Sukses

3 Fakta di Balik Peringatan Hari Bumi Internasional 2020

Liputan6.com, Jakarta PBB menetapkan 22 April sebagai Hari Bumi Internasional atau International Earth Day. Peringatan International Earth Day 2020 dilakukan di tengah pandemi Virus Corona COVID-19. 

Dikutip dari Independent, perayaan Hari Bumi pertama menyatukan orang-orang Amerika dari seluruh spektrum politik, dan dalam waktu satu tahun tindakan tersebut telah mengarah pada pembentukan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat. 

Setidaknya Bumi kita telah hancur akibat polusi dan sampah plastik yang tak terurai di lautan. Namun kini, generasi muda tentu lebih peduli terhadap lingkungan dengan gerakan go green seperti membawa kantongan sendiri.

Berikut adalah 3 hal yang harus kamu ketahui tentang perayaan Hari Bumi Internasional

2 dari 5 halaman

1. Dimulai dari 1972

Gerakan International Earth Day ini dimulai dari 1970-an, ketika gerakan lingkungan bukan termasuk gerakan politik. Pemikiran itu mulai berubah pada tahun 1972. Tahun ini juga merupakan ulang tahun International Earth Day yang ke-50. 

Dimulai dari Konferensi PBB tentang lingkungan di Stockholm menjadi awal kesadaran manusia terhadap lingkungan global dan ketergantungan manusia dengan spesies lainnya. Mereka pun menandai Hari Lingkungan Hidup yang kala itu dirayakan pada 5 Juni. 

Gerakan lingkungan ini mulai berkembang pada tahun 1990 an dimana Deklarasi Rio tentang lingkungan merupakan konferensi besar pertama mengenai lingkungan, seperti yang dikutip dari UN.org. Gerakan ini semakin terkenal di tahun 2000 an, dengan KTT Bumi di Johannesburg pada tahun 2002, tahun 2008 juga menjadi Tahun Internasional Planet Bumi. 

Gerakan ini juga merupakan cetusan dari Senator AS Gaylord Nelson setelah menyaksikan dampak dari tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, California, dikutip dari Independent. Dirinya ingin menyalurkan energi gerakan anti-perang menjadi tindakan untuk lingkungan, dan ini mengumpulkan setidaknya 20 juta orang Amerika  yang turun ke jalan untuk menunjukkan lingkungan.

3 dari 5 halaman

2. Earth Day 2020 Melalui Aplikasi Virtual

Tahun ini, International Earth Day dapat dirayakan melalui aplikasi virtual. Anda dapat mengunjungi situs EarthDay.org, seperti yang dikutip dari The Verge and EarthDay.org. Melalui perayaan ini, beberapa figur terkenal dari dunia politik dan aktivis turut berpartisipasi antara lain Pope Francis, Steve Ballmer, Sen. Elizabeth Warren dan Dave Matthews. 

Melalui situs tersebut Anda dapat mendengarkan diskusi panel seputar lingkungan saat ini. Contohnya, pada perayaan International Earth Day tahun 2019, panel membahas sampah plastik yang ada di Bumi, seperti yang dikutip dari Independent. 

4 dari 5 halaman

3. Ada Pertunjukan Secara VirtuaSa

International Earth Day 2020 kali ini akan menghadirkan sepuluh film animasi pendek oleh animator profesional, mahasiswa dan anak-anak yang akan dikuratori oleh Marilyn Zornado, seperti yang dikutip oleh The Verge

Tak hanya itu  akan ada World Earth Day Sculpture Challenge.  Jupiter Artland and the Centre for Interaction Design di Edinburgh Napier University mengadakan tantangan bagi anak-anak muda  untuk mengikuti lomba desain membuat sculpture yang nantinya akan dipajang di koleksi Jupiter di Edinburg. 

 

Reporter: Yohana Belinda

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: