Sukses

Mengenal Taiwania, Jenis Pohon di Taiwan yang Mampu Tumbuh Setinggi Gedung Berlantai 33

Liputan6.com, Taipei - Walau tidak besar, Taiwan memiliki pepohonan yang dapat "menyentuh bulan". Memiliki 268 gunung dengan ketinggian lebih dari 3.000 meter, pohon-pohon raksasa dengan tinggi seratur meter ini menjadi aset alam yang berharga di seluruh dunia.

Pepohonan tersebut berumur lebih dari 3.000 tahun dan telah menjadi saksi perubahan ekologi bumi dari tahun ke tahunnya.

Di antara pohon-pohon tersebut ada Taiwan Shan atau Taiwania, pohon tertinggi di Taiwan dengan tinggi yang mencapai seratus meter atau sama dengan 33 lantai.

Ada di Bumi selama lebih dari seratus juta tahun, Taiwan Shan merupakan fosil yang masih hidup.

2 dari 3 halaman

Telah Berdiri Selama Ribuan Tahun

Tersebar di daerah pegunungan barat daya Asia, pohon ini bisa dikatakan sebagai spesies yang hanya ada di Taiwan.

Selain Taiwan Shan, cemara merah Taiwan juga merupakan tanaman unik negara tersebut yang tumbuh subur di pegunungan antara 1.800 dan 2.500 meter di atas permukaan laut dengan tinggi yang bisa mencapai 60 meter dan lebar lebih dari enam meter.

Spesies pohon dari kelompok pohon dewa Alishan yang terkenal adalah cemara merah Taiwan karena merupakan salah satu bahan bangunan dengan kualitas terbaik di dunia.

Hanya ada enam atau tujuh spesies tanaman cemara di dunia yang tersebar di Amerika Utara, Jepang, dan Taiwan.

Pohon-pohon tersebut telah berdiri di pegunungan Taiwan selama ribuan tahun dan telah menjadi saksi perubahan sejarah serta membantu menjaga ekosistem Bumi.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksinasi Covid-19 Lansia di Indonesia Masih Rendah