Sukses

8 Standar Kecantikan Unik di Berbagai Negara Asia, Ada dari Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Setiap negara memiliki ciri, tradisi, dan kebiasaan unik nya sendiri yang terkait dengan kecantikan wanita. Terlepas dari standar kecantikan global yang terlihat di majalah dan peragaan busana yang glamor, 8 negara ini memiliki standar kecantikan yang unik. Jadi, bisa dikatakan bahwa kecantikan memang merupakan istilah yang relatif.

Dilansir dari Bright Side, Rabu (15/9/2021), berikut 8 standar kecantikan yang unik di berbagai negara Asia:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 9 halaman

1. Alis Tebal (Tajikistan)

Ketika para wanita di berbagai belahan dunia mencabut alis mereka dan menggunakan lilin untuk mendapatkan bentuk yang sempurna, Tetapi berbeda dengan wanita di Tajikistan, menurut mereka alis alami adalah tanda kecantikan tradisional. Gadis-gadis yang tidak memiliki alis lebat menggunakan ramuan daun hijau khusus yang disebut dengan 'usma'.

Mereka juga mewarnai ruang di antara alis dan membuatnya telihat tebal. Para orang tua bahkan menerapkan teknik ini pada alis putri mereka sejak kecil.

3 dari 9 halaman

2. Leher Panjang (Thailand)

Leher panjang adalah simbol perempuan dalam suku Kayan. Namun, banyak berspekulasi tentang asal muasal tradisi ini. Banyak yang percaya bahwa pada masa-masa awal tradisi ini, untuk melindungi perempuan dari perbudakan, dan beberapa orang juga mengatakan bahwa dengan lehernya yang panjang, para wanita itu menyerupai naga, yang merupakan tokoh penting dalam cerita rakyat setempat.

4 dari 9 halaman

3. Mengikir Gigi (Indonesia)

Bagi masyarakat Bali, mengikir gigi merupakan ritual tradisional. Terutama pada kalangan remaja, tradisi ini dipercaya untuk mengusir roh jahat.

Mengikir gigi di Indonesia adalah tanda kedewasaan, sehingga setelah tradisi ini dilakukan remaja dianggap telah siap untuk menikah. Walaupun tradisi mengikir gigi prosesnya tidak terlalu sulit dan tidak tersebar luas seperti dulu, sebagian masyarakat Bali masih melakukannya meski mereka tinggal jauh dari tanah air.

5 dari 9 halaman

4. Kuku kaki panjang (India)

Pada tahun 2015, Shridhar Chillal seorang wanita asal India menjadi orang yang memiliki kuku terpanjang di salah satu tangan nya dan pernah diakui oleh Rekor Dunia Guinness. Namun ternyata, wanita India tidak hanya menumbuhkan dan membiarkan kuku tangan nya panjang, mereka juga menumbuhkan kuku kaki yang panjang.

Berbeda dengan tren dunia, kuku kaki yang panjang dan berwarna dianggap populer di negara ini.

6 dari 9 halaman

5. Wajah berbentuk hati (Korea Selatan)

Mengkontur wajah di Korea Selatan menempati posisi ketiga dalam operasi plastik. Terlepas dari risiko yang dapat berpotensi, wanita Korea Selatan akan menjalani operasi plastik dengan mengurangi tulang pipi, V-line, dan rahang untuk mendapatkan wajah berbentuk hati.

7 dari 9 halaman

6. 'Yaeba' Gigi Gingsul (Jepang)

Disaat orang-orang di belahan dunia lain menghabiskan banyak uang untuk merapikan gigi, tren sebaliknya terjadi di Jepang. Wanita Jepang rela membayar untuk membuat gigi mereka terlihat menyangkut. Tren ini disebut yaeba atau “gigi gingsul”.

Dokter gigi membuat “snaggleteeth” dengan cara merekatkan taring mini permanen atau sementara pada gigi taring atas. Tren ini membuat wanita terlihat lebih muda, oleh karena itu populer di kalangan gadis Jepang.

8 dari 9 halaman

7. Gigi Hitam (Jepang)

Menghitamkan gigi atau 'ohaguro' adalah kebiasaan wanita Jepang untuk mewarnai gigi menjadi hitam dengan cairan besi. Ohaguro adalah simbol status yang banyak digunakan oleh wanita untuk menunjukkan kecantikan dan kesiapan mereka untuk menikah.

Meskipun saat ini tidak ada lagi yang menggunakan tradisi tersebut, gigi hitam dianggap indah dalam sejarah Jepang.

9 dari 9 halaman

8. Perban hidung (Iran)

Dahulu, Iran telah dijuluki sebagai “ibu kota operasi hidung dunia.” karena operasi hidung sangat populer saat itu. Sebagian besar wanita Iran memang menutupi tubuh dan kepala mereka dan itulah sebabnya mereka sangat menyukai penampilan wajah mereka.

Perban di hidung setelah operasi bahkan memiliki nama khusus yaitu, "perban kehormatan." Bukan berusaha untuk menyembunyikannya, tetapi sebaliknya, mereka dengan bangga menunjukkan ini sebagai tanda telah melakukan operasi hidung baru-baru ini.

Perban ini bahkan dianggap sebagai simbol kekayaan untuk menunjukkan bahwa mereka mampu melakukan operasi semacam ini. Sehingga beberapa dari mereka terus mengenakan perban walaupun telah selesai operasi dalam waktu yang lama.

Dari 8 standar kecantikan di atas mana yang paling unik menurut Anda?

 

Penulis : Vania Dinda Marella