Sukses

Krisis Peti Mati Ekuador, Saat Jasad Korban Corona COVID-19 Bergelimpangan di Jalan

Jasad-jasad warga yang terinfeksi Virus Corona COVID-19 bergelimpangan di jalanan, luar rumah atau rumah sakit dan bahkan kamar mayat juga rumah duka.

Liputan6.com, Quito - Kain putih, plastik hitam dan ragam kresek berukuran besar jadi andalan menutupi pemandangan mengerikan dalam beberapa hari terakhir di Ekuador. Pandemi Virus Corona COVID-19 penyebabnya.

Jasad-jasad warga yang terinfeksi Virus Corona COVID-19 bergelimpangan di jalanan, luar rumah atau rumah sakit dan bahkan kamar mayat juga rumah duka.

Laporan New York Times menyebut bahwa informasi dokter mengatakan tidak ada cukup tes di negara ini. Sehingga lebih sulit untuk mengidentifikasi dan mengisolasi orang sakit untuk mencoba menghentikan penyebaran COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus - serta terlalu sedikit tempat tidur dan ventilator rumah sakit.

Jasad itu terbungkus plastik terpal, sudah bengkak dan dikerumuni lalat. Dia adalah tetangga, seorang pria yang dilewati Rosangelys Valdiviezo saat berjalan pulang dari kantor, meskipun mereka tidak pernah bertukar kata-kata.

Sekarang dia berbaring di depan rumahnya, salah satu dari sekian jasad yang tak terhitung bergelimpangan di jalan-jalan Guayaquil, Ekuador, sebuah kota Amerika Selatan yang terik yang terdampak Virus Corona COVID-19.

Valdiviezo, seorang pekerja makanan laut berusia 30 tahun, mengatakan jenazah-jenazah itu berada terpanggang panas tropis selama enam hari.

"Saya sangat takut," kata Valdiviezo, seorang migran Venezuela yang pindah ke Guayaquil, melalui telepon. "Aku takut sekarat begitu jauh dari rumah."

Kota terbesar Ekuador, pusat komersial yang dihuni hampir 3 juta orang, muncul sebagai pusat penyebaran Virus Corona baru di Amerika Latin. Dalam akun berita lokal, video yang dibagikan di media sosial dan wawancara telepon, pejabat, pekerja bantuan, dan lainnya di kota metropolitan yang miskin melaporkan jasad bergelimpangan dihinggapi lalat di trotoar. Termasuk jenazah yang ditinggalkan di dalam rumah selama berhari-hari.

Tidak jelas berapa banyak dari orang yang meninggal karena COVID-19. Banyak keluarga mengatakan orang yang mereka cintai memiliki gejala virus, sementara yang lain hanya tahu bahwa yang sakit tidak dapat dirawat di rumah sakit Guayaquil karena sudah penuh.

"Kami telah menunggu selama lima hari," kata Fernando Espana dalam sebuah video, ketika ia mengeluh tentang perjuangan untuk meminta pihak berwenang menjemput anggota keluarganya.

"Kami lelah menelepon 911 dan satu-satunya hal yang mereka katakan adalah menunggu, mereka sedang bekerja untuk menyelesaikan ini," lanjut Fernando Espana seperti dikutip dari CNN.

 Dokter mengatakan tidak ada cukup tes di negara ini, sehingga lebih sulit untuk mengidentifikasi dan mengisolasi orang sakit untuk mencoba menghentikan penyebaran COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus - serta terlalu sedikit tempat tidur dan ventilator rumah sakit.

Per Selasa (7/4/2020), mengutip https://gisanddata.maps.arcgis.com, jumlah kasus pasien positif Virus Corona COVID-19 sudah mencapai 3.747, 100 di antaranya sembuh. Sementara 191 pasien meninggal. Kabarnya sebagian besar kasus terjadi di Guayaquil dan Provinsi Guayas serta sekitarnya.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penumpukan di Kamar Mayat

Teran, pemilik rumah duka, mengatakan bahwa ia pergi ke pemakaman pada Selasa 7 April, di mana para pekerja biasanya mengurusi sekitar 30 jenazah dalam sehari, tetapi kini ada 149 jasad sedang menunggu penguburan atau kremasi.

Dia mengatakan banyak rumah duka tidak beroperasi, sementara mereka yang harus mengirim pekerja untuk mengambil jasad tanpa perlindungan yang memadai. Menurut hukum, katanya, rumah duka tidak dapat mengambil jasad sampai seorang dokter menandatangani pada penyebab kematian, tetapi karena begitu banyak dokter merawat pasien, jasad-jasad itu terakumulasi di kamar mayat. Sehingga memicu penumpukan.

Tidak semua orang meninggal karena coronavirus - yang bagi kebanyakan orang, hanya menyebabkan gejala ringan hingga sedang, seperti demam dan batuk. Tetapi untuk orang lain, terutama orang dewasa yang lebih tua dan mereka yang memiliki masalah kesehatan lainnya, dapat menyebabkan pneumonia dan kematian.

Dalam beberapa hari terakhir juga muncul gambar-gambar mengerikan dan permohonan dari keluarga di media sosial, menunjukkan orang-orang yang dicintai terbungkus plastik atau kain, menunggu dievakuasi. Sementara kru televisi merekam gambar jasad bergelimpangan dan peti mati yang tersisa di trotoar.

"Baunya sangat menyengat," kata Merwin Teran, 61, pemilik rumah duka Guayaquil, yang mengatakan dia melihat 50 orang tewas dalam satu kamar mayat sendirian.

Situasi Mengerikan

Peti mati berisi jenazah yang diduga meninggal karena virus corona COVID-19 terlihat di luar blok apartemen di Guayaquil, Ekuador, Kamis (2/4/2020). Tidak ada yang berani menyentuh jenazah yang diduga meninggal karena virus corona COVID-19 tersebut. (AP Photo/Filiberto Faustos)

"Situasinya mengerikan di Guayaquil saat ini," kata Tati Bertolucci, direktur untuk Amerika Latin dan Karibia di organisasi bantuan bencana CARE. "Ada jasad di jalanan, dan sistem kesehatan kewalahan, jadi tidak semua orang yang memiliki gejala dapat dites atau dirawat."

Operasi gabungan polisi-militer telah memulihkan sekitar 30 mayat per hari, menurut Jorge Wated, koordinator satuan tugas pemerintah yang ditugaskan untuk mengatasi krisis.

"Jam malam yang ketat di seluruh kota mempersulit upaya pekerja kamar mayat dan rumah duka untuk memindahkan jenazah," Wated mengatakan dalam pidato yang disiarkan secara nasional minggu ini.

Ekuador mengidentifikasi kasus COVID-19 pertamanya pada 29 Februari - seorang wanita 71 tahun yang melakukan perjalanan dari Spanyol - menjadikannya salah satu negara Amerika Latin pertama yang mengkonfirmasi kasus Virus SARS-CoV-2.

Para ahli medis khawatir dengan situasi tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Pendingin Raksasa untuk Menyimpan Jasad

Mengutip France24, pemerintah Ekuador dilaporkan telah mulai menyimpan jenazah para korban Virus Corona jenis baru dalam tempat pendingin raksasa. Karena ratusan kematian di Kota Guayaquil, pusat wabah negara itu, telah mengakibatkan kamar mayat dan rumah sakit penuh.

Ekuador telah mengkonfirmasi 318 kematian akibat virus meski di sejumlah situs pemantau baru mencapai sekitar 200, salah satu penghitungan tertinggi di Amerika Latin. Tetapi Presiden Lenin Moreno mengatakan minggu ini bahwa angka sebenarnya lebih tinggi karena pihak berwenang mengumpulkan lebih dari 100 jasad sehari, banyak dari rumah kerabat karena karantina yang ketat mencegah mereka untuk dikuburkan.

Pemerintah telah memasang tiga kontainer, yang terbesar sepanjang 12 meter (40 kaki), di rumah sakit umum untuk melindungi jasad sampai kuburan disiapkan, menurut wali kota Guayaquil, Cynthia Viteri. Sejauh ini 150 korban telah dimakamkan di pemakaman pribadi di kota pelabuhan.

Di rumah sakit Teodoro Maldonado Carbo di Guayaquil pada hari Sabtu, pekerja medis yang mengenakan alat pelindung melepaskan jasad yang dibungkus plastik dari ruang penyimpanan dan menggunakan palet untuk mendorong mereka ke satu wadah.

