Sukses

Kegiatan 8 Masjid Besar di Dunia Ini Berubah Akibat Virus Corona COVID-19

Akibat pandemi Virus Corona COVID-19, kegiatan beribadah di seluruh dunia pun harus melakukan adaptasi.

Liputan6.com, Jakarta - Selama berminggu-minggu belakangan ini, masjid-masjid di seluruh dunia telah mengambil serangkaian langkah yang bertujuan untuk membendung penyebaran Virus Corona COVID-19.

Ketika semakin banyak negara mengumumkan penguncian, begitu pula masjid, dengan banyak yang menutup pintu mereka sepenuhnya dan yang lain melarang jamaah dan menggunakan pengeras suara untuk mengingatkan orang agar tetap di rumah. 

Dengan angka kematian global dari COVID-19, penyakit yang disebabkan Virus Corona jenis baru, melebihi 70.000 dan lebih dari 1,28 juta kasus infeksi terkonfirmasi, banyak masjid berusaha membuat komunitas mereka tetap terlibat dengan menggunakan live-stream dan stasiun lokal untuk menyiarkan khotbah.

Melansir laman Al Jazeera, Selasa (7/4/2020), berikut ini adalah bagaimana beberapa masjid terbesar di dunia telah menyesuaikan layanan mereka pada masa pandemi Virus Vorona COVID-19:

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Masjid Agung Makkah

Para jamaah tidak diizinkan memasuki Masjidil Haram di Makkah atau Masjid Nabawi di Madinah, dua masjid utama bagi umat Islam, karena pemerintah Saudi menghentikan salat pada 19 Maret dalam upaya memerangi penyebaran virus. 

Larangan itu mengikuti serangkaian langkah-langkah lain di Makkah termasuk larangan awal untuk salat berjamaah di dekat Ka'bah, dan larangan ziarah Umrah, yang dilakukan sekitar 7 juta masyarakat Muslim setiap tahunnya. 

Masih belum jelas apakah ibadah haji masih akan dilangsungkan pada tahun ini.  

Hanya karyawan di Masjidil Haram yang saat ini diizinkan memasuki wilayah tersebut, menurut penduduk setempat.

"Tidak ada salat atau khotbah Jumat diadakan di Masjidil Haram," ujar Muhamed, seorang warga di wilayah tersebut. Sebagai gantinya, salat dan layanan ibadah lainnya diadakan secara online. 

Pemerintah Saudi memberlakukan jam malam selama 24 jam di Makkah dan Madinah pada 2 April, guna memaksa penduduk untuk tinggal di rumah setiap saat selain untuk membeli makanan atau mengakses perawatan medis. 

Dengan lebih dari 2.400 kasus COVID-19 yang dikonfirmasi dan 35 kematian, Arab Saudi adalah yang paling parah terkena dampak pandemi di antara negara-negara Teluk Arab.

3 dari 9 halaman

2. Masjid Al Aqsa Yerusalem

Segala kegiatan di Masjid Al-Aqsa Yerusalem pun telah ditangguhkan sejak 23 Maret sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Pintu-pintu masjid dan Dome of the Rock yang bersebelahan ditutup seminggu sebelum penerapan larangan penuh, yang memungkinkan jamaah hanya berkumpul untuk salat di area terbuka kompleks.

Kompleks Al-Aqsa adalah tempat al-Haram al-Sharif atau Suaka Suci berada. Ini adalah situs paling suci ketiga bagi umat Islam.

Menurut Zeinat Abusbeih, yang mengepalai keamanan di markas wanita Al-Aqsa, kompleks itu telah ditutup sepenuhnya, dengan pengecualian bagi karyawan di masjid.

"Ini menyakitkan tetapi perlu," kata Abusbeih kepada Al Jazeera, seraya menambahkan bahwa garis yang menyerukan orang untuk berdoa di rumah ditambahkan ke akhir athaan (panggilan untuk berdoa). 

Abusebeih mengatakan bahwa sementara jamaah tidak diizinkan untuk menghadiri salat Jumat. 

"Untuk membuat orang di seluruh dunia merasa terhubung dengan Al-Aqsa, personel keamanan telah menyiarkan langsung khotbah dan salat Jumat," katanya.

Ada lebih dari 8.600 kasus virus corona di Israel dan setidaknya 50 kematian. Di wilayah Palestina yang diduduki, kementerian kesehatan telah mengkonfirmasi lebih dari 200 infeksi.

4 dari 9 halaman

3. Masjid Fatih Turki

Turki telah membatalkan semua ibadah jamaah di masjid-masjid, termasuk salat Jumat, sejak 16 Maret.

Banyak masjid sejak itu menambahkan beberapa seruan pada akhir azan, memberi tahu orang-orang tentang keputusan tersebut dan meminta mereka untuk berdoa di rumah. 

Sementara Masjid Fatih, salah satu masjid terbesar dan paling bersejarah di Istanbul yang dibangun setelah era Penakluk Sultan Mehmet, masih membuka pintunya, namun melarang adanya kegiatan salat berjamaah. 

"Setiap doa kelompok dilarang keras, tetapi banyak kegiatan, termasuk kelas dan pembacaan Al-Quran, masih dilakukan secara online," kata Bunyamin Topcu, seorang imam di masjid yang juga dianggap sebagai pusat studi Islam di seluruh Timur Tengah.

"Azan terus dilakukan tanpa penambahan atau penghilangan. Namun, kami tidak mengadakan khotbah Jumat atau sembahyang," kata Topcu, menjelaskan bahwa satu masjid di ibukota, Ankara, melakukan itu atas nama seluruh negara.

"Di malam hari, beberapa doa dan bacaan Al Quran disiarkan melalui mikrofon kami," katanya. 

Turki adalah salah satu dari 10 negara paling parah di dunia, dengan lebih dari 27.000 kasus virus corona dan hampir 600 kematian.

5 dari 9 halaman

4. Masjid Agung Sheikh Zayed UEA

Masjid Agung Sheikh Zayed telah ditutup untuk salat dan segala bentuk kunjungan sejak 15 Maret.

Terletak di Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab, situs ini adalah masjid terbesar di negara itu dan tempat ibadah utama untuk salat harian, seperti pada hari Jumat dan Idul Fitri. 

Selain sebagai tempat beribadah, masjid ini juga dianggap sebagai objek wisata utama. 

Menurut Amr Salah, seorang warga Abu Dhabi dan pengunjung masjid yang sering berkunjung, kompleks itu telah sepenuhnya ditutup.

"Hanya azan yang masih terdengar. Itu selalu berakhir dengan seruan yang meminta orang untuk berdoa di rumah," katanya kepada Al Jazeera. 

"Ini telah menjadi kasus untuk semua masjid di UEA, bukan hanya (masjid) yang besar," tambahnya.

Dengan sekitar 1.800 kasus dan 10 kematian sejauh ini, UEA memiliki jumlah infeksi COVID-19 tertinggi kedua di wilayah Teluk Arab.

6 dari 9 halaman

5. Masjid Agung Moussawi Irak

Pemimpin tinggi Syiah Irak Ayatollah Ali al-Sistani telah mengeluarkan beberapa fatwa yang menyerukan warga untuk menjaga jarak sosial dan menghindari pertemuan keagamaan untuk mengekang penyebaran virus corona.

Seperti masjid-masjid lain di seluruh negeri, pintu Masjid Agung Mousawi di kota Basra di Irak selatan telah ditutup untuk para jamaah dan pengunjung.

"Azan belum berubah sejak awal pandemi. Tetapi sebelum azan atau pada akhir hari, masjid selalu mengeluarkan pengingat melalui pengerasnya bahwa masjid ditutup," ujar Hussein Faleh, seorang jurnalis foto penduduk setempat. 

Sebagai salah satu masjid terbesar dan tersibuk di kota yang kaya minyak itu, masjid tersebut telah menggunakan saluran lokal untuk menyiarkan khotbah Jumat dan doa untuk Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad dan tokoh agama sentral bagi Muslim Syiah.

"Tidak semua masjid melakukan ini, tetapi karena Masjid Mousawi adalah yang sentral, siaran itu merupakan upaya untuk membuat anggota komunitas merasa terhubung dengan tempat ibadah dan membuat semangat mereka tetap tinggi," kata Faleh.  

Irak, yang memberlakukan jam malam nasional sejak 17 Maret, memiliki lebih dari 950 kasus COVID-19 yang dikonfirmasi dan 60 kematian.

7 dari 9 halaman

6. Masjid Nasional Malaysia

Pihak berwenang Malaysia telah memberlakukan perintah kontrol gerakan sejak 17 Maret.

Menurut Siti Syuhada, seorang warga Kuala Lumpur, petunjuk itu berarti bahwa semua masjid ditutup untuk umum, dengan hanya imam dan anggota staf yang boleh masuk. 

Di Masjid Nasional Malaysia, objek wisata dan pusat keagamaan utama di ibukota, masjid terus melakukan lima panggilan harian untuk salat. 

"Di akhir panggilan, muezzin [penelepon untuk sholat] mengingatkan orang-orang dalam bahasa Melayu untuk melakukan salat di rumah," jelas Syuhada, menambahkan bahwa banyak kelas dilakukan secara online melalui Facebook, YouTube dan Zoom.

"Salat Jumat tidak diadakan, dan sesuai dengan pergerakan perintah kontrol, orang berdoa di rumah bersama keluarga mereka," tambahnya.

Malaysia memiliki lebih dari 3.700 COVID-19 kasus dan 62 kematian hingga saat ini.

8 dari 9 halaman

7. Masjid London Timur

Masjid terbesar di Inggris, Masjid London Timur telah melarang masuknya semua anggota masyarakat sebagai langkah untuk mengekang penyebaran Virus Corona COVID-19.

Setelah mengambil pendekatan yang awalnya tertahan untuk mengekang penyebaran virus, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan penutupan secara nasional pada 24 Maret, menutup ruang publik dan melarang orang meninggalkan rumah mereka kecuali untuk keperluan yang tertentu.

Sebelum pindah, asosiasi Muslim termasuk Dewan Muslim Inggris (MCB), meminta para pemimpin masjid di Inggris untuk mempersiapkan penangguhan doa bersama dengan membuat tautan video khotbah dan kegiatan live-stream.

Di masjid terbesar di Inggris di London Borough of Tower Hamlets, East London Mosque (ELM) telah melarang masuknya semua anggota masyarakat.

Namun ELM, salah satu masjid terbesar di Eropa, masih menyiarkan salat lima waktu, serta doa dan khotbah Jumat melalui Radio Adhan dan halaman YouTube dan Facebook, menurut wali amanat Abdallah Faliq.

"Ketika azan, kami telah mengganti baris doa hayaa ala al-salah [datang untuk sholat] dengan kata-kata sallu fi buytutikim (berdoa di rumah Anda)," kata Faliq, menambahkan bahwa ELM adalah satu-satunya masjid di London yang diizinkan menyiarkan panggilan untuk doa dari menara. 

Faliq menjelaskan bahwa layanan lain, termasuk pembicaraan dan kelas, juga dilakukan secara online. 

Inggris kini memiliki salah satu jumlah tertinggi dikonfirmasi COVID-19 kasus, lebih dari 48.000, dan hampir 5.000 kematian. 

9 dari 9 halaman

8. Pusat Kebudayaan Islam New York

Pada tanggal 20 Maret, Pusat Kebudayaan Islam New York, yang merupakan salah satu masjid terbesar di AS, melarang semua jemaah termasuk salat Jumat serta kelas mingguan dan akhir pekan, menurut situs webnya. 

Sementara itu, gedung perumahan Pusat Islam Universitas New York, yang menjadi komunitas dan pusat mahasiswa bagi umat Islam di New York City, juga telah ditutup.

Menurut situs web pusat itu, salat Jum'at telah ditangguhkan, tetapi kelas dan kegiatan rutin dilakukan melalui Zoom dan Facebook Live. 

Presiden AS Donald Trump mengeluarkan peringatan perjalanan mulai 28 Maret untuk wilayah New York yang terpukul keras untuk membatasi penyebaran virus.

Berada di puncak dalam daftar negara dengan COVID-19, kasus yang dikonfirmasi ada lebih dari 330.000. Amerika Serikat juga telah melaporkan lebih dari 1.500 kematian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.