Sukses

Koalisi Pimpinan Saudi Laporkan Telah Membunuh Lebih dari 260 Pemberontak Yaman

Lebih dari 260 pemberontak Houthi tewas oleh koalisi pimpinan Saudi.

Liputan6.com, Marib - Lebih dari 260 pemberontak Houthi tewas dalam pertempuran selama tiga hari terakhir di dekat kota strategis Yaman, Marib, kata koalisi pimpinan Arab Saudi.

Kematian pemberontak Houthi adalah yang terbaru di antara ratusan klaim koalisi telah tewas dalam pertempuran baru-baru ini di sekitar benteng terakhir pemerintah yang diakui secara internasional di Yaman utara yang kaya akan minyak.

Menurut laporan Al Jazeera, Senin (25/10/2021), tidak mungkin untuk memverifikasi secara independen jumlah korban tewas, dan Houthi yang bersekutu dengan Iran jarang mengomentari hal seperti ini.

“Tiga puluh enam kendaraan militer hancur dan lebih dari 264” pejuang pemberontak tewas dalam serangan dalam 72 jam terakhir, kata koalisi, dikutip oleh Saudi Press Agency.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serangan di Sekitar Marib

Serangan itu dilakukan di Al-Jawba, 50km (30 mil) selatan Marib, dan Al-Kassara, 30km (17 mil) ke barat laut.

Koalisi selama dua minggu terakhir melaporkan serangan udara hampir setiap hari di sekitar Marib. Pekan lalu, koalisi pimpinan Arab Saudi mengatakan telah membunuh 160 pemberontak Houthi dalam serangan di selatan Marib.

Houthi memulai dorongan besar untuk merebut Marib pada Februari, dan telah memperbarui serangan mereka sejak September setelah jeda.

Perang saudara Yaman dimulai pada tahun 2014 ketika Houthi merebut ibu kota Sanaa, 120km (55 mil) barat Marib, mendorong pasukan pimpinan Arab Saudi untuk campur tangan untuk menopang pemerintah pada tahun berikutnya.

Puluhan ribu orang tewas dan jutaan lainnya mengungsi akibat perang.

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa menyerukan pada adanya "de-eskalasi" di Yaman dalam sebuah pernyataan yang diadopsi dengan suara bulat untuk melawan risiko "kelaparan skala besar" di negara itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini