Sukses

Cegah Penyebaran COVID-19, Dubes RI untuk Kenya Minta WNI Patuhi Protokol Kesehatan

Liputan6.com, Nairobi - Usai tiba di Nairobi dan menyelesaikan masa karantina mandiri sebagai pencegahan penyebaran COVID-19, Duta Besar RI untuk Kenya Hery Saripudin menyapa masyarakat Indonesia.

Lewat akun Instagram resmi milik KBRI Nairobi @indonesiainnairobi, Dubes Hery Saripudin meminta agar warga Indonesia yang ada di Kenya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Corona COVID-19.

"Kami tetap mengimbau kepada seluruh warga, diaspora Indonesia untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan melaksanakan 3 M," ujar Dubes Hery Saripudin.

"Mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Kami mendoakan kepada bapak-bapak, ibu-ibu dan sahabat semua agar tetap sehat selalu."

Hery Saripudin yang baru saja dilantai menjadi duta besar Kenya juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memperkenalkan diri.

Selepas masa pandemi, Dubes Hery Saripudin juga menaruh harapan agar aktivitas masyarakat bisa kembali seperti sedia kala dan melakukan pertemuan secara langsung dengan WNI yang ada di Kenya.

"Perkenankan kami untuk memperkenalkan diri kepada bapak, ibu dan sahabat-sahabat KBRI Nairobi. Saya Mohamad Hery Saripudin dan istri saya Zulfah Nahdliyati Saripudin kami diamanatkan tugas sebagai duta besar Republik Indonesia di Nairobi, dengan wilayah akreditasi yang meliputi Kenya, Uganda, Somalia dan Republik Demokratik Kongo, serta sebagai wakil tetap RI untuk UNEP dan UN-Habitat," ujar Dubes Hery Saripudi.

"Ke depannya, kami ingin membuka ruang interaksi antara KBRI Nairobi dengan masyarakat Indonesia selebar-lebarnya."

Dalam video tersebut Dubes Hery Saripudi juga siap menerima segala bentuk informasi, kritik serta saran yang diberikan kepada KBRI Nairobi.

"Jika suasana sudah memungkinkan, rasanya kami sudah tidak sabar menyapa bapak dan ibu semua di sini di acara yang diadakan oleh KBRI Nairobi, baik di wisma maupun tempat-tempat lainnya," kata Zulfah Nahdliyati Saripudin.

 

2 dari 3 halaman

Dilantik Presiden Jokowi

Pada September 2020, Presiden Joko Widodo telah menunjuk 20 Duta Besar Republik Indonesia untuk berbagai negara. Dalam acara pelantikan di Istana Negara, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama membacakan seluruh nama duta yang dilantik beserta bidang akreditasinya masing-masing.

Salah satu Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia yang dilantik pada kesempatan ini adalah Mohamad Hery Saripudin selaku Duta Besar RI untuk Republik Kenya merangkap Republik Demokratik Kongo, Republik Federal Somalia, Republik Uganda, UNEP dan UN-HABITAT.

"Saya mohon dukungan semua pihak dalam menjalankan kepercayaan yang sangat besar ini," ujar Dubes Hery demikian dikutip dari laman Kemlu.go.id.

"Potensi kerjasama khususnya di bidang ekonomi antara Indonesia dengan masing-masing negara akreditasi sangat besar," jawabnya saat ditanya tentang prioritas pekerjaannya ke depan.

"Potensi ini perlu kita manfaatkan secara maksimal untuk mendukung upaya diplomasi ekonomi yang sedang gencar dilakukan pemerintah," imbuhnya.

Selain diplomasi ekonomi, diplomasi multilateral juga mendapat sorotan. "Kami juga akan berusaha mengangkat profil Indonesia di organisasi multilateral, dalam hal ini khususnya di UNEP dan UN-Habitat."

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: