Sukses

Jalin Keakraban WNI di Sudan Via Olahraga, KBRI Khartoum Gelar Nusantara Games 2020

Untuk menjalin silaturahmi para WNI di Sudan, KBRI Khartoum menggelar kegiatan olahraga Nusantara Games 2020.

Liputan6.com, Khartoum - Pandemi Virus Corona COVID-19 yang kini masih melanda sebagian besar wilayah dan negara di dunia, tidak menghalangi perwakilan Indonesia di luar negeri untuk memfasilitasi wadah bagi para WNI di sejumlah negara untuk tetap bersilaturahmi. Salah satunya seperti kegiatan olahraga di Sudan. 

Nusantara Games 2020 resmi dibuka oleh KBRI Khartoum, pada 4 Desember 2020. Kegiatan tersebut pun tak lupa digelar dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. 

Dalam sambutannya, seperti dikutip dari situs Kemlu.go.id, Senin (7/11/2020), Duta Besar RI di Khartoum, Rossalis R. Adenan menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang tinggi kepada pengurus PPI, panitia penyelenggara Nusantara Games 2020 dan seluruh organisasi kekeluargaan mahasiswa Indonesia yang telah menyelenggarakan dan berpartisipasi pada kegiatan olahraga tersebut. Ditambah dengan adanya keterbatasan namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku serta disiplin ketat.

Nusantara Games 2020, melibatkan kegiatan lomba untuk 7 cabang olahraga dan seni, yaitu futsal, voli, tenis meja, basket dan sepak takraw serta lomba kaligrafi dan hafalan Al-Qur'an.

Kegiatan tersebut, dijadwalkan akan berlangsung hingga tanggal 11 Desember 2020.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Libatkan Mahasiswa Indonesia

Nusantara Games 2020 diikuti oleh 12 organisasi kekeluargaan mahasiswa Indonesia di Sudan. Setiap kekeluargaan mengirimkan 39 anggota terbaiknya untuk mengikuti cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Dilakukan dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas, rasa kekeluargaan dan kebersihan hati," jelas KBRI Khartoum dalam keterangan tertulisnya.

Tak hanya itu, organisasi kekeluargaan mahasiswa yang mendapatkan juara terbanyak bahkan akan mendapatkan piala bergilir Nusantara Games.

Nusantara Games 2020 dibuka dengan tendangan pertama pertandingan futsal oleh Dubes Rossalis.

Karena karena adanya pembatasan terkait COVID-19, acara pembukaan tersebut diselenggarakan secara sederhana. Meski demikian, acara masih berlangsung secara meriah dan penuh suasana kekeluargaan.

Tak hanya untuk kegiatan olahraga, KBRI Khartoum mengatakan bahwa Nusantara Games 2020 juga diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi yang memperkuat ikatan persaudaraan dan kekeluargaan antara sesama masyarakat Indonesia di Sudan, khususnya para mahasiswa.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.