Sukses

Jepang Bakal Terima 150 Juta Dosis Vaksin TAK-019 dari Novavax, Diklaim 90% Ampuh Lawan COVID-19

Vaksin COVID-19 buatan Novavax ini akan didatangkan pada 2022.

Liputan6.com, Tokyo - Pemerintah Jepang akan menerima 150 juta dosis vaksin Novavax dari Amerika Serikat. Vaksin COVID-19 itu akan datang mulai awal 2022.

Berdasarkan laporan Kyodo, Rabu (8/9/2021), manufaktur vaksin dan distribusi vaksin Novavax di Jepang akan dilakukan oleh Takeda Pharmaceutical yang bermarkas di Tokyo.

Takeda dan Novavax saat ini sedang mengembangkan vaksinnya yang akan digunakan sebagai booster dan supaya efektif melawan varian virus corona.

Vaksin itu disebut TAK-019 di Jepang. Kementeran Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang berkata vaksin itu 90 persen efektif dalam mencegah COVID-19 dalam uji klinis yang dilaksanakan di luar negeri.

Saat ini, Novavax belum digunakan di AS. Pihak perusahaan masih mengajukan penggunaan darurat untuk vaksin COVID-19 mereka.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daya Tahan Vaksin

Hingga kini, belum diketahui berapa lama vaksin Novavax bisa kuat melawan COVID-19. Di AS, vaksin Pfizer dan Moderna mulai mendorong adanya vaksin booster alias suntikan ketiga agar tubuh makin kuat melawan COVID-19. 

Vaksin Novavax di Jepang juga masih harus mendapatkan restu Kemenkes. Setelah dapat izin, Takeda baru akan mendistribusikan vaksinnya. Lokasi manufaktur berada di Prefektur Yamaguchi. 

Sebelumnya, pemerintah Jepang juga memesan vaksin Moderna melalui Takeda. 50 juta vaksin Moderna akan didatangkan ke Jepang pada 2022. 

Jepang juga sedang berdiskusi dengan Pfizer untuk mendapatkan tambahan dosis vaksin Pfizer hingga 120 juta.

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.