Sukses

Thailand Bersiap Kembali Mulai Sekolah Tatap Muka di Tengah Pandemi COVID-19

Thailand tengah mempersiapkan sekolah tatap muka.

Liputan6.com, Bangkok - Thailand meluncurkan berbagai tindakan pengendalian COVID-19 yang ketat pada Selasa (14/9) sebagai persiapan untuk memulai kembali kegiatan sekolah tatap muka di sekolah.

Dikenal sebagai Sandbox Safety Zone in School (SSS), inisiatif ini dikembangkan bersama oleh kementerian pendidikan dan kesehatan masyarakat. Langkah-langkah tersebut bertujuan untuk menciptakan zona aman di lembaga pendidikan setelah mereka diizinkan untuk melanjutkan operasi di tempat. 

Melansir Channel News Asia, Rabu (15/9/2021), banyak sekolah di Thailand tetap tutup selama beberapa bulan karena pandemi COVID-19

“Kementerian Kesehatan menyadari sepenuhnya bahwa penting bagi siswa untuk bersekolah seperti biasa karena mempengaruhi interaksi di antara mereka sendiri dan interaksi mereka dengan masyarakat. Selain itu, banyak kegiatan yang anak-anak tidak bisa pelajari sepenuhnya secara online,” kata Dr Suwanchai Watthanayingcharoenchai, Direktur Jenderal Departemen Kesehatan, dalam konferensi pers.

Namun, pembelajaran di tempat diharapkan dapat dilanjutkan pada semester kedua pada bulan November karena pemerintah berencana untuk memvaksinasi 4,5 juta anak berusia antara 12 dan 17 pada bulan depan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbedaan Tiap Zona

Di bawah inisiatif SSS, lembaga pendidikan akan dikategorikan menurut tingkat keparahan penularan di provinsi masing-masing, dari hijau ke kuning, oranye, merah dan merah tua. Setiap kategori akan memerlukan langkah-langkah pengendalian COVID-19 yang berbeda.

Ini termasuk persyaratan bagi lembaga pendidikan untuk menilai kesiapan mereka untuk pendidikan di tempat berdasarkan pedoman yang diberikan oleh Departemen Kesehatan dan untuk melakukan kegiatan belajar dalam kelompok kecil.

Mereka yang berada di zona berisiko tinggi seperti Bangkok perlu melakukan tes antigen cepat COVID-19 satu atau dua kali per minggu. Mereka juga diharuskan mengeluarkan izin sekolah untuk setiap siswa, guru, dan staf pendidikan untuk tujuan penyaringan dan pemantauan.

“Kartu sekolah akan berisi informasi seperti penilaian risiko pribadi mereka, hasil tes antigen cepat mereka, catatan vaksinasi atau riwayat medis satu sampai tiga bulan jika mereka pernah terinfeksi sebelumnya,” kata Dr Suwanchai dari Departemen Kesehatan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.