Sukses

Joe Biden Tiba di Inggris untuk KTT G7, Perjalanan Luar Negeri Perdana Sejak Menjabat

Liputan6.com, Mildenhall - Presiden AS Joe Biden tiba di Inggris pada Rabu 9 Juni 2021 dalam perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak menjabat.

Perjalanannya ini merupakan misi delapan hari untuk membangun kembali hubungan trans-Atlantik yang tegang selama era Trump dan untuk memperbaiki hubungan dengan Rusia.

Perjalanan itu menguji kemampuan presiden Joe Biden untuk mengelola dan memperbaiki hubungan dengan sekutu utama yang kecewa dengan tarif perdagangan dan penarikan diri dari perjanjian oleh Presiden Donald Trump.

"Akankah aliansi dan institusi demokrasi yang membentuk begitu banyak abad terakhir membuktikan kapasitas mereka melawan ancaman dan musuh zaman modern? Saya yakin jawabannya adalah ya. Dan minggu ini di Eropa, kami memiliki kesempatan untuk membuktikannya," kata Biden dalam sebuah artikel yang diterbitkan di Washington Post. Demikian seperti melansir Channel News Asia, Kamis (10/6/2021). 

Biden mengatakan kepada wartawan ketika dia berangkat ke Eropa bahwa tujuannya adalah "memperkuat aliansi, menjelaskan kepada Putin dan China bahwa hubungan Eropa dan Amerika Serikat ketat".

2 dari 4 halaman

Bakal Temui Vladimir Putin

Pertemuan puncaknya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 16 Juni di Jenewa adalah salah satu tujuan utama dari perjalanan tersebut.

Ini merupakan kesempatan untuk menyampaikan keprihatinan AS secara langsung dengan Putin tentang serangan ransomware yang berasal dari Rusia, agresi Moskow terhadap Ukraina dan sejumlah masalah lainnya.

Berbicara kepada pasukan AS yang berbasis di pangkalan Royal Air Force Mildenhall, Biden menetapkan nada keras untuk pertemuannya dengan Putin, dengan mengatakan dia akan "memberi tahu dia apa yang saya ingin dia ketahui".

"Kami tidak mencari konflik dengan Rusia," kata Biden. Dia mengatakan Amerika Serikat menginginkan hubungan yang stabil dan dapat diprediksi dengan Rusia tetapi "Amerika Serikat akan merespons dengan cara yang kuat dan bermakna jika pemerintah Rusia terlibat dalam kegiatan berbahaya".

Dia juga datang ke Eropa dengan niat baik, pengumuman yang direncanakan bahwa Amerika Serikat akan membeli dan menyumbangkan 500 juta dosis vaksin virus corona Pfizer ke sekitar 100 negara selama dua tahun ke depan.

AS telah menghadapi kritik karena mengamankan akses ke banyak persediaan awal vaksin yang paling menjanjikan.

Biden akan melakukan pemberhentian pertamanya dalam perjalanan di desa tepi laut St Ives di Cornwall di mana ia akan berpartisipasi dalam KTT G7. Pertemuan tersebut diharapkan akan didominasi oleh diplomasi vaksin, perdagangan, iklim dan inisiatif untuk membangun kembali infrastruktur di negara berkembang. Para pejabat AS melihat upaya itu sebagai cara untuk melawan pengaruh China yang semakin besar.

Dorongannya untuk pajak minimum global pada perusahaan multinasional menghadapi tentangan di dalam negeri. Para menteri keuangan G7 sepakat sebelum KTT untuk mengejar tarif pajak minimum global setidaknya 15 persen dan untuk memungkinkan negara-negara pasar mengenakan pajak hingga 20 persen dari kelebihan keuntungan - di atas margin 10 persen - yang dihasilkan oleh sekitar 100 besar perusahaan dengan keuntungan tinggi.

Partai Republik menentang rencana itu minggu ini yang berpotensi memperumit kemampuan AS untuk menerapkan perjanjian global yang lebih luas.

3 dari 4 halaman

Akan Temui PM Boris Johnson

Biden juga akan mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada hari Kamis di Cornwall. Ini akan menjadi kesempatan untuk memperbarui "hubungan khusus" AS-Inggris setelah Brexit Inggris keluar dari Uni Eropa. Kedua negara akan mengeluarkan pernyataan prinsip bersama yang diperbarui antara kedua negara untuk menghormati Piagam Atlantik asli dari tahun 1941.

Tetapi keduanya memiliki masalah kebijakan yang mendalam untuk didiskusikan, dengan Biden bersiap untuk memperkuat dukungan kuat AS untuk perjanjian damai Jumat Agung 1998 yang mengakhiri pertumpahan darah selama beberapa dekade di Irlandia Utara, menurut penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan.

Kesepakatan itu dipertanyakan dengan keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Biden dan Johnson juga akan membahas perubahan iklim, sebuah proposal untuk melawan pengaruh global China pada infrastruktur dan penarikan pasukan barat dari Afghanistan.

Biden juga diperkirakan akan membahas kekhawatiran atas pipa Nord Stream 2 Rusia dengan pejabat Jerman. Pemerintahan Biden menentang pipa gas alam senilai US$11 miliar tetapi Jerman menginginkannya selesai.

Setelah tiga hari pertemuan puncak G7, Biden dan istrinya, Jill, akan mengunjungi Ratu Elizabeth di Kastil Windsor. Biden yang berusia 78 tahun bertemu dengan ratu pada tahun 1982 ketika dia menjadi senator AS dari Delaware.

4 dari 4 halaman

Temui Pemimpin NATO dan UE

Biden kemudian melakukan perjalanan ke Brussel untuk melakukan pembicaraan dengan para pemimpin NATO dan Uni Eropa. Agenda tersebut diperkirakan akan didominasi oleh Rusia, China dan isu abadi untuk membuat sekutu NATO berkontribusi lebih banyak pada pertahanan bersama.

Biden menutup perjalanan di Jenewa dengan sesi bersama Putin, yang telah menikmati hubungan persahabatan dengan Trump. Pertemuan tersebut pun diperkirakan menjadi pertemuan paling berat dalam perjalanannya. 

Sullivan mengatakan kepada wartawan bahwa Biden berharap pertemuan G7 dan NATO-nya akan meningkatkan rasa persatuan sekutu saat ia memasuki sesinya dengan Putin, di mana ia akan menekan Putin pada berbagai keluhan AS.

Tidak ada terobosan besar yang diharapkan dari KTT tersebut.