Sukses

Sebagian Bulu di Tubuh Manusia Bisa Tumbuh Sangat Panjang, Ini Penyebabnya

Beberapa dari kita pasti mengira jika bulu itu tumbuh dengan tiba-tiba dalam semalam. Namun, ini mungkin hanya persepsi kita.

Liputan6.com, Jakarta - Ini terjadi pada banyak dari kita. Ketika menggaruk leher kita atau menyentuh lengan kita, tiba-tiba kita menemukan bulu atau rambut yang sangat panjang dan tipis, yang tampaknya telah tumbuh dalam semalam.

Jika ini terjadi pada Anda juga, mungkin akan mengira bahwa hanya Anda adalah satu-satunya orang di Bumi permasalahan tersebut. Ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian.

Meskipun begitu banyak dari kita yang memiliki pengalaman ini, tidak ada istilah khusus untuk bulu atau rambut tipis panjang yang tumbuh secara random di beberapa bagian tubuh kita.

Namun, ada teori yang menjelaskan fenomena ini, demikian dikutik dari laman Brightside.me, Kamis (30/7/2020)

Ahli dermatologi berpendapat bahwa rambut tunggal yang panjang dan tidak normal disebabkan oleh faktor hormon dan genetik yang membuat rambut tertentu tumbuh lebih panjang daripada yang lain.

Mutasi acak memungkinkan beberapa folikel rambut "terpilih" untuk tinggal lebih lama dalam fase anagen yang disebut di mana rambut tumbuh secara aktif.

Akibatnya, folikel tunggal ini memiliki lebih banyak waktu untuk menumbuhkan bulu atau rambut yang lebih panjang. Fluktuasi hormon yang terjadi di tempat yang berbeda, seperti dagu atau zona-T, juga dapat memicu kelainan rambut ini.

Jika rambut-rambut ini mengganggu Anda, dokter kulit menyarankan untuk mencabutnya dengan pinset seperti biasanya, untuk menghilangkan bulu-bulu yang tidak diinginkan ini.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tipis dan Halus

Beberapa dari kita pasti mengira jika rambut itu tumbuh dengan tiba-tiba dalam semalam. Namun, ini mungkin hanya persepsi kita.

Rambut-rambut ini sangat tipis dan dekat dengan warna kulit kita dan hampir tidak terlihat dibandingkan dengan rambut "normal" kita.

Itulah sebabnya terkadang kita perlu waktu lama untuk menemukan rambut ini - rambut itu terus tumbuh tanpa disadari.

Pernahkah Anda memperhatikan rambut panjang yang sangat panjang di tubuh Anda? Apa pendapat Anda ketika Anda menemukannya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.