Sukses

8 Orang Tewas dalam Insiden Penembakan di 3 Tempat Spa Amerika Serikat

Liputan6.com, Atlanta - Delapan orang, termasuk setidaknya enam wanita Asia, tewas dalam insiden penembakan yang terjadi di tiga tempat spa berbeda di negara bagian Georgia, AS.

Mengutip BBC, Rabu (17/3/2021), polisi mengatakan empat orang tewas di sebuah panti pijat di Acworth, pinggiran utara Atlanta, dan empat lainnya di dua spa di kota itu sendiri.

Korea Selatan kemudian mengonfirmasi bahwa empat dari korban adalah keturunan Korea.

Para pejabat mengatakan, seorang pria berusia 21 tahun telah ditangkap dan diyakini sebagai tersangka dalam ketiga serangan tersebut.

Hingga kini, masih belum ada motif penembakan yang diketahui. Namun, kejahatan rasial terhadap orang Asia-Amerika telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, dipicu oleh retorika yang menyalahkan orang Asia atas penyebaran COVID-19. 

Dalam pidatonya minggu lalu, Presiden Joe Biden mengutuk "kejahatan kebencian yang kejam terhadap orang Asia-Amerika yang telah diserang, dilecehkan, disalahkan dan dikambinghitamkan."

2 dari 3 halaman

Terjadi di 3 Tempat Berbeda

Penembakan pertama terjadi sekitar pukul 17:00 (21:00 GMT) di Youngs Asian Massage Parlor di Acworth, Kabupaten Cherokee.

Juru bicara kantor Sheriff Kapten Jay Baker mengatakan dua orang tewas di tempat kejadian dan tiga dibawa ke rumah sakit, di mana dua lainnya meninggal. Dia kemudian mengkonfirmasi bahwa korbannya adalah dua wanita Asia, seorang wanita kulit putih dan seorang pria kulit putih, dan seorang pria Hispanik telah terluka. 

Kurang dari satu jam kemudian, polisi dipanggil atas aksi "perampokan yang sedang berlangsung" di Gold Spa di timur laut Atlanta.

"Setibanya di sana, petugas menemukan tiga perempuan yang tewas di dalam lokasi dari luka tembak," kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Saat berada di sana, petugas dipanggil ke spa di seberang jalan, yang disebut Spa Aromaterapi, di mana mereka menemukan wanita lain yang ditembak mati.

Polisi yang dikutip oleh Atlanta Journal-Constitution mengatakan bahwa keempat korban Atlanta adalah wanita Asia.

Penyelidik yang telah mempelajari rekaman CCTV kemudian merilis gambar seorang tersangka di dekat salah satu spa. 

Polisi mengatakan bahwa, setelah perburuan, Robert Aaron Long, dari Woodstock, Georgia, ditangkap di Crisp County, sekitar 150 mil (240km) selatan Atlanta.

Kapten Baker mengatakan para penyelidik "sangat yakin" bahwa tersangka yang sama adalah pria bersenjata dalam ketiga penembakan tersebut.

Pihak berwenang mengatakan masih terlalu dini dalam penyelidikan untuk mengetahui apakah para korban menjadi sasaran karena ras atau etnis mereka.

Namun, kelompok advokasi Stop AAPI Hate [Orang Asia Amerika dan Kepulauan Pasifik] menyebutnya "tragedi yang tak terkatakan".

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: