setiap kali, atau hingga 13 kotak setahun.

"Untuk menerimanya, pemohon harus memiliki aplikasi "Pao Tang" dan mengklik dompet kesehatan aplikasi untuk memilih tempat dan tanggal untuk menerimanya," jelas Dr Jakkrit.

Untuk pria, NHSO akan memberikan 10 kondom gratis per minggu.

"Untuk mendapatkan kondom, pelamar harus menambahkan akun Line NHSO dan memindai kode QR di titik layanan yang dapat diperiksa melalui situs web NHSO," papar Dr Jakkrit.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron