Sukses

Singapura Pakai Aplikasi Smartphone untuk Lacak Kasus Corona COVID-19

Teknologi itu memungkinkan pihak berwenang Singapura dengan cepat melacak orang-orang yang terpapar dari pasien Virus Corona COVID-19 yang telah terkonfirmasi.

Liputan6.com, Singapura - Singapura meluncurkan aplikasi smartphone untuk melacak kasus potensial infeksi Virus Corona (contact tracing). Teknologi itu memungkinkan pihak berwenang setempat dengan cepat melacak orang-orang yang terpapar dari pasien yang telah terkonfirmasi.

App bernama TraceTogether mampu mengidentifikasi orang-orang yang berada dalam jarak dekat --dalam waktu 2 m selama setidaknya 30 menit-- untuk pasien Virus Corona yang menggunakan teknologi nirkabel Bluetooth, kata pengembangnya, Badan Teknologi Pemerintah (GovTech) dan Kementerian Kesehatan (Depkes), Jumat 20 Maret 2020.

Aplikasi itu bisa diunduh di Apple App Store atau Google Play store.

"Ini sangat berguna dalam kasus-kasus di mana orang yang terinfeksi tidak mengenal semua orang yang dekat dengan mereka untuk jangka waktu yang lama," kata pengembangnya seperti dikutip dari the Straits Times, Sabtu (21/3/2020).

Meskipun penggunaan aplikasi ini tidak wajib, mereka yang menggunakannya harus mengaktifkan pengaturan Bluetooth di ponsel mereka agar penelusuran dilakukan. Mereka juga perlu mengaktifkan push-notification dan izin lokasi di aplikasi.

Jika salah satu dari pengguna ini terinfeksi, Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) akan dapat dengan cepat mengetahui pengguna mana yang telah mereka hubungi, memungkinkan identifikasi kasus yang lebih mudah dan membantu untuk mencegah penyebaran Virus Corona di Singapura.

Di situs webnya, pengembang TraceTogether mengatakan aplikasi ini dimaksudkan untuk melengkapi metode pelacakan kontak saat ini dan memungkinkan identifikasi orang yang dekat dengan orang yang terinfeksi secara lebih efisien. Saat ini tidak ada target untuk jumlah pengguna untuk aplikasi.

Dalam rilis pada hari Jumat, Smart Nation and Digital Government Office Digital (SNDGO) mengatakan pengguna harus memberikan persetujuan eksplisit untuk berpartisipasi dalam TraceTogether, dan untuk nomor ponsel dan data mereka yang akan digunakan untuk pelacakan potensi kasus terinfeksi Virus Corona.

"Ketika diminta oleh Departemen Kesehatan, pengguna dapat mengirim log TraceTogether mereka untuk memfasilitasi proses pelacakan kontak. Hingga saat itu, pihak berwenang, termasuk MOH dan GovTech, tidak memiliki pengetahuan tentang data TraceTogether pengguna," kata SNDGO.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Kerja

App contact tracing resmi akan memberikan kode yang dapat dicocokkan pengguna dengan kode verifikasi yang sesuai pada aplikasi mereka. Setelah dikonfirmasi, pengguna akan diberikan PIN yang memungkinkan pengiriman log saat dimasukkan.

Pelacak kontak resmi juga tidak akan meminta rincian keuangan pribadi atau meminta transfer uang melalui telepon.

Ketika dihubungi oleh aplikasi, itu adalah titik di mana pengguna akan diminta untuk membagikan log data mereka. Jika mereka menolak, mereka dapat dituntut berdasarkan Undang-Undang Penyakit Menular.

Di situs webnya, pengembang TraceTogether mengatakan bahwa menjaga aplikasi tetap berjalan sepanjang waktu tidak akan menguras baterai ponsel secara signifikan.

Satu-satunya data yang dikumpulkan oleh Pemerintah melalui aplikasi ini adalah nomor ponsel pengguna, yang disimpan sehingga MOH dapat menghubungi pengguna dengan cepat jika mereka berada di dekat kasus yang terinfeksi.

Aplikasi ini juga tidak mengumpulkan atau menggunakan data lokasi pengguna, tetapi hanya mencatat siapa yang dekat dengan mereka.

Aplikasi serupa telah dikatakan berhasil membantu membalikkan gelombang peningkatan kasus terhadap Virus Corona di beberapa negara.

Di Korea Selatan yang sangat terhubung, misalnya, orang tahu dengan cepat kapan ditemukannya kasus Virus Corona baru di lingkungan mereka melalui peringatan pemerintah yang dikirimkan ke ponsel mereka. Lansiran ini mencakup perincian seperti usia pasien, jenis kelamin, dan riwayat perjalanan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan para ahli mengatakan bahwa langkah-langkah penelusuran, pengujian dan isolasi yang luas di negara itu telah membantu mengurangi penyebaran virus secara signifikan.

Selama dua minggu terakhir, jumlah kasus baru yang dilaporkan setiap hari telah menurun secara dramatis, dari puncak 909 kasus yang diumumkan pada 29 Februari hingga 74 pada 16 Maret.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.