Sukses

15 Mei 1954: Ratu Elizabeth Pulang ke Inggris Pakai Kapal Usai Dinas 6 Bulan

Liputan6.com, London - Tepat hari ini tahun 1954, Keluarga Kerajaan Inggris kembali dengan selamat dari tur enam bulan di Persemakmuran dan mendapat sambutan yang meriah di London, Inggris.

Dikutip dari laman BBC, Sabtu (15/5/2021) ribuan orang berbondong-bondong ke tepi Sungai Thames untuk melihat Royal Yacht Britannia yang membawa pulang Ratu Elizabeth II.

Sirene kapal dan pemilik pabrik menyambut Ratu, Duke of Edinburgh dan kedua anak mereka, Pangeran Charles dan Putri Anne.

Mereka menghabiskan sebagian besar perjalanan di platform memberi hormat kepada kapal dan melambaikan tangan ke serta mengambil foto.

Mereka bergabung dengan Perdana Menteri, Sir Winston Churchill, yang tinggal di kapal pesiar pada malam sebelumnya atas undangan Ratu, setelah naik di Yarmouth, di Pulau Wight.

Sebuah spanduk merah-putih besar digantung di Tower Bridge bertuliskan, "Selamat Datang kembali ke Rumah".

Lengan jembatan kembar dibuka sepenuhnya yang kemudian memungkinkan kapal pesiar lewat, serta pengawalnya, dan perahu kecil yang tak terhitung jumlahnya.

Ratu Elizabeth, Ibu Suri dan Putri Margaret bergabung dengan rombongan kerajaan di atas kapal tongkang untuk perjalanan selanjutnya ke Westminster.

Saat mereka pergi, terdengar hormat dengan 41 senjata dari Menara London.

 

2 dari 3 halaman

Masalah kesehatan

Tepi Sungai Thames di Westminster kembali dipenuhi dengan kerumunan yang bersorak-sorai saat Keluarga Kerajaan akhirnya turun ke tanah.

Itu adalah pandangan close-up pertama Ratu yang dapat dilihat banyak orang sejak kekhawatiran akan kesehatannya di akhir tur berat tersebut.

Dia tampak sehat dan ceria, tetapi berat badannya turun.

Keluarga Kerajaan melanjutkan ke Istana Buckingham dengan tiga gerbong, melalui jalan-jalan yang dipenuhi orang-orang yang bersorak-sorai melambai-lambaikan bendera, beberapa di antaranya telah menunggu sepanjang malam untuk melihat Ratu dan keluarganya lewat.

Bahkan ketika Ratu tiba di Istana Buckingham, tidak lama setelah pintu ditutup, teriakan mulai terdengar: "Kami menginginkan Ratu!"

Dalam waktu sepuluh menit, Ratu dan Duke of Edinburgh, bersama kedua anak mereka, muncul di balkon untuk melihat rakyat.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: