Sukses

Pasukan Rusia ke Nagorno-Karabakh Usai Armenia-Azerbaijan Sepakat Gencatan Senjata

Kesepakatan tersebut disetujui oleh Armenia, Azerbaijan dan Rusia, mengantarkan gencatan senjata penuh mulai tengah malam waktu Moskow pada 10 November.

Liputan6.com, Moskow - Pasukan penjaga perdamaian Rusia dikerahkan ke Nagorno-Karabakh yang dilanda perang pada dini hari Selasa, 10 November 2020.

Langkah ini diambil sebagai bagian dari kesepakatan gencatan senjata yang menurut Presiden Vladimir Putin harus membuka jalan bagi penyelesaian politik abadi dari konflik di sana.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (10/11/2020) kesepakatan tersebut disetujui oleh Armenia, Azerbaijan dan Rusia, mengantarkan gencatan senjata penuh mulai tengah malam waktu Moskow pada 10 November.

Serta membekukan konflik yang telah menewaskan ribuan orang, membuat lebih banyak orang mengungsi dan mengancam akan menjerumuskan wilayah sengketa lebih luas ke dalam ranah perang.

Wilayah itu diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan namun sepenuhnya dikendalikan oleh etnis Armenia.

Berdasarkan kesepakatan itu, Azerbaijan akan mendapatkan semua keuntungan teritorialnya, termasuk kota kedua Shusha dan pasukan etnis Armenia harus menyerahkan kendali atas banyak wilayah lain.

Penjaga perdamaian Rusia akan bertahan setidaknya selama lima tahun. Putin mengatakan mereka akan ditempatkan di sepanjang garis depan di Nagorno-Karabakh dan di koridor antara wilayah tersebut.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan telah mulai mengerahkan 1.960 prajurit, yang sedang dalam perjalanan ke pangkalan udara yang tidak disebutkan namanya untuk diangkut melalui udara bersama dengan peralatan dan kendaraan mereka.

Kesepakatan itu kemungkinan akan dilihat sebagai tanda bahwa Rusia masih menjadi penengah utama di wilayah yang dianggapnya sebagai halaman belakangnya sendiri, meskipun skala keterlibatan Turki tetap tidak jelas dan minat Ankara di wilayah tersebut telah meningkat tajam.

Turki dengan kukuh mendukung Azerbaijan, sementara Rusia memiliki pakta pertahanan dengan Armenia dan pangkalan militer di sana.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjanjian Armenia-Azerbaijan

Putin mengatakan, tawanan serta korban perang dapat kembali ke Nagorno-Karabakh. Sementara semua jaringan ekonomi dan transportasi di daerah itu akan dibuka kembali dengan bantuan penjaga perbatasan Rusia.

"Kami beroperasi dengan premis bahwa perjanjian itu akan menciptakan kondisi yang diperlukan untuk penyelesaian krisis jangka panjang dan sepenuhnya di sekitar Nagorno-Karabakh secara adil dan untuk kepentingan rakyat Armenia dan Azeri," kata Putin.

Ilham Aliyev, presiden Azerbaijan, mengatakan Turki juga akan terlibat dalam upaya penjaga perdamaian. Tidak ada kabar langsung dari Ankara.

Di Armenia, Perdana Menteri Nikol Pashinyan mencoba memasang wajah berani pada situasi tersebut.

"Keputusan itu dibuat berdasarkan analisis mendalam tentang situasi pertempuran dan dalam hubungannya dengan para ahli terbaik," katanya tentang kesepakatan itu di media sosial.

"Ini bukan kemenangan, tetapi tidak ada kekalahan sampai Anda menganggap diri Anda kalah. Kami tidak akan pernah menganggap diri kami kalah dan ini akan menjadi awal baru dari era persatuan dan kelahiran kembali nasional kami."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.