Sukses

AS, Jepang dan Korsel Sepakat Lakukan Kerja Sama Diplomasi Terkait Korea Utara

Di sela-sela pertemuan G7, AS, Jepang dan Korsel melakukan pertemuan trilateral untuk diplomasi terkait Korea Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang berjanji untuk bekerja sama terkait masalah Korea Utara ketika diplomat utama mereka bertemu di London, bersatu meskipun ada ketegangan baru antara negara-negara Asia.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken duduk di tengah meja berbentuk U dengan rekannya dari Jepang dan Korea Selatan Toshimitsu Motegi dan Chung Eui-yong di setiap sisi di ruang konferensi hotel di sela-sela pertemuan G7.

Melansir Channel News Asia, Kamis (6/5/2021), Departemen Luar Negeri mengatakan pertemuan itu dimaksudkan untuk "mempromosikan solidaritas trilateral" dan membahas tinjauan kebijakan oleh Presiden Joe Biden yang akan melanjutkan diplomasi dengan Korea Utara.

Blinken dan kedua menteri "menegaskan kembali komitmen mereka untuk melakukan kerja sama trilateral bersama menuju denuklirisasi semenanjung Korea, serta masalah lain yang menjadi kepentingan bersama," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price.

Kementerian luar negeri Korea Selatan juga mengatakan ketiganya "menegaskan kembali pentingnya kerjasama trilateral Korea-AS-Jepang" dan berkomitmen untuk bekerja "guna mempromosikan perdamaian, keamanan dan kemakmuran di kawasan".

Kedua negara Asia tersebut adalah sekutu yang terikat perjanjian dengan Amerika Serikat tetapi telah lama mengalami gesekan karena warisan pemerintahan kolonial Jepang yang keras di semenanjung Korea.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gesekan Hubungan Kedua Negara

Korea Selatan bulan lalu menyuarakan "kekecewaan yang mendalam" setelah Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengirim persembahan ke kuil Yasukuni, yang menghormati korban perang termasuk narapidana penjahat perang, meskipun para pemimpin di Tokyo dalam beberapa tahun terakhir menahan diri dari langkah kunjungan yang lebih eksplosif.

Hubungan memburuk tajam pada 2019, dengan Korea Selatan mundur pada menit terakhir dari penghentian kesepakatan tentang berbagi intelijen dengan Jepang tentang Korea Utara.

Sejak menjabat, Biden menekankan pada kerja sama dengan sekutu. Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengunjungi Tokyo dan Seoul bersama-sama dalam perjalanan luar negeri pertama mereka, dan penasihat keamanan nasional Jepang dan Korea Selatan bertemu bersama di dekat Washington ketika pemerintah menyimpulkan tinjauan kebijakan Korea Utara.

Awal pekan ini, perwira tinggi militer AS, Jenderal Mark Milley, bertemu bersama dengan rekan-rekannya dari Jepang dan Korea Selatan di Hawaii.

Pemerintahan Biden dalam tinjauan kebijakannya menyerukan untuk mengupayakan kemajuan praktis dengan Korea Utara, menghindari pertemuan puncak yang mencolok dan berisiko tinggi dari mantan presiden Donald Trump.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.