Sukses

Pemilu Amerika: Donald Trump Sapu Bersih Kentucky hingga Texas

Donald Trump menang besar di bagian selatan Amerika Serikat.

Liputan6.com, Washington, D.C. - Donald Trump berhasil menjaga basisnya di daerah southern (selatan) Amerika Serikat. Ia berhasil menyapu bersih negara bagian dari Kentucky hingga Texas. 

Laporan Fox News, Rabu (4/11/2020), Donald Trump resmi memenangkan Texas dengan 38 elektor.  

Dengan ini Trump berhasil unggul dari Kentucky hingga Texas. 

Negara bagian selatan lain seperti Florida, Georgia, dan North Carolina masih belum menampilkan hasil. Namun, Trump unggul di tiga negara bagian itu. 

Florida adalah salah satu negara dengan elektor terbanyak, yakni 29 elektor. Donald Trump saat ini unggul 80 ribu suara di North Carolina yang memiliki 15 elektor. 

Untuk menjadi presiden AS, seorang capres butuh total 270 elektor. Berdasarkan perhitungan sementara, Joe Biden sudah mendapat 223 elektor dan Donald Trump masih 145.

Biden unggul di negara bagian pesisir, seperti New York, New Jersey, Connecticut, Massachusetts California, Oregon, dan Washington.

Baca juga: Cara memahami pemilu AS.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Video Pemilu AS 2020:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Trump Menangkan Ohio

Sejauh ini, calon petahana Donald Trump dilaporkan menang di Ohio yang merupakan swing-state. 

Kemenangan Donald Trump di Ohio dilaporkan oleh Fox News dan situs pemilu Decision Desk HQ. Ohio memiliki 18 elektor.  

Ohio merupakan salah satu negara bagian penentu di pemilu AS 2020. Negara bagian penentu lainnya adalah Pennsylvania, Michigan, dan Wisconin. Tiga negara bagian itu masih menghitung suara pemilih. 

Joe Biden berhasil merebut Arizona dari Donald Trump dan Partai Republik. Kursi senator di Arizona juga dimenangkan oleh Partai Demokrat. Arizona memiliki 11 elektor.

3 dari 3 halaman

Peta Hasil Pemilu AS 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.