Sukses

Dubes Australia Tinggalkan Jakarta Akibat Corona, Bagaimana Dubes Inggris?

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Australia untuk Republik Indonesia Gary Quinlan dipulangkan ke negara asalnya karena khawatir terkena Virus Corona COVID-19 di Indonesia.

Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia pada Kamis 9 April mengumumkan pihaknya menarik sementara Dubes Quinlan kembali ke negaranya demi mengantisipasi risiko penularan Virus Corona COVID-19 di Indonesia. Dubes Quinlan akan kembali ke negaranya pada Sabtu 11 April 2020.

"Berdasarkan saran medis, Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan AO, untuk sementara dipindahkan ke Australia. Duta Besar Quinlan akan terus mengawasi kegiatan kedutaan besar dari Australia," tulis Departemen Luar Negeri Australia di laman resminya.

Lantas bagaimana dengan negara Inggris yang merupakan negara persemakmuran (commonwealth) seperti Australia? 

Juru bicara Kedutaan Besar Inggris John Nickell mengonfirmasi bahwa Kedubes Inggris tetap aktif seperti biasa meski ada epidemi Virus Corona, meski layanan berubah online. Dubes Owen Jenkins juga dipastikan tetap berada di Indonesia bersama jajaran intinya.

"Dubes Inggris masih di sini, juga core UK-based staff. Embassy buka seperti biasa tapi pelayanan remote," kata John Nickell kepada Liputan6.com, Jumat (10/4/2020). 

Sebelumnya, Kedubes Inggris hanya memulangkan keluarga staf yang berusia muda atau membutuhkan pelayanan medis. Kebijakan itu diimbau oleh pemerintah Inggris kepada staf kedutaan di berbagai negara. 

Inggris saat ini sedang mengalami lockdown akibat Virus Corona. Perdana Menteri Boris Johnson sempat dirawat di ruang ICU akibat virus ini, namun sudah keluar dari ruangan tersebut meski masih dalam perawatan rumah sakit.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Update 10 April: 3.512 Positif Corona COVID-19 di Indonesia

Update data terbaru pasien positif corona covid-19 di Indonesia dirilis. Juru bicara penanganan Corona COVID-19 di Indonesia Achmad Yurianto, mengungkapkan hingga Jumat, 10 April terjadi penambahan kasus positif sebanyak 219 jiwa.

Penambahan kasus positif tersebut membuat total individu yang positif terinfeksi di Indonesia kini mencapai angka 3.512. 

Sementara, jumlah orang yang dinyatakan pulih atau sembuh dari corona COVID-19 bertambah 30 sehingga menjadi 282 kasus.

Sedang untuk kasus kematian terkait corona COVID-19, tercatat ada penambahan 26 kasus, sehingga menjadi 306.

"Hari ini jumlah yang sembuh sebanyak 30 orang, sehingga total sebanyak 282 orang," ujar Yurianto dalam konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta Timur, Jumat (10/4/2020).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: