Sukses

Afsel hingga AS, Ini Sederet Aksi Dukungan untuk Palestina di Tengah Konflik dengan Israel

Konflik yang tengah memuncak saat ini antara Palestina dan Israel menuai dukungan dari banyak negara.

Liputan6.com, Jakarta - Konflik yang terjadi antara Israel dan Palestina saat ini tengah berada di puncaknya. 

Korban tewas secara keseluruhan di Gaza sekarang mencapai 188 orang, termasuk 55 anak-anak dan 33 wanita, dengan 1.230 terluka, menurut kementerian kesehatan yang dikendalikan Hamas. Israel mengatakan lusinan militan termasuk di antara mereka yang tewas. 

Hal ini pun kemudian menuai protes, kecaman dan peringatan dari berbagai pihak. 

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa António Guterres telah memperingatkan bahwa pertempuran lebih lanjut dapat menjerumuskan kawasan itu ke dalam "krisis yang tidak dapat dikendalikan".

Selain itu, masyarakat dunia pun tak ketinggalan untuk menyuarakan keprihatinan mereka terhadap korban di Palestina

Mengutip berbagai sumber, berikut adalah sederet aksi dukungan untuk Palestina atas apa yang terjadi saat ini:

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Inggris

Ribuan orang telah berbaris melalui pusat kota London untuk mendukung Palestina di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan militan di Gaza.

Melansir BBC, penyelenggara protes meminta pemerintah Inggris untuk berhenti membiarkan apa yang mereka gambarkan sebagai "kekerasan brutal Israel dan penindasan terhadap rakyat Palestina".

Demonstran berbaris ke kedutaan Israel sambil terus meneriakkan "bebaskan Palestina".

Demonstrasi di London telah diselenggarakan oleh Kampanye Solidaritas Palestina, Sahabat Al-Aqsa, Forum Palestina di Inggris, Koalisi Penghentian Perang, Kampanye Pelucutan Senjata Nuklir dan Asosiasi Muslim Inggris.

Seorang juru bicara penyelenggara mengatakan: "Sangat penting bahwa pemerintah Inggris mengambil tindakan segera.

"Itu harus berhenti membiarkan kekerasan brutal Israel terhadap dan penindasan terhadap rakyat Palestina dibiarkan begitu saja." 

Mereka mengatakan pemboman Gaza "yang membunuh warga sipil termasuk anak-anak adalah kejahatan perang", sambil menambahkan: "Pemerintah Inggris terlibat dalam tindakan ini selama terus menawarkan dukungan militer, diplomatik dan keuangan Israel."

3 dari 6 halaman

2. Kanada

Di ibu kota negara, ribuan demonstran yang mendukung warga Palestina berkumpul di Monumen Hak Asasi Manusia dekat Balai Kota Ottawa dan berbaris melalui jalan-jalan pusat kota.

Sementara itu di Toronto, ribuan orang juga berkumpul di Nathan Phillips Square di depan Balai Kota Toronto, banyak yang memegang bendera Palestina dan tanda bertuliskan, "Bebaskan Palestina". Demikian seperti melansir CTV News

Protes di Toronto juga disambut dengan sekelompok kecil pengunjuk rasa pro-Israel, dengan barikade yang dipasang antara kedua kelompok oleh polisi.

4 dari 6 halaman

3. Italia

Ribuan orang berkumpul selama akhir pekan di alun-alun di kota-kota utama Italia dan di sejumlah tempat lainnya di negara itu untuk mengekspresikan solidaritas dengan rakyat Palestina.

Menurut laporan Arab News, ribuan orang berkumpul di Piazza dell'Esquilino, alun-alun besar di Roma. Mereka terlihat mengibarkan bendera Palestina dan meneriakkan slogan dukungan.

“Kami ingin mengirim pesan kepada dunia tentang kejahatan yang dilakukan oleh otoritas pendudukan Israel terhadap rakyat Palestina, dan kebijakan diskriminasi rasial, dan perluasan dengan mengorbankan properti dan hak rakyat Palestina,” Youssef Salman, seorang pemimpin komunitas Palestina di Roma.

Sementara itu, di pelabuhan di kota Livorno, buruh pelabuhan milik organisasi serikat buruh independen menolak untuk memuat senjata ke kapal kargo setelah mengetahui bahwa mereka sedang menuju Israel.

5 dari 6 halaman

4. Afrika Selatan

Ratusan warga Afrika Selatan memprotes serangan Israel di Jalur Gaza dan tindakan keras yang sedang berlangsung di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki.

"Di mana umat manusia? Orang-orang sekarat. Kami merasakan sakit bersamamu," ujar Sheikh Riad Fataar, wakil presiden Dewan Peradilan Muslim Afrika Selatan (MJC) dalam protes di Cape Town. Demikian seperti mengutip Anadolu Agency

6 dari 6 halaman

5. Amerika Serikat

Ribuan pengunjuk rasa pro-Palestina telah berunjuk rasa di jalan-jalan Los Angeles, New York, Boston, Philadelphia dan kota-kota lain di seluruh Amerika Serikat, menuntut diakhirinya serangan udara Israel yang mematikan di Jalur Gaza.

Mengutip Al Jazeera, di Los Angeles pada Sabtu (15/5), pengunjuk rasa yang melambaikan tanda yang bertuliskan "Bebaskan Palestina" menutup lalu lintas di jalan raya utama, sementara di New York, kerumunan besar berbaris melalui Brooklyn, meneriakkan "Bebaskan Palestina" dan "Dari sungai ke laut, Palestina akan merdeka."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.