Sukses

Menlu Inggris Akan Temui Jokowi Bahas Visi Global Britain

Menlu Inggris Liz Truss berkunjung ke Indonesia pada 11-12 November 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss, mengunjungi Indonesia pada 11-12 November 2012. Ia akan bertemu Presiden Jokowi dan Menlu Retno Marsudi

Salah satu agenda Liz Truss adalah membahas visi Global Britain. Indonesia yang memiliki potensi ekonomi yang tinggi di masa depan dinilai menjadi mitra penting bagi kesuksesan Inggris.

“Ada banyak potensi kerjasama dalam hubungan Inggris dan Indonesia dan saya ingin memperdalam kemitraan kedua negara di bidang-bidang utama seperti teknologi, perdagangan, investasi, dan keamanan sebagai bagian dari rencana untuk membangun jaringan kebebasan dengan mitra-mitra penting," ucap Liz Truss dalam pernyataan resmi dari Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Kamis (11/11/2021). 

Inggris mengutip data bahwa ekonomi Indonesia akan menjadi yang terbesar keempat di dunia pada 2050 mendatang. Isu lain yang akan dibahas adalah terkait teknologi, keamanan, serta dinamika di Asia Tenggara.

Selain bertemu Presiden Jokowi dan Menlu Retno, rombongan Menlu Truss juga akan bertemu dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk melawan ekstremisme. Agenda lain terkait keamanan adalah pertemuan bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koneksi Budaya

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins turut menyorot aspek persahabatan dan budaya dari kunjungan ini. Dubes Owen menyebut banyak kesamaan antara kedua negara demokratis ini meski jaraknya berjauhan.

Beberapa yang jadi sorotan adalah teh dan kopi, sepak bola Liga Premier, bulu tangkis, dan kuliner. Wisatawan Inggris di Indonesia juga tidaklah sedikit.

“Orang Inggris mencintai Indonesia - 400.000 warga Inggris mengunjungi Indonesia setiap tahunnya sebelum pandemi – dan  warga Inggris adalah wisatawan nomor satu di antara negara-negara Amerika dan Eropa. Inggris adalah tujuan yang semakin populer bagi orang Indonesia baik untuk berlibur maupun belajar”, jelas Owen.

Lebih lanjut, Menlu Truss juga akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato Lim untuk menindaklanjuti penetapan Inggris menjadi status Mitra Dialog, serta membahas kerja sama untuk mengatasi krisis di Myanmar.

Kunjungan ini menyusul kedatangan dari Carrier Strike Group Inggris beberapa waktu lalu ke wilayah ini, serta keberhasilan latihan bersama Angkatan Laut Inggris dengan TNI AL pada saat kunjungan kapal AL Inggris HMS Richmond pada bulan Oktober.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.