Sukses

5 Fakta Varian Hibrida Virus Corona COVID-19 Baru di Vietnam

Fakta-fakta terkait temuan jenis baru Virus Corona di Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan Vietnam telah mendeteksi sebuah varian Virus Corona COVID-19 baru yang katanya muncul untuk menjadi hibrida dari dua strain yang sangat menular.

Sejauh ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengidentifikasi empat varian SARS-CoV-2 yang menjadi perhatian global. Ini termasuk varian yang diidentifikasi pertama kali di India, Inggris Raya, Afrika Selatan, dan Brasil.

Sebelumnya, Vietnam telah berhasil menjadi contoh utama dalam mengatasi virus berkat strategi agresif dalam penyaringan awal penumpang di bandara dan program karantina dan pemantauan yang ketat.

Namun sejak akhir April, Vietnam telah melaporkan peningkatan tajam dalam kasus COVID-19. Hampir setengah dari 6.396 infeksi yang dikonfirmasi dilaporkan dalam sebulan terakhir saja, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Mengutip berbagai sumber, berikut adalah sejumlah fakta soal varian baru COVID-19 yang ditemukan di Vietnam:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Gabungan Varian Inggris dan India

Mengutip Al Jazeera, pihak berwenang di Vietnam telah mendeteksi varian virus corona baru yang merupakan hibrida dari strain yang ditemukan di India dan Inggris.

Nguyen Thanh Long, menteri kesehatan Vietnam, mengatakan pada pertemuan pemerintah pada Sabtu 29 Mei bahwa para ilmuwan menemukan varian baru setelah memeriksa susunan genetik virus yang telah menginfeksi beberapa pasien baru-baru ini.

“Bahwa (varian) yang baru merupakan varian India dengan mutasi yang semula milik varian Inggris sangat berbahaya,” ucapnya.

3 dari 6 halaman

2. Menyebar Lewat Udara

Selain diketahui merupakan gabungan dari varian Inggris dan India, pihak berwenang juga mengumumkan bahwa varian tersebut menyebar dengan cepat melalui udara.

Sementara itu untuk penanganannya, Dr. Zaheer, seorang anggota Satgas COVID-19 di Maharastra mengatakan penyebaran lewat udara yang dapat menempuh jarak tertentu, tetap membutuhkan cara perlindungan yang sama.

“Ditemukan bahwa virus menyebar lebih banyak di dalam ruangan daripada di luar ruangan. Jika Anda berada di dalam ruangan yang berventilasi baik, Anda aman tetapi duduk di ruangan tertutup tanpa masker berisiko. Virus akan terus berkembang biak," ujar Zaheer.

"Influenza bermutasi jauh lebih cepat daripada SARS-COV-2. Dengan prinsip shift and drift, influenza bermutasi setiap tahun dan itulah mengapa AS melakukan vaksinasi setiap tahun. Prinsip kami untuk mengobati penyakit akan tetap sama. Jarak fisik, vaksinasi populasi sebanyak mungkin, penyamaran ganda, menghindari kontak sosial yang tidak perlu, dan melanjutkan analisis genom untuk melihat strain mana yang ada di negara kita," imbuhnya lagi. 

4 dari 6 halaman

3. Menggandakan Diri dengan Cepat

Walaupun kini otoritas kesehatan Vietnam dan WHO masih menelusuri jenis varian ini secara lebih dalam, Menkes Vietnam telah menyatakan bahwa varian ini dapat menggandakan diri dengan cepat. 

Nguyen Thanh Long, menteri kesehatan Vietnam, mengatakan budaya laboratorium dari varian baru menunjukkan bahwa virus dapat menggandakan dirinya dengan sangat cepat.

Hal ini menjelaskan mengapa begitu banyak kasus baru muncul di berbagai bagian negara dalam waktu singkat.

"Tes laboratorium menunjukkan strain baru mungkin menyebar lebih mudah daripada versi lain dari virus," kata menteri Long.

5 dari 6 halaman

4. Pertama Ditemukan di Kawasan Industri

Sebagian besar transmisi baru ditemukan di Bac Ninh dan Bac Giang, dua provinsi yang padat dengan zona industri tempat ratusan ribu orang bekerja untuk perusahaan besar termasuk Samsung, Canon, dan Luxshare, mitra dalam merakit produk Apple.

Terlepas dari peraturan kesehatan yang ketat, sebuah perusahaan di Bac Giang menemukan bahwa seperlima dari 4.800 pekerjanya dinyatakan positif terkena virus.

Di Kota Ho Chi Minh, kota metropolis terbesar di negara itu dengan populasi sembilan juta, setidaknya 85 orang telah dites positif sebagai bagian dari cluster di sebuah gereja Protestan, kata kementerian kesehatan Vietnam.

6 dari 6 halaman

5. Masih Terus Diselidiki WHO

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa Kelompok Kerja Evolusi Virusnya sedang bekerja dengan para pejabat di Vietnam untuk mengonfirmasi kemungkinan varian virus corona baru setelah empat orang dipastikan terinfeksi dengan strain baru yang dicurigai.

"Kami belum melakukan penilaian terhadap varian virus yang dilaporkan di Vietnam. Kami berharap lebih banyak varian akan terus terdeteksi saat virus beredar dan berkembang serta kapasitas pengurutan yang ditingkatkan di seluruh dunia," kata pimpinan teknis WHO untuk COVID-19 Maria Van Kerkhove dalam sebuah pernyataan.

"Dari apa yang kami pahami, varian yang mereka deteksi adalah varian B.1.617.2 kemungkinan dengan mutasi tambahan, namun kami akan memberikan informasi lebih lanjut segera setelah kami menerimanya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.