"Pandemi ini melebihi kapasitas layanan rumah sakit kami," kata rumah sakit itu dalam sebuah pernyataan, Jumat.

Rumah sakit pada hari Minggu mengkonfirmasi bahwa mereka telah menyiapkan sebuah wadah berpendingin untuk menyimpan jasad yang meninggal di tengah pandemi, seraya menambahkan bahwa pengaturan itu sedang dioperasikan sesuai dengan protokol Organisasi Kesehatan Dunia.

Institut Jaminan Sosial Ekuador, yang mengelola Teodoro Maldonado Carbo, mengatakan pada hari Sabtu di Twitter bahwa pihaknya telah mendisinfeksi semua area rumah sakit untuk menjamin keselamatan pasien dan profesional medis.

Pada hari Sabtu, pemerintah Ekuador mengatakan akan mengaktifkan sistem digital baru yang akan memungkinkan keluarga untuk mencari tahu di mana kerabat mereka yang meninggal dikuburkan.

Presiden Moreno mengatakan pemerintah memperkirakan jumlah total kematian di provinsi sekitar Guayaquil mencapai 3.500, dan mengatakan "kamp khusus" sedang dibangun untuk menguburkan yang meninggal.

4 dari 4 halaman

Sumbangan Peti dari Kardus

Melonjaknya jumlah kematian akibat Virus Corona baru di kota Guayaquil Ekuador telah menyebabkan kekurangan peti mati, memaksa penduduk setempat untuk menggunakan kotak kardus, kata pemerintah kota, Minggu 5 April.

Pihak berwenang di kota pelabuhan Pasifik mengatakan mereka telah menerima sumbangan 1.000 peti kardus yang dipres dari produsen lokal, dan mengirimkannya untuk digunakan di dua pemakaman lokal.

"Ini agar mereka dapat memenuhi permintaan," kata juru bicara balai kota kepada AFP. "Tidak ada peti mati di kota atau harganya sangat mahal."

Laporan The Guardian menyebut kemudian pihak berwenang di kota terbesar Ekuador mendistribusikan ribuan peti mati kardus dan membantu keluarga untuk evakuasi jasad dari rumah mereka.

Guayaquil muncul sebagai hotspot regional untuk Virus Corona COVID-19, dan rumah sakit dan kamar mayat telah kewalahan, memaksa beberapa keluarga untuk menyimpan jenazah di rumah.

"Seperti rumah sakit zona perang. Hal-hal yang telah kita saksikan mirip film horor," kata seorang dokter di rumah sakit Teodoro Maldonado Carbo, salah satu fasilitas kota terbesar, kepada The Guardian. “Istri saya tidak ingin saya pergi bekerja. Tetapi jika saya tidak melakukannya, lebih banyak pasien akan mati."

Harga Peti Mati Melonjak 

Tampilan kotak kardus yang digunakan sebagai peti mati di sebuah truk di luar pemakaman di Guayaquyil, Ekuador, Senin (6/4/2020). Kehabisan peti mati, kota terbesar di Ekuador yang menjadi klaster wabah virus corona itu terpaksa menggunakan kotak kardus untuk korban Covid-19. (Jose Sanchez/AFP)

Pengusaha Santiago Olivares, yang memiliki rantai rumah duka, mengatakan perusahaannya tidak dapat memenuhi permintaan.

"Saya menjual 40 buah yang saya miliki di cabang pusat kota, dan 40 lainnya dari kantor pusat. Saya harus memesan 10 lagi di akhir pekan dan mereka sudah kehabisan stok," kata Olivares kepada AFP.

Peti mati termurah saat ini harganya sekitar US$ 400 atau sekitar Rp 6,4 juta.

Olivares mengatakan jam malam selama 15 jam di kota itu berkontribusi pada kekurangan bahan baku dasar untuk pembuat peti mati seperti kayu dan logam.

Pemerintah meminta pasukan untuk mengambil 150 jasad dari jalan-jalan dan rumah-rumah awal pekan ini, setelah pekerja kamar mayat di kota itu tidak dapat lagi menyimpan jenazah.

Peti mati kardus "akan sangat membantu dalam memberikan pemakaman yang bermartabat bagi orang yang meninggal selama darurat kesehatan ini," tulis kantor wali kota Guayaquil di Twitter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.