Sukses

USGS Ubah Kekuatan Gempa Larantuka NTT dari Magnitudo 7,6 Jadi 7,3

Liputan6.com, Larantuka - Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengoreksi kekuatan gempa bumi yang terjadi Larantuka, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Sebelumnya USGS mencatat gempa tersebut berkekuatan magnitudo 7,6. Pemberitaan ini telah dikutip oleh sejumlah media seperti CNN, India.com hingga AP.

Namun, tak lama setelah itu, USGS merilis angka terbaru terkait kekuatan gempa.

Seperti dikutip dari laman France24.com, Selasa (14/12/2021) USGS mencatat gempa tersebut dengan kekuatan magnitudo 7,3. USGS turut memberikan peringatan tentang adanya kemungkinan gelombang tsunami yang berbahaya di kawasan yang terdampak gempa.

Gempa berasal dari titik sekitar 100 kilometer utara kota Maumere pada kedalaman 18,5 kilometer (11 mil) di Laut Flores. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan "gelombang berbahaya mungkin terjadi di pantai yang terletak dalam radius 1.000 km (600 mil) dari pusat gempa".

Indonesia sering mengalami gempa dan letusan gunung berapi karena posisinya di "Cincin Api".

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Antisipasi Gempa

Ini yang harus dilakukan sebelum gempa bumi.

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempa bumi.

- Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung.

- Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran.

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi.

- Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi.

- Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi

- Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

- Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir