Sukses

Seperti RI dengan Mensos Juliari Batubara, 5 Negara Hadapi Korupsi Penanganan COVID-19

Kasus suap Mensos RI Juliari Batubara menambah deretan tindak pidana korupsi yang berkaitan dengan penanganan pandemi COVID-19 di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial RI Juliari Batubara, pada Minggu 6 Desember 2020, ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas kasus dugaan suap bantuan sosial atau bansos COVID-19.

Penetapan tersangka itu merupakan tindak lanjut atas operasi tangkap tangan yang dilakukan komisi anti-rasuah itu pada Jumat (4/12/2020) dini hari.

"KPK menetapkan lima orang tersangka. Sebagai penerima JPB, MJS dan AW. Kemudian sebagai pemberi AIM dan HS," kata Ketua KPK Firli Bahuri saat konferensi pers, Minggu (6/12/2012) dini hari.

Juliari disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Kasus ini menambah deretan tindak pidana korupsi yang berkaitan dengan penanganan pandemi COVID-19 di dunia.

Sekjen PBB Antonio Guterres, pada 15 Oktober 2020, telah mengingatkan mengenai potensi maraknya kasus korupsi di tengah pandemi, menilainya sebagai perilaku "merusak pada masa-masa krisis" --ujarnya dalam pidato Statement on Corruption in the Context of COVID-19.

Perkiraan Guterres sedikit banyak telah terbukti. Tak hanya Indonesia, sejumlah negara di dunia juga menghadapi kasus korupsi yang berkaitan dengan upaya penanganan pandemi COVID-19.

Berikut 4 negara di antaranya, seperti dikutip dari berbagai sumber, Minggu (6/12/2020).

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bangladesh

Seperti dikutip dari Eastasiaforum.org, dugaan korupsi terkait dengan penanganan COVID-19 di Bangladesh meliputi penyelewangan distribusi bantuan sosial untuk warga miskin terdampak.

"Pada Mei 2020, pemerintah Bangladesh mengumumkan tujuh paket stimulus yang menargetkan berbagai sektor dan penerima manfaat. Tetapi sebagian besar paket ini tidak membantu orang miskin, dan sebaliknya diarahkan ke sektor garmen dan sektor industri dan layanan lainnya," kata peneliti sosial Lutfun Nahar Lata dari School of Social Science, University of Queensland (UQ) menulis untuk Eastasiaforum.org.

Pemerintah juga meluncurkan operasi Open Market Sale (OMS) khusus pada 6 April di tengah lockdown COVID-19. Program ini menjual beras hanya dengan US$ 0,12 per kilogram, tetapi orang-orang yang sangat lapar telah menyerang konvoi bantuan.

Sementara itu, lembaga penegak hukum mengejar ratusan pejabat terpilih, anggota partai yang berkuasa dan pemasok karena mencuri beras subsidi yang dimaksudkan untuk masyarakat miskin.

Pada 9 Juli, Daily Prothom Alo melaporkan bahwa wakil presiden Liga Petani Kota Rajshahi, cabang dari partai yang berkuasa, menerima US $ 30. Perbedaan serupa telah ditemukan di daerah lain, termasuk bantuan pangan. Setelah penyelidikan terhadap daftar penerima manfaat, Divisi Keuangan Bangladesh menurunkan 493.200 orang dari daftar karena mereka berasal dari keluarga yang baik. Ini menunjukkan bagaimana daftar penerima dipengaruhi oleh afiliasi politik rakyat daripada status ekonomi.

"Terlepas dari niat baik pemerintah dalam menawarkan paket stimulus bagi masyarakat miskin, mereka juga perlu mengatasi persoalan mengenai transparansi dan akuntabilitas," Lata mengatakan.

U4 Anti-Corruption Resource Centre, mengutip Presiden Partai Buruh Bangladesh, Rashed Khan Menon, menyebut bahwa berbagai kasus itu mengindikasikan "setidaknya sebagian akibat maraknya korupsi di dalam Kementerian Kesehatan Bangladesh," yang ia klaim "lebih berbahaya dari penyebaran virus corona."

3 dari 6 halaman

2. Zimbabwe

Pada 20 Juni 2020, menteri kesehatan Zimbabwe didakwa melakukan tindak pidana penyalahgunaan tugas sebagai petugas publik, yang dituduh secara ilegal memberikan kontrak bernilai jutaan dolar untuk pasokan medis COVID-19 kepada perusahaan bayangan yang menjual masker wajah pemerintah senilai US$ 28 dan bahan lainnya dengan harga meningkat.

Lembaga antikorupsi negara itu menangkap Obadiah Moyo dan pemerintah membatalkan kontrak menyusul keributan publik, AP melaporkan.

Salah satu putra Presiden Emmerson Mnangagwa terpaksa mengeluarkan pernyataan yang menyangkal tautan ke perusahaan setelah gambar-gambar muncul dari perwakilan Zimbabwe dari perusahaan yang menikmati perusahaan presiden dan istri dan putra-putranya di beberapa acara.

Perwakilan, Delish Nguwaya, dan beberapa pejabat tinggi badan pengadaan obat nasional sudah menghadapi tuntutan pidana terkait skandal tersebut.

Nguwaya dituduh berbohong dengan mengatakan perusahaan itu adalah perusahaan manufaktur obat-obatan yang berbasis di Swiss, "sedangkan itu hanya perusahaan konsultan tanpa pengalaman dalam pembuatan obat dan produk medis," menurut lembar tagihan.

Menteri kesehatan, mantan administrator rumah sakit, menghadapi denda atau hingga 15 tahun penjara jika dinyatakan bersalah. Dia diberikan jaminan dan akan kembali ke pengadilan pada 31 Juli. Penuntut awalnya menentang jaminan, dengan alasan dia bisa melarikan diri sebelum kesimpulan kasus ini, tetapi tidak meminta itu di pengadilan.

Menurut lembar tagihan, Moyo "memberikan tekanan" pada bawahannya untuk memberikan kontrak senilai $ 60 juta tahun lalu dan tahun ini.

4 dari 6 halaman

3. Afrika Selatan

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa telah memberi wewenang kepada Unit Investigasi Khusus (SIU) untuk mulai menyelidiki tuduhan terkait penyalahgunaan dana COVID-19 pada 28 Agustus 2020.

"Tuduhan korupsi dalam pengadaan barang dan jasa atas tanggapan negara kita terhadap pandemi virus corona telah menyebabkan kemarahan di antara orang-orang Afrika Selatan dan di antara kita di eksekutif," kata Ramaphosa saat menanggapi pertanyaan di Majelis Nasional, sebagaimana diwartakan Anadolu Ajansi.

Beberapa keluhan yang diajukan terhadap pejabat dan perusahaan terkait dengan pembuatan masker wajah, pembagian bingkisan makanan dan menyedot dana secara curang melalui kampanye kesadaran yang seharusnya.

"Sangat memalukan bahwa pada saat krisis nasional ini, ada perusahaan dan individu yang berusaha mendapatkan manfaat kriminal dari upaya kami untuk melindungi kesehatan rakyat dan menyelamatkan nyawa," kata Ramaphosa kepada legislator.

Dia mengatakan pekerjaan penyelidikan SIU sedang berlangsung bersama pusat koordinasi khusus yang baru-baru ini didirikan bertujuan untuk memperkuat upaya kolektif di antara lembaga penegak hukum untuk mencegah, mendeteksi, menyelidiki dan mengadili korupsi terkait COVID.

Dia mengatakan Perbendaharaan Nasional telah mengambil langkah efektif untuk memperketat peraturan pengadaan.

"Langkah-langkah ini akan memperkuat pekerjaan Auditor-Jenderal yang sedang berlangsung untuk mengaudit, secara real time, semua pengeluaran COVID," katanya.

Pemimpin Afrika Selatan itu mengatakan pertahanan terbesar terhadap korupsi dalam pengadaan publik adalah membuat seluruh proses lebih transparan dan terbuka untuk pengawasan publik.

5 dari 6 halaman

4. Italia

Di Italia, sebuah perusahaan pertanian yang berspesialisasi dalam rumah kaca berteknologi tinggi memenangkan kontrak publik untuk menyediakan 32 juta masker wajah kepada pemerintah, ICIJ.org melaporkan.

Namun diketahui kemudian, proses kontrak tersebut terindikasi korupsi, menurut surat kabar online Open, yang mempertanyakan "bagaimana bisa perusahaan yang tidak pernah bergerak di sektor industri medis memenangi tender produksi masker kesehatan untuk pemerintah".

Agensi Italia yang bertanggungjawab atas tender publik tersebut kemudan memblokir tawaran dan menyelidiki dugaan kasus.

6 dari 6 halaman

5. Uganda

Empat petinggi pemerintah Uganda ditangkap pada 9 April 2020 menyusul laporan mereka menggelembungkan harga pangan bantuan COVID-19.

Para terdakwa bekerja di kantor Perdana Menteri Ruhakana Rugunda dan menjalankan program untuk memberikan bantuan makanan bagi yang paling rentan di tengah pandemi virus corona. Mereka ditangkap karena menyebabkan kerugian pemerintah lebih dari $ 528.000.

Kepala unit anti-korupsi di Gedung Negara, Letkol. Edith Nakalema, mengatakan dia menerima arahan dari Presiden Yoweri Museveni untuk menyelidiki cara program ini dijalankan.

"Kami memiliki beberapa bukti yang jelas tentang pemasok terkenal, mampu dan kredibel yang menawarkan harga lebih rendah dan petugas akuntansi di OPM ditolak. Dan mereka malah mengambil yang lebih tinggi. Beberapa orang yang diberi tawaran untuk memasok, bahkan tidak disyalifikasi dan itu yang menjadi perhatian presiden," katanya seperti dikutip dari VOA.

Pejabat pemerintah yang ditangkap termasuk Sekretaris Tetap Christine Guwatudde Kintu, dan pejabat akuntansi Joel Wanjala, asisten komisioner pengadaan Fred Lutimba dan Martin Owor, kepala manajemen bantuan COVID-19, ditahan.

Pejabat di kantor perdana menteri bukan orang asing untuk korupsi dan penggelapan dana pemerintah, serta donor.

Analis Ekonomi Fred Muhumuza mencatat bahwa sementara catatan buruk berlanjut, langkah cepat presiden menunjukkan dia telah menjadikan mengatasi situasi sebagai prioritas.

"Kami tahu skandal ini akan keluar di akhir tahun. Untuk itu terjadi sekarang, berarti ada beberapa pengalaman di kantor presiden dalam menangani korupsi. Lewatlah sudah hari-hari ketika Anda hanya akan membeli makanan dan Anda pikir harganya tidak diketahui oleh orang lain, yang telah digunakan sebagai bukti. Karena saya membayangkan hari-hari itu akan menjadi proses yang sangat rahasia," katanya.

Mereka akan didakwa dengan penyalahgunaan jabatan melalui prasangka tindakan sewenang-wenang terhadap kepentingan majikan mereka, menyebabkan kerugian finansial dan memfasilitasi akuntansi penipuan dan berkonspirasi untuk melakukan penipuan. Sebuah keyakinan mengambil setidaknya lima tahun penjara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.